Relevansi Syarat-Syarat Guru Profesional Menurut Undang-Undang Dan Menurut Islam

Authors

  • Nur Halyza Rahmawati Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Annisa Mustagfirotul Ulya Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Akhadiah Fitriani Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Puspo Nugroho Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.825

Abstract

Guru profesional memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kualitas generasi penerus. Islam memberikan panduan holistik tentang kriteria guru ideal yang menekankan akhlak mulia dan kompetensi keilmuan. Di sisi lain, regulasi nasional juga menetapkan standar tertentu bagi profesionalitas guru untuk menjawab tantangan pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis syarat-syarat guru profesional, mengkaji kriteria guru ideal menurut Islam, serta mengidentifikasi relevansi antara keduanya dalam mendukung pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis penelitian pustaka (library research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat relevansi yang kuat antara syarat guru menurut Undang-Undang dan Islam, yang keduanya menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai formal dan akhlak mulia untuk membentuk pendidik yang menjadi teladan moral dan spiritual bagi peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru-guru di Indonesia dalam upaya meningkatkan kompetensi mereka secara menyeluruh, baik dari aspek legal maupun spiritual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Aulia. 2021. “Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 2(1):23–30. doi: 10.32832/jpg.v2i1.4099.

Anon. 2023. “Kondisi Guru di Indonesia: Kuantitas dan Kualitas.” kumparan. Diambil 19 November 2024 (https://kumparan.com/muhammad-irfan-effendi/kondisi-guru-di-indonesia-kuantitas-dan-kualitas-21fh2Df5Qt8).

Anon. t.t.-a. “UU No. 14 Tahun 2005.” Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 19 November 2024 (http://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005).

Anon. t.t.-b. “UU No. 20 Tahun 2003.” Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 19 November 2024 (http://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003).

Anton, Anton, dan Usman Usman. 2020. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan Pengelolaan Kelas.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 4(1):69–83. doi: 10.52266/tadjid.v4i1.327.

Aryana, Suhud, Subyantoro Subyantoro, dan Rahayu Pristiwati. 2022. “Tuntutan Kompetensi Guru Profesional Bahasa Indonesia Dalam Menghadapi Abad 21.” Semantik 11(1):71–86. doi: 10.22460/semantik.v11i1.p71-86.

Asnimar, Asnimar, Rengga Satria, dan Rini Rahman. 2022. “Metode Pendidikan Dalam Perspektif Al-Zarnuji Pada Kitab Ta’lim Al-Muta’alim.” An-Nuha 2(3):479–91. doi: 10.24036/annuha.v2i3.234.

Aulia, Desi, Irda Murni, dan Desyandri Desyandri. 2023. “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(1b):800–807. doi: 10.29303/jipp.v8i1b.1310.

Gunawan, Ari, Ahmad Ali Riyadi, dan Abdul Halim Musthofa. 2023. “Kompetensi Guru Mata Pelajaran Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Peserta Didik di Mtsn 1 Kota Kediri.” Jurnal Ilmu Multidisplin 1(4):788–98. doi: 10.38035/jim.v1i4.120.

Habibi, Debi Fajrin. 2023. “Wara’ Dan Implementasinya Dalam Pergaulan Sosial.” Matsnawi: Journal of Tasawwuf and Psychotherapy Studies 1(2):54–62. doi: 10.24235/wyn5gd27.

Hamid, Abdul. 2020. “Penerapan Metode Keteladanan Sebagai Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman 3(2):154–69. doi: 10.36835/al-fikrah.v3i2.70.

Hidayah, Siska Zahrotul, Muhammad Haris, dan Muh. Hasyim Rosyidi. 2022. “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru di MTs Al Khoiriyah 2 Mulyorejo Dalegan Panceng Gresik.” Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan 4(1):19–27. doi: 10.55352/mudir.v4i1.489.

Hidayati, Ayu Nur. 2022. “Pentingnya Kompetensi dan Profesionalisme Guru dalam Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Profesi Keguruan 8(1):1–9. doi: 10.15294/jpk.v8i1.29897.

