Kerajinan Menganyam Untuk Mengembangkan Kecerdasan Seni di Taman Kanak-Kanak Al-Falah Desa Malapari Provinsi Jambi
DOI:
https://doi.org/10.61104/jd.v2i1.140Abstract
Menganyam untuk anak usia dini tidak dilakukan dengan teknik yang komplek, namun masih dalam tahap teknik dasar menganyam yang sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kerajinan menganyam dapat mengembangkan kecerdasan seni di Taman Kanak-kanak Al-Falah Desa Malapari Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian penulis lakukan analisis dengan analisis domain, analisis taksonomi dan analisis komponensial. Langkah terakhir yang penulis lakukan yaitu melakukan triangulasi data untuk mencari keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerajinan menganyam dapat mengembangkan kecerdasan seni di Taman Kanak-kanak Al-Falah Desa Malapari Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi telah diterapkan dalam pembelajaran dengan berbagai kegitan meliputi mempersiapkan perencanaan, alat dan bahan yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan seni melalui kerajinan menganyam dan menyelaraskan dengan pembelajaran anak usia dini, menerapkan kerjasama pada orang tua untuk mengembangkan kecerdasan seni pada kegiatan sehari-hari anak di rumah dalam kerajinan menganyam dan melakukan penilaian terhadap perkembangan kecerdasan seni anak melalui kerajinan menganyam.
References
Aminah, Kerajinan Menganyam Untuk Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Pripoenbooks, 2013).
Anita. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Visual. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 9–15.
Al Qur’an dan Terjemahannya (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2018).
Anonim, Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 (Jakarta: Sinar Grafika, 2013).
Basuki Raharjo, Seni Kerajinan Pandan (Klaten: PT Macanan Jaya, 2013).
Fenny, F., Amirul, M., & Yennizar. (2023). Implementasi Bermain Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 60–71.
Fitriana. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Lingkungan Keluarga Terhadap Penggunaan Gadget Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 82–91.
Hasan, S., & Nurhafizah. (2023). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 47–54.
Hilda, R. S. E. K. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 91–98.
Imas Kurniasih, Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Edukasi, 2014).
Ihsan Fuad, Dasar-Dasar Kependidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2013).
Imam Jalaluddin Al Mahali dan Imam Jalaluddin As Suyuti. Tafsir Jalalain Jilid I Terjemah Ejaan Indonesia SKB 2 Menteri (Agama-Dikbud) (Jakarta: Sinar Baru Algesindo, 2013).
Jamal Ma’mur Asmani, Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD (Yogyakarta: Diva Press, 2015).
Komariah, Tuti, I., & Jamilah. (2023). Permainan Pohon Angka Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–13.
Kusnul, S., Fadlilah, & Jamilah. (2023). Implementasi play dough Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 67–81.
Marziana, & Harun. (2023). Metode S P J & T Literasi Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–8.
Mawaddah, W., Risnita, & M.Syahran, J. (2023). Pendekatan Dan Tahapan Penelitian Dalam Kajian Pendidikan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 72–81.
Megawati, Zawaqi, A. J., & A.A.Musyafa. (2023). Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 36–46.
Meila Sari Heni, Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menganyam Dengan
Menggunakan Origami Pada Kelompok B2 Tk Pinang Masak Muaro Jambi (Jambi:Jurnal PAUD, Vol 1 No.3 (2017).
Mursid, Belajar dan Pembelajaran PAUD, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015).
Mufarizuddin, Pendidikan Anak Usia Dini (Jurnal Prodi PG-PAUD Universitas pahlawan Tuanku Tambusai vol 2 No.2, 2018).
M. Ramli, Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2015).
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajara, 2014).
Nurhafizah, & Hasan, S. (2023a). Dampak Peran Orangtua dan Pembelajaran Daring Pada Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 55–66.
Nurhafizah, & Hasan, S. (2023b). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33–46.
Nurhasanah, M.Syahran, J., & Zukhairina. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 101.
Nurillah, H. (2023). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27–32.
Nurul, A., Amirul, M., & Zukhairina. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 16–26.
Nuzul, D., Sukarno, & Zawaqi, A. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14–22.
Qalka, S., & Hairul, F. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 94–100.
Rayzah, M., Jamil, Z. A., & Jamilah. (2023). Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 82–93.
Suyadi dan Maulidya Ulfah, “Konsep Dasar Paud” (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016).
Sofia Hartati, Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2015).
Slamet Suyanto, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Anak Usia Dini (Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2014).
Sumanto, Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK (Jakarta: Depdiknas, 2015).
Winda Cahyani, Nurmaniah, E-Joural Pengaruh Kegiatan Menganyam Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Ihsan Medan, Volume 5, No. 02, Desember 2019.
Wan, F., Tuti, I., & Zukhairina. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jamilah, Sinta Silvia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.