Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.322Abstract
Kepemimpinan dalam kelembagaan pendidikan anak usia dini sangat penting dalam meningkatkan mutu kelembagaan, kualitas pendidikan dan kemajuan sebuah lembaga pendidikan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pola kepemimpinan kelembagaan pada pendidikan anak usia dini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diaman seluruh data diambil melalui penelitian terdahulu berupa jurnal dan buku, secara keseluruhan penelitian ini tidak memiliki lokasi penelitian, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi pada 10 artikel ilmiah yang berkaitan dangan tema penelitian, data yang terkumpul dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni bahwa pemimpin yang kreatif tergambar dari kemajuan lembaga pendidikan yang dipimpinnya, kepala PAUD sebagai pemimpin memiliki tanggung jawab besar yang wajib diemban sebagai wujud dari mandat organisasi, upaya penguatan kelembagaan tidak lepas dari pengaruh pimpinan, kepemimpinan kepala sekolah dengan pendekatan gaya kepemimpinan tranformasional akan lebih muda mempengaruhi dan menggerakkan bawahannya untuk bisa lebih optimal dalam pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan.
References
Anita. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Visual. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 9–15.
Darmianus, H., Noni, K., & Ricky, E. T. (2023). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Manajemen PAUD. Motessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2(1), 27.
Eka, S. C. (2015). Mengembangkan Kreativitas Kepemimpinan Dalam Pengelolaan di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 640.
Fenny, F., Amirul, M., & Yennizar. (2023). Implementasi Bermain Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 60–71.
Fenny, F., & Padli. (2024). Penguatan Sikap Toleransi Dalam Menumbuhkembangkan Nilai Moderasi Beragama Anak Usia Dini. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–9.
Fitriana. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Lingkungan Keluarga Terhadap Penggunaan Gadget Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 82–91.
Hasan, S., & Nurhafizah. (2023). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 47–54.
Hilda, R. S. E. K. (2023a). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 91–98.
Hilda, R. S. E. K. (2023b). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 91–98.
Komariah, Tuti, I., & Jamilah. (2023). Permainan Pohon Angka Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–13.
Kusnul, S., Fadlilah, & Jamilah. (2023). Implementasi play dough Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 67–81.
Marziana, & Harun. (2023). Metode S P J & T Literasi Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–8.
Mawaddah, W., Risnita, & M.Syahran, J. (2023). Pendekatan Dan Tahapan Penelitian Dalam Kajian Pendidikan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 72–81.
Megawati, Zawaqi, A. J., & A.A.Musyafa. (2023). Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 36–46.
Muhammad, A. K. (2022). Manajemen Berbasis Masyarakat Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 589–616.
Nur, I. A., & Ida, S. (2019). Peran Pemimpin Transformasional Dalam Penguatan Kelembagaan (Studi di Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Sumenep. Journal Of Governance Innovation, 1(2), 38.
Nurhafizah, & Hasan, S. (2023a). Dampak Peran Orangtua dan Pembelajaran Daring Pada Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 55–66.
Nurhafizah, & Hasan, S. (2023b). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33–46.
Nurhafizah, & Hasan, S. (2023c). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33–46.
Nurhasanah, M.Syahran, J., & Zukhairina. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 101.
Nurillah, H. (2023a). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27–32.
Nurillah, H. (2023b). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27–32.
Nurul, A., Amirul, M., & Zukhairina. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 16–26.
Nuzul, D., Sukarno, & Zawaqi, A. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14–22.
Qalka, S., & Hairul, F. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 94–100.
Rayzah, M., Jamil, Z. A., & Jamilah. (2023). Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 82–93.
Rohmat. (2017). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. YIN YANG, 12(2), 300.
Rokhadi. (2021). Peran dan Strategi Kepala PAUD Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(1), 7–12.
Rosyida, N. A., Mulyadi, & Achmad, K. S. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepal PAUD Untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2852–2862.
Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 1–5.
Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(1), 52.
Wan, F., Tuti, I., & Zukhairina. (2023a). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59.
Wan, F., Tuti, I., & Zukhairina. (2023b). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indra Wahyuni Firli Fangestu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.