Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Paud Widya Cilegon

Authors

  • Siti Masitoh Universitas Bina Bangsa
  • Moh Fikri Tanzil Mutaqin Universitas Bina Bangsa
  • Maulida Nur Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.349

Abstract

Pola asuh orang tua memainkan peran penting dalam perkembangan anak, termasuk motivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di PAUD Widya Cilegon. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang tua siswa di PAUD Widya Cilegon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang positive memberikan kebebasan berekspresi, bimbingan, serta penghargaan terhadap usaha anak terbukti lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Anak-anak yang diasuh dengan pola asuh positive menunjukkan motivasi belajar yang lebih tinggi, lebih mandiri, kreatif, dan antusias dalam belajar. Faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi motivasi belajar termasuk dukungan emosional keluarga, keterlibatan orang tua dalam pendidikan, serta kondisi lingkungan belajar anak. Kendala yang dihadapi orang tua dalam menerapkan pola asuh yang efektif antara lain adalah kesibukan kerja dan kurangnya pemahaman tentang pentingnya pola asuh dalam pendidikan anak. Penelitian ini menyarankan perlunya program edukasi bagi orang tua untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang pola asuh yang mendukung perkembangan motivasi belajar anak.

References

Ambarita, Jenri, M. Pd K. PITRI SOLIDA SIMANULLANG, and Penerbit Adab. 2023. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab.

Candra, Oki, Nuridin Widya Pranoto, Ropitasari Ropitasari, Didik Cahyono, Ellyzabeth Sukmawati, and Ansar Cs. 2023. “Peran Pendidikan Jasmani Dalam Pengembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7:2538–46.

Gunarsa, Singgih D. 1991. Psikologi Praktis: Anak, Remaja Dan Keluarga. BPK Gunung Mulia.

Jailani, M. Syahran. 2014. “Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 8(2):245–60.

Khusniyah, Nurul Lailatul. 2018. “Peran Orang Tua Sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak.” Qawwam 12(1):87–101.

Lesilolo, Herly Jeanette. 2018. “Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah.” KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi 4(2):186–202.

Mulyawan, Galuh, Destri Astrianingsih, Siti Fudiana, and Ahmad Jajang Jajuli. 2024. “PROBLEMATIKA PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 7(2):6198–6204.

Mulyawan, Galuh, Yoga Mahendra, and Nedi Kurnaedi. 2023. “ART THERAPY SEBAGAI COPING STRESS PADA SISWA REMAJA.” Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 8(4):575–79.

Rohmah, Riza Mi’rotul, and Rohmatul Azizah. 2023. “Peran Pendidikan Holistik Bagi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 11(1):154–65.

Utomo, Prio, Fiki Prayogi, and Reza Pahlevi. 2022. “Bimbingan Dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak.” Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal 5(1):35–50.

Downloads

Published

2024-10-25

How to Cite

Siti Masitoh, Moh Fikri Tanzil Mutaqin, & Maulida Nur. (2024). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Paud Widya Cilegon. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 101–105. https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.349

Issue

Section

Articles