Strategi Joyful Learning dalam Meningkatkan Motivasi, Keterlibatan dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Muhammad Barry Mahmudi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Asmaiwaty Arief Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rehani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.662

Abstract

Pendidikan Agama Islam memiliki peran strategis dalam membangun generasi yang berakhlak mulia dan berkepribadian islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi Joyful Learning dalam meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode penelitian menggunakan literature review, dengan mengumpulkan dan menganalisis artikel, jurnal, dan buku yang relevan. Data dianalisis secara tematik untuk mengelompokkan temuan berdasarkan aspek peningkatan motivasi, keterlibatan, dan penguasaan konsep secara bermakna. Hasil studi menunjukkan bahwa Joyful Learning merupakan pendekatan efektif dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif, relevan, dan menyenangkan. strategi joyful learning memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, tetapi juga membantu mereka memahami dan mengamalkan nilai-nilai Islam secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berk, R. A. (2011). Humor as an Instructional Defibrillator: Evidence-Based Techniques in Teaching and Assessment. Stylus Publishing.

Catarinacatur, I. (2008). Joyful Learning sebagai Strategi Pembelajaran yang Efektif. Universitas Kristen Satya Wacana.

Chen, F., Looi, C. K., & Tan, S. (2017). Technology-enhanced learning: A critical review of the literature. Educational Technology & Society, 20((4)), 1–12.

DePorter, B. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Kaifa.

Dryden, G., & Vos, J. (2000). The Learning Revolution: To Change the Way the World Learns. The Learning Web.

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59–109.

Hattie, J. (2009). Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge.

Huda, M., Jasmi, K. A., Hehsan, A., & Mustari, M. I. (2018). Understanding Comprehensive Learning in Islamic Education: Integrating Elements of Joyful Learning and Meaningful Learning. International Journal of Education and Learning, 1(2), 69–76.

Keller, J. M. (1987). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. Springer.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning. Cambridge University Press.

Nurhasanah, Siti Jayadi, A. and others. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif dan Kreatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Deepublish.

Piaget, J. (1977). The development of thought: Equilibration of cognitive structures. Viking Press.

Rahmawati, N. D. (2008). Pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru di kelas masih menggunakan metode konvensional. Universitas Negeri Yogyakarta.

Salirawati. (2020a). Smart Teaching Solusi Menjadi Pendidik Profesional. Bumi Aksara.

Salirawati, D. (2020b). Joyful Learning: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Samni, M. (2000). Teori dan Praktik Pembelajaran Konstruktivisme. Gava Media.

Shaqila, C., Ilham, I., Rahmaniah, R., Irwandi, I., Bafadal, F., & Hudri, M. (2024). Enhancing English Speaking Skills Through Mobile Learning Applications: A Systematic Review. Seminar Nasional Paedagoria. Journal Ummat, 4(1), 59–71. https://journal.ummat.ac.id/Index.Php/Fkip/Article/View/25584

Singh, K. (2018). Joyful learning: Enhancing student engagement through innovative strategies. Journal of Education and Learning, 7(3), 45–52.

Suhendi, A., & Purwarno, P. (2020). Contextual teaching and learning: What makes it effective in language learning? Journal of Language and Education, 6(1), 15–25.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. The Autodesk Foundation.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Muhammad Barry Mahmudi, Asmaiwaty Arief, & Rehani. (2025). Strategi Joyful Learning dalam Meningkatkan Motivasi, Keterlibatan dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 96–103. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.662

Issue

Section

Articles