Persepsi Guru Terhadap Praktik Supervisi Kepala Sekolah di SMPN 2 Bangkinang Kota
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.455Abstract
Supervisi pendidikan merupakan komponen kritis dalam peningkatan kualitas pengajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi persepsi guru terhadap praktik supervisi kepala sekolah di SMPN 2 Bangkinang Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara semi-terstruktur terhadap 12 guru, penelitian dilakukan pada November 2024 dengan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan spektrum persepsi guru yang kompleks, mulai dari supervisi dilihat sebagai kesempatan pengembangan profesional hingga pengalaman yang menegangkan. Guru mengidentifikasi manfaat seperti peningkatan kualitas mengajar dan inovasi pedagogis, namun juga menghadapi tantangan psikologis seperti rasa gugup dan tekanan. Penelitian mengungkap pentingnya komunikasi terbuka, pendekatan kolaboratif, dan pemberian umpan balik konstruktif dalam proses supervisi. Para guru menekankan kebutuhan akan supervisi yang bersifat pembimbingan, bukan sekadar penilaian, dengan fokus pada pengembangan profesional berkelanjutan. Penelitian menyimpulkan bahwa supervisi efektif memerlukan pendekatan yang holistik, memperhatikan dimensi psikologis dan profesional guru.
Downloads
References
Ali, M. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Pengawas Terhadap Kreativitas Guru Serta Dampaknya Terhadap Prestasi Sekolah. JURNAL DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 1(2), 62–75. https://doi.org/10.31949/dialogika.v1i2.2170
Ansori, A., Supriyanto, A., & Burhanuddin. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2321–2326.
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(3), 181–184. https://doi.org/10.52690/jitim.v2i3.303
Azis, R. (2016). Supervisi pendidikan. Penerbit Sibuku.
Hairul, H. (2023). Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Sdn Kuin Selatan 4 Banjarmasin Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 3(2), 28. https://doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.11506
Hendri, N. (2017). Efektivitas Supervisi Akademik Pengawas Pai Dalam Membina Guru Agama Smp Dan Sma Di Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. An Nizom, 2(1), 139–147.
Herwati, N. (2022). Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Ipa Di Smp Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Karakter, 1(2), 123–132. https://doi.org/10.51878/teacher.v3i1.2180
Jamila. (2020). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi (JMP-DMT), 1(1), 26–36. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT
Kholiq, A., & Jannah, A. M. (2022). Fungsi dan Jenis-Jenis Supervisi Pendidikan Islam. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.56854/sasana.v1i1.61
Moewardi, A., Tampubolon, H., & Simanjuntak, W. B. P. (2020). Efektivitas Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Lulusan (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Kejuruan Pelita Iv Jakarta Barat), 2018. Jurnal Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Kolaboratif Di Mts Negeri 1 Tanggamus. Manajerial Manajemen Pendidikan, 9(1), 39–50. https://doi.org/10.33541/jmp.v9i1.3011
Niman. (2024). Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Pada Smp Negeri 1 Konawe Selatan. Jurnal Bastra, 9(1), 274–280.
Riesmawati, F. (2023). : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(4), 444–450. https://doi.org/10.51878/manajerial.v2i4.1958
Rismawan, E. (2017). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(1), 114–132. https://doi.org/10.17509/jap.v22i1.5925
Setiawati, N. A., Djuhartono, T., & Mursito, H. (2018). Persepsi Guru Tentang Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. 4(2).
Sudadi, D. (2021). Supervisi pendidikan: Konsep, teori, implementasi. Pustaka Ilmu.
Sukmawati, H., Universitan, D., Negeri, I., Makassar, A., & Pendahuluan, I. (2017). Fungsi supervisi pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3, 143–149.
Tambunan, A. M., Siregar, F. S. R., & Gaol, K. L. (2024). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 03(02), 356–364. https://doi.org/10.56855/intel.v3i3.1091
Triastikowatie, E. (2022). Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SDN 3 Jepun Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 464–474. https://doi.org/10.28926/jpip.v2i4.583
Wahyudi, E. (2022). Implementasi Supervisi Pendidikan Islam di Era Disrupsi. Garudhawaca.
Wiyono, B. B., Rasyad, A., & Maisyaroh. (2021). The Effect of Collaborative Supervision Approaches and Collegial Supervision Techniques on Teacher Intensity Using Performance-Based Learning. SAGE Open, 11(2). https://doi.org/10.1177/21582440211013779
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elvina, Adzkia Rodhiyah, Musriadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.