Supervisi Klinis Dalam Menghadapi Dinamika Pendidikan

Authors

  • Dwi Rahmy Zarlis Universitas Riau
  • Susiati Elfitra Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.292

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran supervisi klinis dalam membantu guru menghadapi tantangan dinamis di dunia pendidikan, termasuk perubahan kurikulum, adopsi teknologi, dan keberagaman kebutuhan siswa. Pendekatan supervisi klinis yang berfokus pada kolaborasi dan refleksi dianggap efektif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru serta adaptabilitas mereka terhadap perubahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa sekolah menengah. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru dan supervisor, observasi proses supervisi, serta analisis dokumen supervisi untuk memahami dampaknya terhadap kinerja pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi klinis berkontribusi signifikan dalam mengembangkan kompetensi pedagogis guru, meningkatkan kemampuan mereka dalam merespon perubahan, dan memperkuat hubungan profesional antara guru dan supervisor. Melalui pendekatan yang mendukung refleksi dan pengembangan diri, supervisi klinis membantu guru merancang strategi pengajaran yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan pendidikan yang terus berkembang. Temuan ini mengindikasikan bahwa implementasi supervisi klinis secara konsisten dapat menjadi faktor penentu dalam membangun ekosistem pendidikan yang inovatif dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ach. Syafiul Anwar, Ahmad Fatah Yasin, & Indah Aminatus Zuhriyah. (2024). Praktik atau Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Islam Berbasis Teknologi di Era 5.0 Smart Society. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(3), 1397–1407.https://doi.org/10.47467/edu.v4i3.4006

Azis, Rosmiaty. (2016). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: SIBUKU

Budi Setiawan Ginting, Mesiono, & Neliwati. (2024). Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Peningkatan Kinerja Guru di SD IT Ad-Durrah Medan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 403-416. https://doi.org/10.58230/27454312.435

Fatmawati, I. . (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 20–37. https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.4

Fauzi, F. (2020). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 109128.https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i2.47

Harris, A., & Jones, M. (2018). Leading futures: Global perspectives on educational leadership. SAGE Publications.

Herabuddin, 2009, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia. Mulyasa

Kalalo, R. R. & Merentek, T. C. (2023). Peranan Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Rhapsodi: Jurnal Studi Multidisiplin, 1(2), 64–74.

Maskur, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203.https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172

Maulida, M. A., Nadia, N., Diana, N. D. K., Him, H. A., Badriyati, L., Warda, W. M., & Hasanah, S. N. A. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUIbSUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI MTsN 1 PROBOLINGGO. Jurnal Citra Pendidikan, 4(3), 1851–1861.https://doi.org/10.38048/jcp.v4i3.3411

Muhibbah, L. (2018). Pengaruh Iklim Sekolah dan Supervisi Klinis terhadap Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Gunungsari Lombok Barat. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(2), 116–120.https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p116-120

Nasution, Inom. (2021). Supervisi Pendidikan. Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya.

Purwanto, Ngalim, 2012, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja

Safitri,D., Aristi, E., Nur Najhiha Izzaty, Sara Deshannum, Umari, T., Kiki

Mariah, & Munawir. (2024). Supervisi Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kompetensi Calon Guru BK. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(3), 390–400. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.139

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Siregar, D.Y., Fadhilah, N., Khairunnisa, Fitria, L., & Batubara, P.F. (2024) Tantangan dan Strategi Menghadapi Perubahan Kurikulum di Sekolah. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 176–186. https://doi.org/10.61132/bima.v2i1.569

Sopianti, D. (2023) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Xi di SMAN 5 Garut. KANAYANGAN: Journal of Music Education. 1(1), 1-8.

Susanti, Y., Rahmawati, R., & Nuraini, I.A. (2022) Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kinerja Guru di Man 2 Ponorogo. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam,14(1), 1-21. https://doi.org/10.30739/darussalam.v14i1.1697

Syukur, N, Fatah, 2013, Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah, Semarang:

Pustaka Riski Putra

Zulfa, Umi. (2020). Supervisi Pendidikan di Indonesia. Cetakan kedua. Cilacap: Ihya Media.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Dwi Rahmy Zarlis, & Susiati Elfitra. (2024). Supervisi Klinis Dalam Menghadapi Dinamika Pendidikan. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(2), 17–28. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.292

Issue

Section

Articles