Tafsir Alquran Sebagai Sumber Inspirasi Dalam Pengembangan Metode Pembelajaran Islam

Authors

  • Mohammad Syaifuddin UIN K.H Adurahman Wahid Pekalongan
  • Adhelita Mai Zahra UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nur Rohmah UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.642

Abstract

Tafsir Al-Qur'an dijelaskan sebagai proses membuka dan menerangkan makna ayat-ayat yang sulit dipahami, sebagaimana dilakukan oleh Nabi Muhammad dan para sahabatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep tafsir Al-Qur'an dan implementasi metode pembelajaran Islam yang terinspirasi dari Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam konteks pembelajaran, metode yang digunakan pendidik juga terinspirasi dari Al-Qur'an, seperti metode ceramah, kisah, dan rihlah/karyawisata, yang terbukti efektif dalam menyampaikan ilmu dan membangun karakter peserta didik. Metode pembelajaran Islam yang variatif menjadi kunci dalam menciptakan suasana belajar yang menarik, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Pemilihan metode yang tepat, seperti ceramah yang dikombinasikan dengan kisah atau diskusi, bertujuan untuk mempermudah pemahaman materi, meningkatkan keterlibatan peserta didik, dan menciptakan pembelajaran yang bermakna. Selain itu, implementasi langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur, seperti membuka dengan doa dan salam, melakukan apersepsi, hingga memberikan ruang untuk bertanya, membantu memastikan proses belajar mengajar berjalan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, I., Nelson, N., Rahmaningsih, S., & Warsah, I. (2020). Implementasi Metode Pembelajaran Bervariasi pada Materi SKI di Madrasah Ibtidaiyyah. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(1), 52–72. https://doi.org/10.19109/jip.v6i1.6026

Asy’ari, M. K. (2014). METODE PENDIDIKAN ISLAM Oleh : M.Kholil Asy’ari Abstraksi. Qathruna, 1(1), 193–205.

Drs. Tjetjep Samsuri, M. P. (2003). Kajian Teori , Kerangka Konsep Dan Hipotesis dalam Penelitian. KAJIAN TEORI, KERANGKA KONSEP DAN HlPOTESlS DALAM PENELiTiAN, 1–7. http://repository.unp.ac.id/1656/1/TJEJEP SAMSURI_209_03.pdf

Halik, A. (2012). METODE PEMBELAJARAN: PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Oleh: Abdul Halik. Jurnal Al-‘Ibrah, I(1), 46.

Lestari, S. (2023). Metode Kisah Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1349–1358. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2022&q=Metode+Kisah+Dalam+Pembelajaran+Pendidikan+Islam+jurnal+pendidikan+dan+konseling&btnG=

Rambe, S. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Ibnu Khaldun Dalam Meningkatkan Daya Tanggap Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 327–346. https://doaj.org/article/1e8aebf063e94d09a7eb93f04cf4b8fd

Shihab, M. Q. (1996). Membumikan Alquran. Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, 199.

Surakhmad, W. (1998). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar (5th ed.). Tarsito.

Suryadilaga, M. A. (2010). Metode Ilmu Tafsir (Pertama). Teras.

Yusuf, S. (1995). Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Mohammad Syaifuddin, Adhelita Mai Zahra, & Nur Rohmah. (2025). Tafsir Alquran Sebagai Sumber Inspirasi Dalam Pengembangan Metode Pembelajaran Islam. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.642

Issue

Section

Articles