Pembiasaan Nilai-Nilai Akhlak melalui Kegiatan Rutin Harian di PAUD Khalifah Al Fatih

Authors

  • Putri Ramadhon UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Annisa UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Dhea Yuspi Anggina UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Syalum Syahrani UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Miftahir Rizqa UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2856

Keywords:

Pembiasaan, Nilai akhlak, PAUD, Karakter

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pembiasaan nilai-nilai akhlak Islami melalui kegiatan rutin harian di PAUD/TK Khalifah Al Fatih. Pembentukan akhlak pada anak usia dini paling efektif ketika dilakukan melalui pengalaman sehari-hari yang autentik dan dilakukan secara berulang. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan model pembiasaan berbasis rutinitas yang terstruktur serta mengembangkan instrumen observasi sederhana untuk menilai perilaku akhlak anak setiap hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus melalui observasi kelas, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan salam, doa pagi, muroja’ah, antre, berbagi, merapikan barang, serta penggunaan kata tolong, maaf, dan terima kasih menjadi sarana efektif internalisasi nilai akhlak. Keteladanan guru menjadi faktor utama, diperkuat oleh suasana emosional yang hangat dan kolaborasi berkelanjutan dengan orang tua. Model ini terbukti efektif menumbuhkan sikap sopan santun, disiplin, empati, dan tanggung jawab pada anak. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembiasaan yang sistematis dapat diterapkan secara praktis dalam pendidikan anak usia dini untuk membangun dasar akhlak yang kuat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Arif, Z., Magister, J., Pendidikan, T., Pendidikan, F. I., Jakarta, M., Pendidikan, J., Islam, A., Islam, F. A., & Muhammadiyah, U. (2020). E ISSN : 2685-0281 ( online ) PENERAPAN NILAI-NILAI AKHLAK PEMBIASAAN AGAMA ISLAM. 4197.

Dianto. (2023). Dianto.

Hadi, H. S. (2025). ID52-1-1-PB.pdf.

Hafidz, N., & Diana, R. R. (2022). Aulad : Journal on Early Childhood Pembiasaan Nilai-Nilai Keagamaan dalam Mengasah Kecerdasan Spiritual Anak. 5(1), 182–192. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.310

Hasbi, A. Z. E. (2023). FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM(ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI)SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN ISLAM. Accident Analysis and Prevention, 183(2), 153–164.

Hasibuan, R. A. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Pembiasaan Harian pada Anak Usia Dini di Yayasan Taman Pendidikan TPQ / RA Wahyu. September.

Hibana. (2024). Menciptakan Lingkungan Belajar Aman dan Nyaman di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. 754–767. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.14536

Jailani, M. S. (2014).

Kurniasih, N., & Hidayat, Y. (2025). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL. 2(2), 224–243.

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.

Oktaviana, A., & Munastiwi, E. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. 6(5), 5297–5306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715

Raharjo, M. A., Ode, L., Ahmad, I., & Sakka, A. R. (2025). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Hadis : Tantangan Pendidikan Modern Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar , Indonesia.

Rochimi, I. F. (2018). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. 4, 231–246.

Sari, N. P. (2024). No Title. 9(1), 223–234.

Walad, A., & Suparti, T. (2024). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Jadwal Aktivitas Harian. 100–107.

Widat, F., & Wulandari, A. S. (2023). AFFIRMING MORAL EXCELLENCE : STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION THROUGH HABITUATION AND INNOVATIVE. 5(2), 112–124.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Ramadhon, P., Annisa, Yuspi Anggina, D., Syahrani , S., & Rizqa, M. (2025). Pembiasaan Nilai-Nilai Akhlak melalui Kegiatan Rutin Harian di PAUD Khalifah Al Fatih. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(4), 1642–1649. https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2856

Issue

Section

Articles