Identifikasi Teknik Dasar Badminton Kelas 10 di SMAN 14 Bandar Lampung

Authors

  • Bowo Andalas Universitas Teknokrat Indonesia
  • Arifai Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat penguasaan teknik dasar badminton pada siswa kelas 10 di SMAN 14 Bandar Lampung, teknik dasar yang dianalisis meliputi servis, pukulan lob, smash, drop shot, dan netting. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui tes keterampilan, observasi, dan kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (40%) memiliki penguasaan teknik dasar dalam kategori "baik," sedangkan 25% siswa berada dalam kategori "sangat baik," 20% dalam kategori "cukup," dan 15% dalam kategori "kurang." Teknik servis memperoleh skor tertinggi dengan rata-rata 85%, sementara teknik netting memiliki skor terendah dengan rata-rata 65%. Faktor-faktor yang memengaruhi penguasaan teknik dasar antara lain durasi latihan, ketersediaan fasilitas, dan metode pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan temuan ini, disarankan untuk meningkatkan durasi latihan, memperbaiki fasilitas, dan menerapkan metode pembelajaran yang lebih variatif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain badminton. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pembelajaran olahraga di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, Eky Riza, Muchammad Samsul Huda, and Muhammad Saiin. "Analisis Tingkat Keterampilan Dasar Bulutangkis Pada Atlet Pb. Bersama Samarinda." Borneo Physical Education Journal, 2022: 10-20.

Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.

Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.

Fajar, Mutiara . "Survei Kemampuan Teknik Dasar Bulutangkis Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sma Patra Mandiri 1 Plaju." Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 2020: 90-101.

Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.

Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.

Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.

Maimunah, P. H. H., Minnah, E. W., & Su’aidi. (2023). Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 99–108.

Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.

Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.

Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.

Zarwan, Arsil, and Sefri Hardiansyah. "Studi Tentang Kemampuan Teknik Dasar Bulutangkis Siswa." Majalah Ilmiah UPI YPTK, 2018: 149-158

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Bowo Andalas, & Arifai. (2025). Identifikasi Teknik Dasar Badminton Kelas 10 di SMAN 14 Bandar Lampung. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 72–76. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.714

Issue

Section

Articles