Kinerja Pengawas Sekolah Dalam Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di Pondok Pesantren Daarut Tauhid Al Maktub
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.624Abstract
Kinerja pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi pendidikan menjadi penting dalam kemajuan pondok pesantren. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui sejauh mana kinerja pengawasan sekolah sebagai supervisi pendidikan di Pesantren Daarut Tauhid Al Maktub. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang memberikan ruang untuk memahami secara mendalam pengalaman dan pandangan guru terkait proses supervise. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa untuk membantu pengawas meningkatkan partisipasi dan kinerjanya dalam pelaksanaan program pemantauan hingga hasil penilaian diterima oleh sekolah. Banyak temuan penelitian terdahulu yang dapat dijadikan sebagai sumber referensi mengenai kinerja supervisor. Dalam hal pengawasan untuk menunjang profesionalisme kerja Pengawas, sedangkan dua faktor lainnya hanya bersifat karakteristik yang kurang bermanfaat bagi kinerja pengawas. Selain itu, hasil penelitian yang dilakukan oleh juga menunjukkan bahwa efektivitas pengawas dalam orientasi, pelatihan dan pengembangan profesional guru masih lemah atau buruk
Downloads
References
Jf, N. Z., Mukhrimah, N. A., Lestari, P. A., & Utami, K. (2022). Supervisi dalam Pendidikan: Kajian Kinerja Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-9.
https://yapindo-cdn.b-cdn.net/article/51122/1721727404123.pdf
Harmalis, H. (2019). “Motivasi Belajar dan Perspektif Islam” Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 51-61. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/bkpi/article/view/377.
Kristiawan, M. (2019). Supervisi Pendidikan Mapping Managerial Competence of Primary School Principals in South Sumatera View project
Nasution, Inom. (2021). Supervisi Pendidikan. Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya.
Rahmah, S. (2018). Pengawas sekolah penentu kualitas pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 25(2).
Safitri, H. D. A., Putri, N. A., Prasetyo, G. B., Sumekar, P. A., & Maisyaroh, M. (2022). Kinerja pengawas sekolah yayasan pada jenjang pendidikan menengah pertama: perspektif guru dan kepala sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 137-149. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/49599
Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto, N. (2017). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Zulfa, Umi. (2020). Supervisi Pendidikan di Indonesia. Cetakan kedua. Cilacap: Ihya Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mukholladun Hamdan Yuwapi, Erwin Simamora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.