Penguatan Sikap Toleransi Dalam Menumbuhkembangkan Nilai Moderasi Beragama Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.61104/jd.v2i1.107Abstract
Anak usia dini merupakan makhluk mungil yang sangat peka terhadap stimulasi dari lingkungan. Tujuan penelitian adalah penguatan sikap toleransi anak usia dini dalam menumbuhkembangkan nilai moderasi beragama. Metode penelitian menggunakan pendekatan kepustakaan, penelitian kepustakaan merupakan suatu penelusuran dan penelitian dengan metode membaca dan menelaah berbagai jurnal, buku, dan berbagai naskah terbitan lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dari jurnal, buku dan penelitian yang relevan, dengan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dipaparkan pertama, toleransi merupakan bagian penting dari moderasi beragama. ia merupakan salah satu prinsip yang harus ada dalam moderasi beragama bersama dengan prinsif keadilan, keseimbangan, kebaikan, hikmah, dan Istiqamah. Kedua, toleransi beragama perlu di tanamkan sejak dini karena pada masa tersebut merupakan masa emas (golden age) dalam membentuk karakter anak. Karna anak adalah aset dan masa depan bangsa ini, sikap toleransi haruslah di rasakan dan di praktikan langsung dalam kehidupan sehari hari anak usia dini. Ketiga, penguatan sikap toleransi pada anak usia dini dapat dilakukan 6 aspek yakni memperkenalkan keberagaman kepada anak, membiasakan anak bersikap adil, seimbang dan bersama, memberikan anak tontonan yang berisi konten toleransi, memberikan contoh sikap dan prilaku yang mencerminkan toleransi beragama, mengajak anak untuk mengunjungi tempat atau daerah yang memiliki keberagman suku, agama, dan golongan, memberikan kesempatan kepada anak untuk berinteraksi sosial dengan non muslim.
References
Departemen Agama Republik Indonesia (Al-Qur’an dan Terjemahannya)
Husnah. Z. Husna, “MODERASI BERAGAMA PERSPEKTIF AL-QUR’AN SEBAGAI SOLUSI TERHADAP SIKAP INTOLERANSI,” AL-MUTSLA 4, no 1 (July 4, 2022)
“Setara Institute : Intoleransi dan diskriminasi minoritas meningkat awal tahun 2023,” acced July 3, 2023, https://politik.rmol.id/read 2023/03/24/568226/setara-institute-intoleransi-dan-diskriminasi-minoritas-meningkat-awal-tahun-2023.
“kekerasan anti-muslm merebak di india setelah umat hindu diserang Bangladesh,”BBC News Indonesia, n.d,. accessed July 3, 2023. http:s//www.bbc.com/indonesia dunia-59074766.
Saifuddin, Hakim Lukman, “Moderasi Beragama” : (Jakarta:Kementrian Agama RI,2019)
Khairan Muhammad Arif, “Islam Moderasi:Tela’ah Komprehensif pemikiran Wasathiyah Islam perspektif Al-Qur’an dan Sunnah Menuju Islam Rahmatan Li al-Alamin,” (Jakarta:Pustaka Ikadi, 2020)
Tumpal Daniel, “Mewujudkan perilaku toleran pada pendidikan anak usia dini perspektif islam moderasi,” (Jurnal Alasma:Media informasi dan dan komunikasi ilmiah, 2019)
Syarif Yahya, “Fiqih Toleransi” (Yogyakarta:Aswaja Persindo, 2016)
Pengertian toleransi beragama, 2016, http://www.blogspot.com (diakses pada tanggal 22 Juni 2023) pukul 19.00 Wib
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini “menumbuhkan toleransi pada anak usia dini dalam keluarga” (Kemendikbud:2020)
Indonesia Departemen pendidikan Nasional, “Undang-undang republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023 tentang sistem pendidikan nasional” (2003) ayat : 3.
KBBI
Yunus “Eksistensi Moderasi islam dalam kurikulum pembelajaran PAI DI SMA” (Jurnal pendidikan islam Vol 9, No 2, 2018)
Nurul Faiqah, “Radikalisme Islam Upaya Membangun wajah islam indonesia yang damai” (2018)
Jurnal penelitian ilmu ushuluddin Vol. 2 No. 3 (Agustus : 2022) 615-629 DOI:10.15575/jpiu.v2i3.15496
M.Quraish Shihab, Wasatiyyah wawasan islam tentang moderasi beragama, (Ciputat:Lentera Hati,2019)
Imas Kurniasih, pendidikan Anak Usia Dini, Educasia, 2009, cetakan 1.