Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Hera Khaerani Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Dewi Putri Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Indah Puspita Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Dewi Winarti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Fitri Sulastri Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Ghina Wulansuci Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.283

Abstract

Dalam Permendiknas Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini disebutkan penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangann anak didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pandangan guru terhadap pentingnya penilaian hasil karya dalam pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan  merupakan metode penelitian  kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini mengumpulkan perspektif guru PAUD melalui wawancara mendalam dan observasi di salah satu lembaga di TK Ceria Silih Asih yang berada di Pangauban Batujajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menganggap penilaian hasil karya penting untuk meningkatkan keterlibatan anak, memperkuat hubungan guru-murid, dan membantu penilaian perkembangan individu. Guru juga menekankan bahwa penilaian hasil karya bukan hanya produk akhir, tetapi proses kreatif yang mendukung perkembangan berbagai aspek anak. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan khususnya bagi peneliti dan  bagi pendidik dan pembuat kebijakan tentang pentingnya mengintegrasikan kegiatan hasil karya dalam kurikulum PAUD untuk mengoptimalkan perkembangan anak sejak dini.

References

Abiansemal, D. K. (2023). Pendampingan Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila pada Anak Usia Dini. 02(02), 103–113.

Amelia, I. N. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Berdasar Teori Perkembangan Kognitif Anak Piaget. Al-Ibanah, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.54801/iba.v7i1.79

Desi, A. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

Info, A., Karakter, P. P., & Dini, A. U. (2022). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. 8(3), 2550–2554. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3827/http

Lingkungan, D., Paud, G., Kurniah, N., Agustriana, N., & Zulkarnain, R. (2021). Pengembangan Asesmen Anak Usia Dini. 19(01), 177–185.

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

Nengsih, E., Ikhsan, M. K., Barat, S., & Guru, P. (2000). Penerapan Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris The Implementation of the Teachers ’ Role as the Facilitator in Teaching Learning Process.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana. 1–23.

Nusantara, P., Pada, K., Dan, T., & Ungkapan, B. (2015). Halaman judul.

Putra, I. B. K. S. (2020). Analisis Gambar Karya Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1).

Siregar, M., Asmara, E. D., & Sarniya, A. (2023). Asesmen Perkembangan Bahasa Pendidikan Anak Usia Dini. 9(3), 375–390.

Suharni, M.Pd., S. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.1-5

Sulistiawati, A., Shabrina, A. R., Hayati, M., Dewi, S. K., & Pratiwi, W. (2022). Analisis Kemampuan Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini Pada Guru PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 44. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.34881

Unique, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 2(0), 1–23.

Untuk, S., Pendidikan, S., Oleh, S., Nurul, M., & Nim, F. (2020). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Khaerani, H., Putri, D., Puspita, I., Winarti, D., Sulastri, F., & Wulansuci, G. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.283

Issue

Section

Articles