Pengembangan Media Busy House Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini

Authors

  • Nirmala Putri Zahrah Salsabil Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
  • Nurin Nur Aini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
  • Putri Zuniar Dias Ningrum Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
  • Rosyida Kharisma Sari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.61104/dz.v3i1.579

Abstract

Masalah pada anak usia dini menjadi perhatian utama dalam ranah pendidikan, seperti halnya kemampuan konsentrasi pada anak. Kemampuan konsentrasi merupakan salah satu kunci pengembangan anak usia dini yang dapat memengaruhi keberhasilan proses belajar mereka. Dalam hal ini, sangat diperlukan stimulasi yang tepat karena tidak semua anak memiliki kemampuan konsentrasi yang baik dan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah alat permainan edukatif yang diberi nama Busy House, yang dirancang untuk dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi anak melalui aktivitas yang menarik dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RnD (Research and Development) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa anak-anak yang menggunakan media ini mampu berkonsentrasi lebih baik dan lebih terlibat dalam aktivitas belajar. Penggunaan Busy House membantu anak-anak dalam memahami konsep-konsep dasar, seperti pengenalan waktu, angka, dan keterampilan motorik halus, dengan cara yang menyenangkan. Aktivitas ini tidak hanya membuat mereka lebih fokus, tetapi juga meningkatkan keterampilan sosial dan emosional mereka saat berinteraksi dengan teman-teman sebayanya. Kesimpulan bahwa media Busy House memberikan pengaruh yang baik terhadap peningkatan konsentrasi anak usia dini. Sehingga, diharapkan media Busy House ini dapat dijadikan alternatif yang efektif dan menarik untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi anak usia dini.

References

Aminah, Aminah, Iin Ervina, and Anggraeni Swastika Sari. 2023. “Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kesiapan Belajar Pada Anak Di TK Al-Amien Jember.” Jurnal Parenting dan Anak 1(1): 12. doi:10.47134/jpa.v1i1.42.

Andriana, Encep, Siti Rokmanah, and Lusi Aprilia. 2023. “Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Di Sd Negeri Tembong 2.” Jurnal Holistika 7(1): 1. doi:10.24853/holistika.7.1.1-5.

Chalidaziah, Wan. 2018. “Kondisi Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak X.” Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education 1: 38. doi:10.32505/atfaluna.v1i1.771.

Diana, Diana, Muhammad Ali Adriansyah, Muhliansyah Muhliansyah, and Anindya Pinasthi Putri. 2019. “Pelatihan Manik Khas Dayak Dalam Meningkatkan Konsentrasi.” PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat) 1(1): 17. doi:10.30872/plakat.v1i1.2691.

Eleti, Sulati S. 2021. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu Kelompok A1 di Pusat Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PPAUD IT) Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Early Childhood Islamic Education Journal, 2(1): 53.

Elparesi, Raisa Khairini, and Zulminiati Zulminiati. 2023. “Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Pada Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(2): 5650–59.

Ilahi, Afdhal, Tarmizi Maraguna, Nurbaiti Nurbaiti, and Monica Theresia. 2022. “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Tematik Menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example Kelas V Sd Negeri 200302 Padangsidimpuan.” Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar) 2(3): 7–16. doi:10.37081/jipdas.v2i3.308.

Ina Magdalena, d. (2021, Desember). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Tematik di SDN Kalideres 06 Pagi. YASIN, 1(2), 154-68.

Jenab, Siti, Dedih Surana, and Dinar Nur Inten. 2021. “Efektivitas Penggunaan Media Busy Book Dalam Meningkatkan Life Skill Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Playgroup X.” Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud 1(1): 38–44.

Kafi, Fina Aunul, and Devi Miftahul Mahasin. 2022. “Bagaimana Memproyeksi Busy Book Sebagai Media Belajar Bahasa Arab Bagi Usia Dini?” An-Nuqthah 1(2): 30–38.

Khoirul Anam, Purwadi, Anita Chandra. 2017. “Upaya Meningkatkan Kosentrasi Belajar Anak Melalui Bermain Papan Titian Di TK Indria Desa Kutosari Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.” 11(1): 92–105.

Lainy Rusyidiana, Ade Ismail Fahmi, Devi Sulaeman. 2023. “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Audio Visual.” Jurnal Tahsinia 4(1): 82–92. doi:10.57171/jt.v4i1.348.

Maghfioh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.

Nasution, Nur kholidah. 2020. “Perkembangan Anak Usia Dini (AUD) Di TK Aisyiyah: Problematika Dan Solusi.” Jurnal Penelitian Keislaman 15(2): 130–43. doi:10.20414/jpk.v15i2.1425.

Naufal, Adnan Faris, Nabilah Tri Sulistiowati, Uswatun Hasanah, Wildan Prima Jalu Prasojo, Atika Rianti Utami, Mahdi Ramadhani Idris Marasabessy, and Arif Pristianto. 2023. “Pengaplikasian Permainan Busy Board Untuk Melatih Fokus Anak ADHD Di PAUD Inklusi Harapan Bunda Wita.” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) 3(6): 238–42. doi:10.55382/jurnalpustakamitra.v3i6.620.

Oktaviani, Eva, and Imawan Eko Setiyono. 2022. “PESBOOK: Permainan Edukatif Smart Book Sebagai Media Stimulasi Motorik Halus Usia Dini.” Aulad: Journal on Early Childhood 5(3): 335–42. doi:10.31004/aulad.v5i3.387.

Padmadiani, Annisa, Muhammad Nurrohman Jauhari, and Lutfi Isni Badiah. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Untuk Pendidikan Seks Usia Dini Bagi Siswa Tunagrahita.” Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL) 2(2): 110–18.

Pitaloka, Gyasya. 2019. Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Kelompok B3 TK IT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul. GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4(4): 9-10.

Pratiwi, Shelly, and Yuli Nur Asi’ah. 2022. “Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menjahit.” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ) 1(1): 114–22. doi:10.37968/anaking.v1i1.194.

Purnamasari, Citra, and Azizah Amal. 2021. “Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal 4(1).

Rohmah, Fadlilatur, dkk. 2021. Melatih Konsentrasi Melalui Permainan Sensorimotor pada Anak Kelompok A dalam Pembelajaran Masa Kenormalan Baru di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Gresik. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(2): 101-102.

Setyani, Mutia Rahma, and Ismah. 2018. “Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar.” Pendidikan matematika 01: 3–6.

Sofiyulloh. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Tarbawi, 10(2), 180.

Supriatmanto, Wahyu Hadi. 2021. Hubungan Konsentrasi Belajar dan Lingkungan Belajar ketika Siswa Melaksanakan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II RPL SMK Negeri 8 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(9): 3909.

Winaryati, E. (2021). Cercular Model of R& D. Yogyakarta: KBM Indonesia.

Yulianti, Yunyun. 2022. “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini Melalui Media Video Pembelajaran Di RA Nurul Ikhsan Kecamatan Ciracap.”

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Nirmala Putri Zahrah Salsabil, Nurin Nur Aini, Putri Zuniar Dias Ningrum, & Rosyida Kharisma Sari. (2025). Pengembangan Media Busy House Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.61104/dz.v3i1.579

Issue

Section

Articles