Ikawati, H. M. Syarafudin dan Hastuti Diah. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru.” Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online) 1(2):47–51. doi: 10.36312/jcm.v1i2.87.

Ilyas, Ilyas. 2022. “Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2(1):34–40. doi: 10.54371/jiepp.v2i1.158.

Lafendry, Ferdinal. 2020. “Kualifikasi Dan Kompetensi Guru Dalam Dunia Pendidikan.” Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 3(3):1–16.

Munawir, Munawir, Amilya Nurul Erindha, dan Della Puspita Sari. 2023. “Memahami Karakteristik Guru Profesional.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(1):384–90. doi: 10.29303/jipp.v8i1.1108.

Munir, Mochammad Misbahul. 2019. “Sikap Tawadhu’ Siswa SMP Terhadap Guru Pada Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Dusun Wadang Tempel Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo.” Spiritualita 3(2):217–38. doi: 10.30762/spr.v3i2.1873.

Napratilora, Martina, Mardiah Mardiah, dan Hendro Lisa. 2021. “Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Implementasi Nilai Pendidikan Karakter.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 6(1):34–47. doi: 10.46963/alliqo.v6i1.349.

Nurtanto, Muhammad. 2016. “Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menyiapkan Pembelajaran yang Bermutu.”

Rahman, Abdul, Taufik Helmi, dan Dwi Apriadi. 2024. “Guru Ideal Menurut Imam Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim.” Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman 2(1):12–21. doi: 10.46781/baitul_hikmah.v2i1.976.

Rambe, Anggi Afrina, Udin Supriadi, Mokh Iman Firmansyah, Regita Ayu Dwietama, Annisa Ningtias Cevie Putri, Muhammad Nurfaizi Arya Rahardja, dan Junaidi Marbun. 2024. “Pendekatan Kasih Sayang dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadits Nabi Muhammad SAW.” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5(2):438–52. doi: 10.19105/kiddo.v5i2.13547.

Rohmansyah, Moh Suhri, Anis Zohriah, dan Abdul Muin Bahaf. 2023. “Peran Dan Syarat Tenaga Pendidik Dalam Kitab Taisirul Khalaq Fil Ilmil Akhlaq.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) 1(1):161–70. doi: 10.62017/jppi.v1i1.384.

Santosa, Sedya, dan Seka Andrean. 2021. “Pengembangan Dan Pembinaan Karakter Siswa Dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(2):952–57. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.849.

Solong, Najamuddin Petta, dan Luki Husin. 2020. “Penerapan Kompetensi Kepribadian Guru Pai.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(2):57–74. doi: 10.30659/jpai.3.2.57-74.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, Ahmad, dan Qolbi Khoiri. 2023. “Analisis Kebijakan Islam Pada Pendidikan Tinggi, Sertifikasi Guru Dan Dosen (Dampak UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Bagi Guru Madrasah).” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5(1):5594–5601. doi: 10.31004/jpdk.v5i1.11964.

Syukur, Agus. 2020. “Akhlak Terpuji Dan Implementasinya Di Masyarakat.” Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat 3(2):1–22. doi: 10.24853/ma.3.2.1-22.

Tri Setia Budi, Ibnu NB At-Thoriq, dan Edy Wirastho. 2024. “‘Makna Takwa Dalam Tafsir Al-Mishbah.’ Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an 5, No. 1 (12 Juni 2024): 143–50. Https://Doi.Org/10.37985/Hq.V5i1.124.” Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an 5(1):143–50. doi: 10.37985/hq.v5i1.124.

Wulandari, Ratna Sari, dan Wiwin Hendriani. 2021. “Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review).” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7(1):143. doi: 10.33394/jk.v7i1.3152.

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Rahmawati, N. H., Ulya, A. M., Fitriani, A., & Nugroho, P. (2025). Relevansi Syarat-Syarat Guru Profesional Menurut Undang-Undang Dan Menurut Islam. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 343–357. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.825

Issue

Section

Articles