Implementasi Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Partisipasi dan Pemahaman Siswa di Elsusi Meldina

Authors

  • Bunga Sari Siagian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nidia Luthfianti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yasukma Amanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.748

Abstract

Pendidikan saat ini menghadapi tantangan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, interaktif, dan partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Snowball Throwing dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa di Elsusi Meldina. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengajaran langsung pada siswa kelas 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Snowball Throwing efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa melalui aktivitas kelompok yang melibatkan pembuatan pertanyaan, diskusi, dan lempar bola salju. Selain meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, metode ini juga melatih keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kerja sama. Namun, beberapa kendala ditemukan, seperti kebutuhan waktu yang panjang, potensi gangguan di kelas, dan ketergantungan pada kompetensi ketua kelompok. Kesimpulannya, metode Snowball Throwing memberikan dampak positif pada partisipasi dan pemahaman siswa, dengan catatan bahwa guru perlu mengelola kelas secara efektif untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’isah, K., Khamidah, A., Ahsani, E.L.F., 2023. Penerapan Model Snowball Thrpwing dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA). https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.1275

Faesal, S., 2002. Dasar dan Teknik Penelitian Keilmuan Sosial. Usaha Nasional, Surabaya.

Lestari, Z.W., Apriliyani, N., Salmun, A., 2022. Persepsi Pembelajaran Membaca Kritis Cerita Anak Melalui Blended Learning Sebagai Implementasi Kebijakan MBKM. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. https://doi.org/10.30651/st.v15i2.11621

Rindawan, I.K., Wanggu, A.R., 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI IPS 1 SMA Dwijwndra Denpasar. Widyasrama. https://doi.org/10.46650/WA.11.1.836.74-83

Sugiono, 2007. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,. Alfabeta, Bandung.

Sulastri, S., 2020. Implementasi Metode Snowball Throwing pada pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Pagentan. https://doi.org/10.20961/JPD.V712.44458

Sumarti, S., 2023. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika melalui model pembelajaran Snowball Throwing di SMA Negeri 10 Bogor. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan. https://doi.org/10.51878/educator.v3i1.2185

Widiyanti, E., Fatimah, I., 2022. Penerapan Metode Snowball Throwing pada mata pelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 1 Jombang. Ibtida’iy: Jurnal Prodi PGMI. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v7i1.1031

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Bunga Sari Siagian, Arlina, Nidia Luthfianti, & Yasukma Amanda. (2025). Implementasi Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Partisipasi dan Pemahaman Siswa di Elsusi Meldina. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 202–210. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.748

Issue

Section

Articles