Ketepatan Dalam Penggunaan Media Manipulatif Peraga Pada Pembelajaran PAI di MA Shirotul Fuqoha’

Authors

  • Muhammad Zidni Ilman NA Universitas Al Qolam Malang
  • Khabibatur Rohmah Universitas Al Qolam Malang
  • Luqman Hakim Universitas Al Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.868

Abstract

Pembelajaran internal dan pembelajaran eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketepatan dalam penggunaan media manipulatif peraga pada pembelajaran PAI di MA Shirotul Fuqoha’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berupa peraga di Madrasah Aliyah Shirothul Fuqoha’sebagai salah satu alat bantu untuk menuntaskan materi PAI dinilai telah membuahkan hasil. Para murid teridentifikasi mampu menerapkan dan mempraktikkan materi dari guru atau mentor ketika kegiatan belajar mengajar di kelas. Meskipun dalam penerapannya masih dibutuhkan evaluasi dan pembaruan teknik, mengingat sistem kurikulum di negara indonesia begitu dinamis maka hal tersebut juga berdampak pada pembaharuan model dan sistem pembalajaran yang ada di Madrasah Aliyah Shirothul Fuqoha’.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi ibrahim, Dkk. 2018. Metodologi Penelitian. 1st ed. edited by I. Ismail. Gunadarma ilmu.

Arintistia, Nandya, and Jamaludin Acmad Kholik. 2022. “Inovasi Pembelajaran Menulis Huruf Hijaiyah Di TPQ As-Syifa Bangsal.” Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):75–82. doi: 10.53624/kontribusi.v2i2.63.

Ayun, Qurrotu. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5(1). doi: 10.21043/thufula.v5i1.2421.

Bt Rusli, Liarti. 2019. “METODE PEMBELAJARAN DALAM ALQURAN (Analisis Terhadap Ayat-Ayat Tarbawi).” Inspiratif Pendidikan 8(1). doi: 10.24252/ip.v8i1.7889.

Hasunah, Umi. 2017. “Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Alquran Pada Santri Di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang.” Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN: 2550-1038) Vol. 1, No(2).

Hernawan, Didik. 2019. “PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN.” Profetika: Jurnal Studi Islam 19(1). doi: 10.23917/profetika.v19i1.7751.

Indrawan, Irjus. 2016. “Model Pembelajaran Nabi Muhammad SAW (Hiwar , Analogi , Tashbih, Dan Amtsal).” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 1(2). doi: 10.28944/afkar.v1i2.43.

Jannah, Ukhti Raudhatul, Fauzan Prasetyo Eka Putra, Ainur Rofiq Hafsi, and Hasan Basri. 2021. “Pengembangan Sekolah Inklusi Dengan Pemanfaatan Media Visual Scratch Dan Alat Peraga Manipulatif.” Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(1). doi: 10.30656/jpmwp.v5i1.2653.

Joko Subagyo. 2015. “Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek.” Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniawati, Maris, Rita Indah Mustikowati, and Chandra Sundaygara. 2023. “Peningkatan Kemandirian Taman Pendidikan Al-Quran Bani Yasin Melalui Penguatan Tata Kelola Manajemen Dan Perancangan Kurikulum Berkarakter.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 1(4):119–26. doi: 10.59837/jpmba.v1i4.63.

Miranti, Sri Gina, Yusra Ramadhana, and Gusmaneli Gusmaneli. 2024. “Pengembangan Modul Pembelajaran PAI Yang Menarik Dan Mudah Di Pahami.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 4(2):16–21.

Nurdyansyah, Nurdyansyah. 2019. Media Pembelajaran Inovatif.

Sirojudin, Didin, Chusnul Chotimah, and M. Dzikrul Hakim Al Ghozali. 2018. “Upaya Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang.” Prosiding Seminar Nasional Islam Moderat 1(1):168–78.

Sugiyono. 2016. “Sugiyono, Metode Penelitian.” Uji Validitas.

Sulaeman, Devi, Rini Novianti Yusuf, Wika Karina Damayanti, and Opan Arifudin. 2022. “Implementasi Media Peraga Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1). doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3035.

Downloads

Published

2025-02-12

How to Cite

Muhammad Zidni Ilman NA, Khabibatur Rohmah, & Luqman Hakim. (2025). Ketepatan Dalam Penggunaan Media Manipulatif Peraga Pada Pembelajaran PAI di MA Shirotul Fuqoha’. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 470–480. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.868

Issue

Section

Articles