Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Difabel Berbantuan Alat Peraga Uang Asli
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.853Abstract
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dimiliki oleh setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Dalam konteks pendidikan, anak berkebutuhan khusus merujuk pada anak yang memiliki kebutuhan unik, yang salah satunya juga berpengaruh pada cara belajarnya. Dengan ini, pemerintah yang bekerjasama dengan pihak sekolah harus memfasilitasi siswa berkebutuhan khusus tersebut untuk menunjang keberlangsunngan mereka dalam belajar. Banyak siswa ABK yang tidak terfasilitasi dalam pembelajarannya, terutama dalam penyediaan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan alat peraga uang asli dengan pendekatan realistic mathematics educations (RME) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tunagrahita di SLB. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara, analisis dokumen, dan instrumen tes. Analisis data yang digunakan adalah uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas atas (dewasa) di SLB Mutiara Bangsa Kendal, yang terdiri dari tiga kategori disabilitas, yaitu tuna grahita, tuna rungu, dan downsyndrome. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan uang asli sebagai alat peraga matematika pada materi jual beli dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa difabel yang ditinjau dari hasil tes dan wawancara siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa alat peraga uang asli ini sangat efektif dan efisien yang dibuktikan dengan respon siswa. Dengan ini, penggunaan uang asli sebagai alat peraga dapat dijadikan sebagai salah satu referensi alat peraga di sekolah-sekolah yang memfasilitasi siswa berkebutuhan khusus.
Downloads
References
Ayuni, A; Io, N, Christina N; Viviana, M, L; Yosefania, U; & Maria P. (2023). “Mengenali Dan Memahami Karakteristik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti 1:191–202.
Chisara; Candra; Dori, L, H; & Hendra, K. (2018). “Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 65–72.
Gistituati; Nurhizrah; Yanti, F; & Ahmad, Z. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Sd. Vol. 4.
Handayani; Shinta, D; and Ari, I. (2020). “Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemic Covid-19 Berdasarkan Pendekatan Matematika Realistik.” Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika 6(2):179–89. doi: 10.29407/jmen.v6i2.14813.
Kusmaryono, I; Ubaidah, N; Basir, M, A. (2022). “It Doesn’t Mean That Students Don’t Have Mathematics Anxiety: A Case Study of Mathematics Learning with Path Analysis.” European Journal of Educational Research 11(3):1683–97.
Waruwu, Marinu. (2023). “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):2896–2910.
Widana, I. Wayan. (2021). “Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Indonesia.” Jurnal Elemen 7(2):450–62. doi: 10.29408/jel.v7i2.3744.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nurhalisah, Imam Kusmaryono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.