Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Tingkat Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.724Abstract
Untuk meningkatkan minat belajar, guru harus mampu mengembangkan inovasi desain model pembelajaran pada setiap proses belajar, upaya meningkatkan minat belajar sangat diperlukan agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran berjalan secara baik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran terhadap minat belajar di berbagai Madrasah Tsanawiyah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepuskataan, penelitian ini tidak terdapat lokasi penelitian, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran memiliki pengaruh yang sangat signifikan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pengaruh model pembelajaran memiliki peranan penting karena dapat mendorong munculnya rasa sadar dalam diri untuk siswa lebih fokus dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru diharapkan dapat menciptakan dan memelihara lingkungan kelas yang dapat mendukung proses belajar guna mencapai hasil yang maksimal.
Downloads
References
Adawiyah, M. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Skripsi, IAIN Tulungagung.
Amanah, S. K. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar SKI Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Arends, R. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill Education, New York.
Darmawan, D. (2023a). Enhancing Enhancing Students’ Learning Interest: The Role of Teacher’s Teaching Style and Parental Support at SD Negeri Wadungasri Waru Sidoarjo. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1343–1352.
Febriyanti, S. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CTL pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 02 Brebes. Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo.
Fitriyah, E. I., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kesehatan Mental, Kebiasaan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsN 4 Kota Surabaya. Jurnal Kependidikan, 12(2), 307-320.
Halimah, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Irawan, A. I., & Darmawan, D. (2023). Examining Examining How Family Environment and Learning Independence Affect Student Learning Motivation at MI Babussalam Krian Sidoarjo. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1324-1333.
Istianingsih, K. & Mir’anina, R. (2018). Pengaruh Model Two Stay Two Stray dengan Aktivitas Window Shopping terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 92-98.
Jannah, M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Setingkat Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 2(1), 80–91.
Jannah, M., & Masnawati, E. (2024). Penerapan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 173–183.
Jusriani, D. & Muchlis, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MTs Al Mustaqim Parepare. Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 8(2), 1–29.
Laa, N., H. Winata, & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa (The Effect Cooperative Learning-Student Teams Achievement Division Type on Students’ Learning Interest). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 139–48.
Laili, N., Darmawan., D., & Yunusi, M. Y. M. E. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran, Metode Pembelajaran, dan Dukungan Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa SMP Buana Waru Sidoarjo. Khazanah Pendidikan, 18(2), 260–271.
Mahendra, M. Z. (2023). Pengaruh Metode Active Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah di MTS Daarul Ulum Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1956–1962.
Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator dalam Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 171-188.
Marlina, L., Habisukan, U. H. , & Arfika, D. (2017). Pengaruh Penerapan Model TPS (Think Pair Share) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Biologi di MTs Negeri 1 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 25–37.
Masnawati, E., & Darmawan, D. (2023). Optimal Utilization of Google Classroom Media in Online Learning. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(1), 20–24.
Masnawati, E., Kurniawan, Y., Djazilan, M. S., Hariani, M., & Darmawan, D. (2023). Optimalisasi Kinerja Akademik Melalui Efikasi Diri, Motivasi Akademik, dan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 3(11), 463–471.
Misgirawanti, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) terhadap Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Sistem Gerak Kelas VIII Mts An-Nur Palangka Raya. Skripsi, Program Studi Tadris Biologi Jurusan Pendidikan MIPA, Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palangka Raya.
Mulia, E., Aprison, W., Zakir, S., & Sesmiarni, Z. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Tipe Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) terhadap Kemandirian dan Minat Belajar Santri pada Pembelajaran Fiqh Kelas VIII di MTsS PPMTI Bayur. Journal on Education, 05(02), 6001–6011.
Nada, I. Q., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kemandirian Belajar, Gaya Mengajar, dan Interaksi Sosial Terhadap Keaktifan Belajar Siswa SMP Islam Plus Al-Azhar Kota Mojokerto. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 5(1), 201–208.
Nada, Z. Q., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Setingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(1), 496-506.
Nafisa, N. N. I., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Setingkat Sekolah Menengah Atas. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 307-321.
Nurgiansah, T. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Konvensional dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529–1534.
Rahmaniyah, Habibah, R. S. & Sun'iyah, S. L. (2023). Pengaruh Media Audio Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar di MTs 17 Darul Ulum Bali Sukodadi. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(1), 53-70.
Republik Indonesia. (2023). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara. Lembaran Negara Negara Republik Indonesia Tahun 2023 Nomor 141. Sekretariat Negara, Jakarta.
Restika, R. (2022). Dampak Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Pab 1 Helvetia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(6), 460–471.
Risfi, P. Y. F., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Setingkat Sekolah Dasar. ISLAMENTARY: Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 83-96.
Risqi, A. S., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Budaya Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo. Ambarsa: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 151-161.
Rojabiyah, A. B. & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTS Kelas VII Dalam Pembelajaran Matematik Materi Aljabar Berdasarkan Gender, Journal on Education, 1(2), 458–64.
Romli, A. B. S., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Setingkat Menengah Kejuruan. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(2), 130-146.
Sabrina, S., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 2(1), 266-276.
Safitri, S. M., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Dukungan Orang Tua, dan Kepercayaan Diri Terhadap Minat Belajar Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 14(1), 77-90.
Salsabilla, A., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Setingkat Sekolah Menengah Atas. YASIN: Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 4(6), 1246-1265.
Shodiq, M. F., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 292-307.
Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson Education.
Sulistiyani, N. & S. Zuhri (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Clt) Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 191-200.
Sunoto, S., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Madrasah, Waktu Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa MA As-Sa’adah Lampah Kedamean Gresik. Jurnal Imu Pendidikan Islam, 22(3), 63-71.
Wahyudi, I. D., Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Wiliyanti, V., Buana, L. S. A., Haryati, H., Rusmayani, N. G. A. L., Dewi, K. A. K., & Novita, F. (2024). Analisis Penggunaan Media Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 6790–6797.
Zulfianah, Z. & N. Hamang. (2019). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Pengamalan Ajaran Agama Islam Bagi Peserta Didik. Jurnal Istiqra’, 6(2), 50–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zidni Akholik Almaghfiroh, Didit Darmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.