Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan

Authors

  • Muhammad Dzulqarnain Izzuddien Abdul Ahad Universitas Ahmad Dahlan
  • Djamaluddin Perawironegoro Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.320

Abstract

Anak merupakan titipan sang ilahi kepada sepasang kekasih yang diikat melalui pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang metode pendidikan anak secara islami menurut pemikiran Abdullah Nashih Ulwan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Library research, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan bahan-bahan yang diperoleh dari berbagai sumber, yang menganalisis pesan-pesan yang diperoleh melalui artikel, buku dan website online. Hasil penelitian ini ditemukan 5 (lima) metode pendidikan anak menurut Nashih Ulwan efektif digunakan bila mengetahui waktu penggunaannya sebagai berikut; (1) pendidikan dengan keteladanan, metode ini digunakan pada setiap saat, karena segala sesuatu yang dilakukan orang tua akan menjadi lahan pembelajaran bagi anak (2) pendidikan dengan adat kebiasaan, metode ini digunakan untuk pembinaan anak dalam pemahaman dan pembiasaan tentang beribadah, berakhlak dan keimanan. (3) pendidikan dengan nasehat, metode ini digunakan ketika anak melakukan suatu kesalahan. Sebagai orang tua harus memberikan nasehat yang dapat menyentuh hati agar menghidupkan rasa anak yang  apabila melakukan suatu kesalahan tidak dilakukan lagi. (4)Pendidikan dengan kasih sayang, metode ini digunakan saat anak kesepian dan sedih karena anak tanpa kasih sayang orang tuanya bisa jatuh ke dalam kegelapan untuk mengisi kesepiannya. (5)Pendidikan dengan hukuman,  metode ini bisa digunakan apabila anak sering mengulang kesalahan yang sama, metode ini bisa digunakan bila kita sudah menggunakan metode yang ke tiga. Menggunakan metode hukuman harus diperhatikan hukuman yang diberikan tidak berupa kekerasan yang dapat menghancurkan psikologis anak.

References

Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Survey Design: Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 31–39. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1955

Abdul Muiz Cholil. (2018, April 17). Masa Depan Anak Tergantung Orang Tuanya. NUONLINE. https://www.nu.or.id/nasional/masa-depan-anak-tergantung-orang-tuanya-ehclG

Achmad Su’udi. (n.d.). Metode Pendidikan Anak Dalam Keluarga.

Amaliati, S. (2020). Pendidikan Karakter Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan Relevansinya Menjawab Problematika Anak di Era Milenial. In Child Education Journal (Vol. 2, Issue 1).

Atabik, A., & Burhanuddin, A. (n.d.). Konsep Nasih Ulwan Tentang Pendidikan Anak. http://www.m-edukasi.web.id/2012/10/pendidikan-anak-usia-dini-paud.

Azizah. (2020, November 30). 5 Langkah Jitu Orang Tua Dalam Menerapkan Pendidikan Shalat Pada Anak. Balai Diklat Keagamaan Jakarta Kementerian Agama RI. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/5-langkah-jitu-orang-tua-dalam-menerapkan-pendidikan-shalat-pada-anak#:~:text=Membiasakan%20anak%20untuk%20menjalankan%20shalat,yang%20dianjurkan%20oleh%20Rasulullah%20SAW.&text=Dari%20’Amr%20bin%20Syu’aib,yang%20sudah%20berumur%20tujuh%20tahun.

Bakar, A., & Siregar, A. (2021). Pendekatan Pendidikan Anak: Keteladanan, Nasehat dan Perhatian. Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1).

Dede Darisman. (2014). Konsep Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. Public Knowledge Project, 9.

James Danandjaja. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. ANTROPOLOGI, 52. https://doi.org/https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3318

Khomsiyah IAIN Tulungagung Jl Mayor Sujadi Timur, I. (n.d.). Hukuman Terhadap Anak Sebagai Alat Pendidikan Ditinjau Dari Hukum Islam.

kompasiana.com. (n.d.). Didik anakmu dengan metode pembiasaan. Kompasiana. Retrieved May 27, 2023, from https://www.kompasiana.com/feditatacistamaya/58ca82d75193736421af05ea/didik-anakmu-dengan-metode-pembiasaan

M Djamal. (2018). Metode Hukuman dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Ghazali.

Mulyadi, H. N. (2020). Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam Mulyadi Hermanto Nasution. | Issn Cetak, 5(1), 53–64. https://doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.53-64

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. (n.d.). www.bphn.go.id

Putri, A., & Yanti, Y. (2022). Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan.

Rahmadini, 160210017, FTK, PIAUD, 082211664596. (n.d.).

Reva Fatmela, C., & Pendidikan Guru Anak Usia Dini, J. (2021). Analisis Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih ’Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Jim Paud), 6(3).

Rikin. (2023). Mutiara Hadits – Edisi 09 : Agama adalah Nasihat. Kemenag Purbalingga. https://purbalingga.kemenag.go.id/mutiara-hadits-edisi-09-agama-adalah-nasihat/

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Dzulqarnain Izzuddien Abdul Ahad, M., & Perawironegoro, D. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57. https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.320

Issue

Section

Articles