Metode Pembelajaran Efektif Pada Tema Macam-Macam Hadits dan Sikap Muslim Terhadap Al-Sunnah

Authors

  • Zainal Arifin Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.703

Abstract

Hadits dan Al-Sunnah adalah dua elemen utama dalam hukum Islam yang memiliki posisi sangat penting setelah Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran efektif pada tema macam-macam hadits dan sikap muslim terhadap al-sunnah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini diutarakan bahwa praktik pengalaman lapangan dalam pembelajaran ini tidak hanya meningkatkan wawasan peserta didik mengenai hadits dan sunnah tetapi juga membentuk sikap kritis, hormat, dan konsisten dalam mengamalkan ajaran Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.

Ali Sâyis, (1970). Nasy'at al-Fiqh al-ĩjtihådiy wa Atwaruhu. t.t.: Silsilat aJ-Buhus al-lslâmiy, 57.

Almansyah, (2013). Ilmu-ilmu hadits. Anugrah Utama Raharja, 59

Amrona, Y. L., Anggraheni, U. S., Nurhuda, A., Fajri, M. Al, & Aziz, T. (2023). Human Nature In The Perspective Of Islamic Philosophy. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 17(2), 204–216. https://doi.org/https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v17i2.204-216

Aṭ-Ṭaḥḥān, (2010). Taisīr Muṣṭaaḥ al-Ḥadīṡ. Riyad: Maktabat al-Ma‘ārif li an-Nasyr wa at-Tauzī‘, h. 17.

Nurhuda, A., Sinta, D., Ansori, I. H., & Setyaningtyas, N. A. (2023). Flashback Of The Mosque In History: From The Prophet’s Period To The Abasiyyah Dynasty. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 17(2), 241–250. https://doi.org/https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v17i2.241-

Yasid, (2011). Hubungan Simbiotik al-Qur’an dan Hadis dalam Membentuk DiktumDiktum Hukum. Jurnal Tsaqafah, 7, 1.

Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.

Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.

Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.

Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.

Maimunah, P. H. H., Minnah, E. W., & Su’aidi. (2023). Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 99–108.

Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.

Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.

Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Zainal Arifin, & Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi. (2025). Metode Pembelajaran Efektif Pada Tema Macam-Macam Hadits dan Sikap Muslim Terhadap Al-Sunnah. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 197–201. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.703

Issue

Section

Articles