Pendekatan Metode Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Al Qur’an dan Hadits
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.811Abstract
Masing-masing metode memiliki karakteristik dan tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tujuh metode pembelajaran utama, yaitu Metode Hikmah, Keteladanan, Bercerita, Mau’izhah Hasanah, Habituasi, Targib wa Tarhib, dan Diskusi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Setiap metode memiliki pendekatan unik—Hikmah menekankan kebijaksanaan, Keteladanan mengutamakan contoh nyata, Bercerita menyampaikan nilai moral melalui kisah, Mau’izhah Hasanah berfokus pada nasehat yang lembut, Habituasi membentuk karakter melalui pembiasaan, Targib wa Tarhib memberikan motivasi melalui dorongan dan peringatan, sementara Diskusi mendorong pemahaman melalui interaksi aktif. Kombinasi metode-metode ini membentuk pendekatan pendidikan Islam yang menyeluruh, bertujuan menanamkan nilai moral dan pemahaman agama yang mendalam. Kesimpulan, metode-metode ini saling melengkapi dalam memberikan pendekatan holistik terhadap pendidikan Islam.
Downloads
References
Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 137. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.363
Al Mubarokfuri, S. (1997). Sirah Nabawiyah Edisi Indonesia (pp. 1–633).
Bunyanul, B. (2019). Metode Kisah Dalam Al-Qur’an Dan Sunnah Dan Urgensinya Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 1(2), 109–123. https://doi.org/10.31000/jkip.v1i2.1999
Hidayat, N. (2015). Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 135–150. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.02.135-150
Marlina. (2023). HADIS TENTANG METODE- METODE PEMBELAJARAN. 6(2), 1350–1366.
Najih, S. (2016). Mau’Idzah Hasanah Dalam Al-Qur’an Dan Implementasinya Dalam Bimbingan Konseling Islam. Ilmu Dakwah, 36(1), 144–169. file:///C:/Users/THINKPAD/Downloads/1629-4304-1-PB.pdf
Nazirman, N. (2018). Konsep Metode Dakwah Bil Hikmah Dan Implementasinya Dalam Tabligh. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 31–41. https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v0i0.91
Shihab, M. Q. (1998). Tafsir Maudhui atas Pelbagai Persoalan Umat. November.
Usman. (2023). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE TARGHIB WA TARHIB DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 17(2), 764–771. https://doi.org/https://doi.org/10.55558/alihda.v17i2.71
Wulan Mulyana, & Arif Muntaqo. (2022). Efektivitas Metode Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas VII MTs Model Ihsaniyah Kota Tegal. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 210–237. https://doi.org/10.62490/latahzan.v14i2.334
Abu al-Husayn, A. ibn F. ibn Z. (1994). Al-Maqayis fi al-Lughah (Syihab al-Din Abu Amr, Ed.). Dar al-Fikr.
Ali, S. I. (2002). As-Sunah An-Nabawiyah: Ru’yah Tarbawiyah. Dar al-Fikr Al-Araby.
Amin, M. (1980). Metode Dakwah Islam dan Beberapa Keputusan Pemerintah Tentang Aktivitas Keagamaan. Sumbangsih.
An-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. Gema Insani Press.
Ibn Manzhur. (1992). Lisan al-Arab (Juz 7). Dar al-Mishriyah.
Mustafa Muhammad Sulaiman. (1994). Al-Qashas fi Al-Qur’an al-Karim (1st ed.). Mathba’ah Amanah.
Saputra, W. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. Rajawali Pers.
Sulaiman, M. M. (1994). Al-Qashas fi Al-Qur’an al-Karim (1st ed.). Mathba’ah Amanah.
Sunan Ad-Darimi. (1959). Al-Qahirah: Syirkah al-Thaba’ah Al-Fanniyah al-Muttahidah
Thabari, A. ibn J. (2001). Jami al-Bayan fi Ta’wil Ayil Qur’an (Abdullah bin Abd al-Muhsin At-Turkiy, Ed.). Hajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kemal Husen, Hidayatullah, Muhammad Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.