Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.283Abstract
Dalam Permendiknas Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini disebutkan penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangann anak didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pandangan guru terhadap pentingnya penilaian hasil karya dalam pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini mengumpulkan perspektif guru PAUD melalui wawancara mendalam dan observasi di salah satu lembaga di TK Ceria Silih Asih yang berada di Pangauban Batujajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menganggap penilaian hasil karya penting untuk meningkatkan keterlibatan anak, memperkuat hubungan guru-murid, dan membantu penilaian perkembangan individu. Guru juga menekankan bahwa penilaian hasil karya bukan hanya produk akhir, tetapi proses kreatif yang mendukung perkembangan berbagai aspek anak. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan khususnya bagi peneliti dan bagi pendidik dan pembuat kebijakan tentang pentingnya mengintegrasikan kegiatan hasil karya dalam kurikulum PAUD untuk mengoptimalkan perkembangan anak sejak dini.
References
Abiansemal, D. K. (2023). Pendampingan Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila pada Anak Usia Dini. 02(02), 103–113.
Amelia, I. N. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Berdasar Teori Perkembangan Kognitif Anak Piaget. Al-Ibanah, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.54801/iba.v7i1.79
Desi, A. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.
Info, A., Karakter, P. P., & Dini, A. U. (2022). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. 8(3), 2550–2554. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3827/http
Lingkungan, D., Paud, G., Kurniah, N., Agustriana, N., & Zulkarnain, R. (2021). Pengembangan Asesmen Anak Usia Dini. 19(01), 177–185.
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
Nengsih, E., Ikhsan, M. K., Barat, S., & Guru, P. (2000). Penerapan Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris The Implementation of the Teachers ’ Role as the Facilitator in Teaching Learning Process.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana. 1–23.
Nusantara, P., Pada, K., Dan, T., & Ungkapan, B. (2015). Halaman judul.
Putra, I. B. K. S. (2020). Analisis Gambar Karya Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1).
Siregar, M., Asmara, E. D., & Sarniya, A. (2023). Asesmen Perkembangan Bahasa Pendidikan Anak Usia Dini. 9(3), 375–390.
Suharni, M.Pd., S. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.1-5
Sulistiawati, A., Shabrina, A. R., Hayati, M., Dewi, S. K., & Pratiwi, W. (2022). Analisis Kemampuan Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini Pada Guru PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 44. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.34881
Unique, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 2(0), 1–23.
Untuk, S., Pendidikan, S., Oleh, S., Nurul, M., & Nim, F. (2020). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hera Khaerani, Dewi Putri, Indah Puspita, Dewi Winarti, Fitri Sulastri, Ghina Wulansuci
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.