Peran Orangtua Dalam Perkembangan Anak Pada Masa Kanak-Kanak

Authors

  • Naila Rizqi Salsabila UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ma’mun Hanif UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.395

Abstract

Masa sebelum usia  lima tahun (masa bayi) merupakan masa terpenting bagi kualitas hidup masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran orangtua dalam perkembangan anak pada masa kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan studi Pustaka, yang mana dalam memperoleh data penulis mengumpulkan dan menganalisis artikel, jurnal dan buku-buku yang terkait dengan topik. Hasil dari penelitian yaitu orang tua sangat berperan penting terhadap kemampuan pribadi anak dan kepribadian anak dengan adanya orang tua anak menjadi seorang yang negatif maupun positif dengan pembelajaran yang pernah diajarkan oleh orang tua sebelumnya sehingga anak dapat berinteraksi serta melakukan pendekatan sosial terhadap orang lain. Peranan orang tua selanjutnya yang sangat terpenting yaitu sebagai tempat pencerita dan anak pastinya akan membutuhkan bantuan apapun dari orang tua dikarenakan mereka sangat bergantung hidup kepada orang tua. Dapat dikatakan bahwa anak masih membutuhkan orang tua apalagi jika anak masih berusia di bawah 5 tahun, mereka akan cenderung mencari perhatian dan anak dapat mencerna semua pengalaman mereka sejak masih masa kanak-kanak. Dengan pengendalian emosional orang tua dapat mengatur tentang emosi dari anaknya.

References

Ardiati, R. K. (2018). Peran orang tua dalam perkembangan kepribadian anak usia dini. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 73-79.

Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43-54.

Amelia, A., & Sumarni, S. (2022). Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak (Website Ini Sudah Bermigrasi Ke Website Yang Baru==> https://journal. uny. ac. id/v3/jpa/home), 11(2), 171-180.

Dhieni, N., Fridani, L., & Psych, S. P. M. (2017). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Modul Paud diakses pada tanggal, 26.

Dini, J. P. A. U. (2023). Peran orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia 4-5 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 587-599.

Florencia, A., Hutapea, J., & Nurcahyanie, O. P. (2024). Faktor-Faktor Harapan Orang Tua Yang Tidak Realistis Terhadap Anak: Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Binagogik, 11(2), 34-48.

Fitriana, T. R., & Yusuf, M. (2024). Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Indonesia: Systemic Literature Review. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 63-74.

Marzuki, G. A., & Setyawan, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 53-62.

Mutiah Diana. (2021). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Novita, F. (2024). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kemampuan Sosialisasi Dan Kemandirian Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk It Mutia Rossa Kecamatan Talang Padang Tahun 2024.

Nurjanah, Y. H., Kristiawan, W. N., Wijdaningtyas, N., Jamallulai, J., Hidayat, A. D., Ridwan, H., & Setiadi, D. K. (2024). Systematic Literature Review: Pengaruh Pengetahuan Orangtua terhadap Perkembangan Motorik dan Sensorik Anak. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6(3), 1111-1118.

Oktaviani, M., Novitasari, A. W., & Aulia, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 153-163

Qomariyah, S., Putra, D. A., & Setiawan, F. (2024). Peran Orang Tua Dalam Mendorong Motivasi Belajar Siswa Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 472-488.

Rosikum. (2018). Peran Keluarga dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak. Jurnal Kependidikan.

Sulastri, S., & Tarmizi, A. T. A. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61-80.

Tatsbita, A. D., Hilmana, P. N. P., Nauraleza, S., Wardana, S. V. R., Khadar, S. L., & Rizkyanfi, M. W. (2024). Paparan Multibahasa Dalam Lingkungan Keluarga: Implikasi Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Pra-Sekolah. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 1948-1957.

Tatsbita, A. D., Hilmana, P. N. P., Nauraleza, S., Wardana, S. V. R., Khadar, S. L., & Rizkyanfi, M. W. (2024). Paparan Multibahasa Dalam Lingkungan Keluarga: Implikasi Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Pra-Sekolah. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 1948-1957.

Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55-65.

Widianto, E. (2015). Peran orangtua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 31-39.

Yulianti, T. R. (2014). Peranan orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 11-24.

Yuswati, H., & Setiawati, F. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5029-5040.

Downloads

Published

2024-11-21

How to Cite

Naila Rizqi Salsabila, & Ma’mun Hanif. (2024). Peran Orangtua Dalam Perkembangan Anak Pada Masa Kanak-Kanak. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 120–128. https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.395

Issue

Section

Articles