Pengembangan Media Pembelajaran Digital Math Smart Materi KPK FPB Kelas V Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.844Abstract
Pembelajaran interaktif melalui teknologi yang relevan dengan kebutuhan siswa menjadi urgensi di era pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi pembelajaran Math Smart materi KPK FPB yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket validasi dan angket respon guru. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa media digital Math Smart memenuhi kriteria valid karena memperoleh persentase kevalidan sebesar 94,5% dengan kategori sangat valid sesuai standar kriteria dan memenuhi kriteria praktis karena hasil angket respon guru dan siswa masing-masing memperoleh persentase 98% dan 92% dengan kategori sangat praktis. Persentase tersebut membuktikan bahwa media ini layak digunakan untuk menunjang pembelajaran. Math Smart sebagai media digital yang edukatif, interaktif, dan fleksibel sehingga mendorong siswa untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap teknologi dan memicu semangat belaajar siswa.
Downloads
References
Adawiyah, N., Makki, M., & Nisa, K. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Numerasi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 239–244. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2845
Akturk, A. O., & Ozturk, H. S. (2019). Teachers’ TPACK levels and students’ self-efficacy as predictors of students’ academic achievement. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 283–294.
Ambaryanti, A., Retnaningdyastuti, R., & Roshayanti, F. (2020). Pengaruh Keterampilan Dalam Ict Dan Etos Kerja Terhadap Tpack Guru Sd Di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(1), 94–112. https://doi.org/10.26877/jmp.v9i1.6838
Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885–1896. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i11.356
Angwarmasse, P., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan game edukasi labirin matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VI sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 46. https://doi.org/10.29210/120212953
Aryaguna, D., Candra, R., & Santi, N. (2022). Game Edukasi Pengenalan Fungsi Organ Tubuh Manusia bagi Sekolah Dasar dengan Metode Scoring system. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 6(2), 829–837.
Fayrus, & Slamet, A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D). Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang. Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
Harun, F. E. (2021). Pentingnya penguasaan bahasa ibu oleh guru terhadap efektifitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas awal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar: Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, 2(November), 50–55. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1050
Hazimah, G. F., & Sutisna, M. R. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 SDN 192 Ciburuy. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 10–19. http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1350
Manongga, A. (2021). Pentingnya teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah dasar. Pascasarjana Univearsitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 978-623–98(November), 1–7.
Mardati, A. (2021). Media Digital Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 172–178. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.25
Mukhtar, A., & MD, L. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899
Nurhayati, N., Asrin, A., & Dewi, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Tinggi dalam Penyelesaian Soal Pada Materi Geometri di SDN 1 Teniga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 723–731. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.678
Sobirin, M., Dewanthi, V. A., Indriani, D. A., & Handayani, R. T. (2023). Pelatihan Pengembangan Multimedia Interaktif (Android Application) Berbasis Powerpoint untuk Pembelajaran di MI Negeri Kudus Prambatan Kidul. Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat, 1(1), 57–68.
Tosko, T. G. (2021). Buku Siswa Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas V (1st ed., Vol. 1). Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Unaenah, E., & Dkk. (2019). Analisis Pembelajaran FPB dan KPK dengan Model Pohon Faktor dan Tabel Kelas IV Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(April), 75–86.
Yulia, Y., Purba, N. M. B., & Nasir, J. (2019). Aplikasi Game Edukasi Matematika Berbasis Android. Indonesian Journal of Computer Science, 8(2), 101–112. https://doi.org/10.33022/ijcs.v8i2.196
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ramadhan Dwi Ardianzah, Nuhyal Ulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.