Implementasi Permainan Magic Bag dalam Mengembangan Kemampuan Fisik Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.321Abstract
Media pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini sangat penting untuk menstimulasi perkembangan anak, salah satunya pembelajaran dengan metode pembelajaran APE dengan menggunakan media permainan Magic Bag. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kemampuan Fisik anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas, dengan siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu: (1) Perencanaan (planning), (2) Tindakan (action), (3) Observasi (observation). Subjek pada penelitian ini adalah anak usia dini kelompok A di TK Labschool UPI Serang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yang berada pada TK masih memiliki kekurangan terkait aspek perkembangan fisik, terutama dalam kemampuan menggerakkan jari tangan dan fokus mata. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan Magic Bag dapat meningkatkan kemampuan fisik anak melalui kegiatan bermain yang menyenangkan. Media Magic Bag diharapkan dapat merangsang anak untuk lebih aktif dalam proses belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
References
Anita. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Visual. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 9–15.
Anugrah, D. P., Chairilsyah, D., & Puspitasari, E. (2021). Pengembangan Media Busy Board untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Hidayah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10339-10347.
Budiarti, E., Farista, D., Palupi, D. I., Wara, L. W., Rubiah, S. A., & Harti, U. (2022). Storytelling One Day One Book Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(12), 1091-1101.
Fenny, F., Amirul, M., & Yennizar. (2023). Implementasi Bermain Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 60–71.
Fitriana. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Lingkungan Keluarga Terhadap Penggunaan Gadget Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 82–91.
Hasan, S., & Nurhafizah. (2023). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 47–54.
Herawati, Y., & Wulansuci, G. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA DADU PUTAR MENGGUNAKAN KANTONG AJAIB MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(6), 586-593.
Hilda, R. S. E. K. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 91–98.
Komariah, Tuti, I., & Jamilah. (2023). Permainan Pohon Angka Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–13.
Kusnul, S., Fadlilah, & Jamilah. (2023). Implementasi play dough Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 67–81.
Marziana, & Harun. (2023). Metode S P J & T Literasi Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–8.
Mawaddah, W., Risnita, & M.Syahran, J. (2023). Pendekatan Dan Tahapan Penelitian Dalam Kajian Pendidikan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 72–81.
Megawati, Zawaqi, A. J., & A.A.Musyafa. (2023). Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 36–46.
Nurhafizah, & Hasan, S. (2023a). Dampak Peran Orangtua dan Pembelajaran Daring Pada Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 55–66.
Nurhafizah, & Hasan, S. (2023b). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33–46.
Nurhasanah, M.Syahran, J., & Zukhairina. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 101.
Nurillah, H. (2023). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27–32.
Nurul, A., Amirul, M., & Zukhairina. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 16–26.
Nuzul, D., Sukarno, & Zawaqi, A. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14–22.
Qalka, S., & Hairul, F. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 94–100.
Rayzah, M., Jamil, Z. A., & Jamilah. (2023). Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 82–93.
Sa'diyah, U. N. H., Karmila, M., & Purwadi, P. (2023). Implementasi APE Perigi sebagai Media Stmulasi Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Education Research, 4(1), 310-316.
Veryawan, V., Tan, M., & Syarfina, S. (2021). Kegiatan bermain kotak ajaib (magic box) dalam upaya meningkatkan kemampuan sains anak usia dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 44-52
Wan, F., Tuti, I., & Zukhairina. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Damayanti, RR.Deni Widjayatri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.