Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Meningkatkan Pemahaman Moderasi Keagamaan di Pondok Pesantren As’ad Kota Jambi

Authors

  • Fajri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Arsyad UIN Sulthan Thaha Saufuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.638

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manajemen kurikulum di Pondok Pesantren As'Ad, khususnya di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) As'Ad, dalam meningkatkan pemahaman moderasi beragama. Tujuan utama penelitian ini adalah agar MAS As'Ad menjadi pondok yang memahami dan menerapkan nilai-nilai moderasi beragama, sehingga para santri dapat menjadi negarawan yang baik dan garda terdepan menuju Indonesia Emas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, verifikasi data, dan uji kepercayaan menggunakan triangulasi data. Lokasi penelitian berada di MAS As'Ad, Olak Kemang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren As'ad Kota Jambi telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui manajemen kurikulum yang efektif dan pendekatan pendidikan yang holistik. Dengan mengintegrasikan pendidikan formal dan nonformal, serta menerapkan metode pembelajaran interaktif seperti qissuh  (bercerita) dan halaqah. Kurikulum yang diterapkan mengintegrasikan nilai-nilai moderasi Islam, menghasilkan santri yang memiliki pemahaman agama yang inklusif dan seimbang antara ilmu agama dan pendidikan umum. Serta penerapan nilai-nilai tawassuth, i'tidal, tasamuh, dan qudwah dalam kurikulum telah memberikan dampak positif terhadap pemahaman moderasi keagamaan di kalangan santri. Santri tidak hanya dilatih untuk menghargai perbedaan, tetapi juga didorong untuk berkontribusi aktif dalam masyarakat sebagai agen perdamaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abawihda, R. (2002). Kurikulum Pendidikan Pesantren dan Tantangan Perubahan Global, dalam Ismail SM, dkk. Dinamika Pesantren Dan Madrasah.

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Prenada Media.

Baharuddin, I. (2015). Pesantren dan Bahasa Arab. Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab, 1(01).

Dhofier, Z. (2011). Tradisi pesantren: Studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. (No Title).

Engku, I., & Zubaidah, S. (2014). Sejarah Pendidikan Islami. PT Remaja Rosdakarya.

Hasanah, U., & Wahyudi, N. (2021). Manajemen Kurikulum Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pesantren Darunnajah Al-Mas’ udiyah Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Nusantara Journal of Islamic Studies, 2(2), 119–126.

Hasibuan, M. Y. (2019). Manajemen Kepala Madrasah dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Arridho Tanjung Morawa. Jurnal At-Tazakki, 3(1).

Husnan, R. (2019). Manajemen Kepemimpinan Kiai dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Santri Pondok Pesantren Husnul Ri’ayah Suboh Situbondo. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(1), 90–106.

Kurnali, H. (2020). Kapita Selekta Pendidikan: Mengurai Benang Kusut Pendidikan Islam. Deepublish.

Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 5(10).

Nafisa, A., Iskandar, A., & Nugraha, B. (2023). Religious Moderation:(Moderasi Beragama). Bulletin of Islamic Research, 1(4), 127–142. http://birjournal.com/index.php/bir/article/view/44

Saifuddin, L. H. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI.

Subakir, H. A., & Dodi, L. (2020). Rule Model Kerukunan Umat Beragama di Indonesia: Gambaran Ideal Kerukunan Umat Muslim-Tionghoa di Pusat Kota Kediri Perspektif Trilogi Kerukunan dan Peacebuilding. CV Cendekia Press.

Sukmadinata, N. S. (2019). Metode penelitian pendidikan.

Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Yunus, Y. (n.d.). Manajemen Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan Dalam Membangun Kompetensi Moderasi Beragama (Studi Multi Situs Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember dan Madrasah Aliyah Nurul Jadid Probolinggo).

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Fajri, & Arsyad. (2025). Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Meningkatkan Pemahaman Moderasi Keagamaan di Pondok Pesantren As’ad Kota Jambi. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 180–196. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.638

Issue

Section

Articles