Tinjauan Literature Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.316Abstract
Anak usia dini merupakan sosok yang perlu bimbingan orang dewasa dalam menstimulasi segala aspek perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan media pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diaman seluruh data diambil melalui penelitian terdahulu berupa jurnal dan buku. Hasil penelitian ini yakni Challenge board adalah alat yang efektif untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, alat musik tradisional seperti gamolan dan angklung juga dapat menjadi media yang baik guna meningkatkan aspek perkembangan peserta didik usia dini, permainan sirkuit efektif dalam peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun, pengembangan motorik kasar anak melalui pengenalan gerakan binatang menunjukkan keberhasilan yang sangat besar dan optimal dimana anak sudah tidak membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan kegiatannya, hasil belajar anak pada kemampuan motorik kasar setelah dilakukan treatment melalui permainan engklek meningkat, Maze karpet covid-19 dapat menstimulasi perkembangan motorik anak usia dini, Perkembangan motorik kasar anak usia dini dengan bermain anak dapat melompat berlari secara terkoordinasi dan melempar bola secara terarah. dapat menendang bola secara terarah melompat dan gerakan antisipasi, Permainan Gobak Sodor dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, Model permainan ladder yang telah dikembangkan peneliti dapat digunakan oleh anak anak dan dapat meningkatkan kemampuan motorik pada anak
References
Anita. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Visual. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 9–15.
Cahniyo, W. K., Eti, H., & Reni, M. (2023). Challenge Board; Sebuah Permainan Untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 210–217.
Dini, A., & Na’imah. (2022). Strategi Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Maze Karpet Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553–2563.
Dwiana, A. W., & Diah, A. M. (2018). Keefektiffan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 66–74.
Fenny, F., Amirul, M., & Yennizar. (2023). Implementasi Bermain Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 60–71.
Fenny, F., & Padli. (2024). Penguatan Sikap Toleransi Dalam Menumbuhkembangkan Nilai Moderasi Beragama Anak Usia Dini. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–9.
Fitriana. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Lingkungan Keluarga Terhadap Penggunaan Gadget Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 82–91.
Fitta, N. R. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Pengembangan Model Permainan Sirkuit Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 66–78.
Hasan, S., & Nurhafizah. (2023). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 47–54.
Hilda, R. S. E. K. (2023a). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 91–98.
Hilda, R. S. E. K. (2023b). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 91–98.
Karin, A., & Naimah. (2020). Penggunaan Alat Musik Tradisional Sebagai Media Pengembangan Motorik Kasar dan Kognitif Anak. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 276–286.
Komariah, Tuti, I., & Jamilah. (2023). Permainan Pohon Angka Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–13.
Kusnul, S., Fadlilah, & Jamilah. (2023). Implementasi play dough Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 67–81.
Marziana, & Harun. (2023). Metode S P J & T Literasi Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–8.
Mawaddah, W., Risnita, & M.Syahran, J. (2023). Pendekatan Dan Tahapan Penelitian Dalam Kajian Pendidikan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 72–81.
Megawati, Zawaqi, A. J., & A.A.Musyafa. (2023). Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 36–46.
Novi, N., Widya, A., & Zahrina, A. (2022). Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal AUDHI, 4(2), 64–71.
Nurhafizah, & Hasan, S. (2023a). Dampak Peran Orangtua dan Pembelajaran Daring Pada Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 55–66.
Nurhafizah, & Hasan, S. (2023b). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33–46.
Nurhafizah, & Hasan, S. (2023c). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33–46.
Nurhasanah, M.Syahran, J., & Zukhairina. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 101.
Nuridayu, Aminoh, K., & Ida, W. W. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Gerakan Binatang. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 107–120.
Nurillah, H. (2023a). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27–32.
Nurillah, H. (2023b). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27–32.
Nurul, A., Amirul, M., & Zukhairina. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 16–26.
Nuzul, D., Sukarno, & Zawaqi, A. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14–22.
Qalka, S., & Hairul, F. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 94–100.
Rayzah, M., Jamil, Z. A., & Jamilah. (2023). Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 82–93.
Rizki, Y., Aditya, G., & Cahyo, P. (2023). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini ditinjau Dengan Model Permainan Ladder. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4190–4198.
Vevy, I., & Intan, P. W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. Jurnal PINUS, 1(3), 289.
Wan, F., Tuti, I., & Zukhairina. (2023a). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59.
Wan, F., Tuti, I., & Zukhairina. (2023b). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Tristya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.