Pelaksanaan Layanan Khusus Ekstrakurikuler sebagai Upaya Pengembangan Potensi dan Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2821Keywords:
Layanan Khusus, Ekstrakurikuler, Pengembangan, Karakter SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam pelaksanaan layanan khusus ekstrakurikuler sebagai strategi pengembangan potensi dan pembentukan karakter peserta didik di SDN Ketintang 1 Surabaya. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi, penelitian ini menyoroti bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta dukungan berbagai pihak membentuk pola layanan ekstrakurikuler yang efektif. Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa layanan ekstrakurikuler tidak hanya berfungsi sebagai kegiatan pengayaan, tetapi juga memberikan dampak signifikan berupa peningkatan disiplin, tanggung jawab, kerja sama, kepercayaan diri, serta kemampuan siswa dalam mengenali dan mengembangkan minat serta bakat mereka. Kebaruan penelitian ini terletak pada pemetaan proses operasional layanan secara menyeluruh, mulai dari strategi pembinaan, mekanisme koordinasi, hingga bentuk evaluasi yang sebelumnya belum terdokumentasi pada konteks sekolah dasar ini. Hasil penelitian menegaskan bahwa dukungan guru, sekolah, dan orang tua menjadi faktor determinan keberhasilan layanan meskipun terdapat kendala fasilitas dan waktu. Secara praktis, penelitian ini memberikan implikasi bagi sekolah untuk memperkuat manajemen ekstrakurikuler dan membangun kolaborasi berkelanjutan demi terciptanya lingkungan pendidikan yang adaptif dan berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik
Downloads
References
Adelia, N., Suweni, T., & Halim, A. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisipin,5. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/292
Agissa, A. W., & Afgani, M. W. (2025). Student Management in Developing Students’ Potential through Extracurricular Activities. TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(6), 2012–2022. https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i6.705
Agustin, N. A. M., Wafiq, A., & Ratih, N. (2025). Manajemen Layanan Khusus Dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan 2(1), 462-471. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jimp/article/view/958 02(01).
Ansori, A. (2025). Implementasi Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan dalam Pembangunan Minat dan Bakat Peserta Didik di MAN 1 Ogan Komering Ulu Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Mubtadiin, 11(1) https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin11(01).
Asiah, S., Nafiah, N., Muliawati, I. S., & Ramadhani, M. S. A. (2024). Relevansi Semboyan Ki Hajar Dewantara Sebagai Pedoman Guru. NUSRA : Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 656–662. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2273
Asmadi, A., & Arlina, A. (2025). Peran ekstrakurikuler PAI dalam pengembangan keterampilan sosial dan kemandirian siswa MAS. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 10(1), 7–17. https://doi.org/10.29210/025484jpgi0005
Asti Widiastuti, Elsa Aulia Fadhilah, Hikmatul Ghina, & Agus Mulyana. (2023). Pengembangan Potensi, Bakat, dan Minat Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(1), 129–138. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i1.455
Berasa, R. H., Sihombing, R., Tobing, L. L., & Tambunan, A. M. (2024). Implementasi Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah di SMA Swasta HKBP 1 Tarutung. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(3), 3232–3248. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1289 3.
Damayanti, D., Rahmaniatul, A., Fauziah, R. R., & Prasetyo, T. (2024). Peran guru dalam Pembentukan karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia. Karimah Tauhid, 3(9), 9896–9904. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14561
Edenia, B., & Pamulaan, A. B. (2025a). Strategi Pengelolaan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Dan Karakter Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25626
Edenia, B., & Pamulaan, A. B. (2025b). Strategi Pengelolaan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Dan Karakter Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25626
Eli Masnawati, Didit Darmawan, & Masfufah Masfufah. (2023a). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 305–318. https://doi.org/10.59603/ppiman.v1i4.347
Eli Masnawati, Didit Darmawan, & Masfufah Masfufah. (2023b). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 305–318. https://doi.org/10.59603/ppiman.v1i4.347
Fitriyani, W., & Heryadi, Y. (2024). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas IV SDN 02 Sangkanwangi. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi7(2). https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd
Hendro Juwono & Mar Syahid. (2023). Peran Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Siswa-Siswi Mts Puspa Bangsa Kecamatan Cluring. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 206–215. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i3.1344
Inda Yuliana Ngabito, Melizubaida Mahmud, Ardiansyah, Roy Hasiru, & Imam Prawiranegara Gani. (2025). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas VII SMPN 12 Gorontalo. JUPSI Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia, 3(1), 12–22. https://doi.org/10.62238/jupsi.v3i1.188
Intan Oktaviani Agustina, Juliantika Juliantika, Selly Ade Saputri, & Syahla Rizkia Putri N. (2023a). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 86–96. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2001
Intan Oktaviani Agustina, Juliantika Juliantika, Selly Ade Saputri, & Syahla Rizkia Putri N. (2023b). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 86–96. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2001
Intan Oktaviani Agustina, Juliantika Juliantika, Selly Ade Saputri, & Syahla Rizkia Putri N. (2023c). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 86–96. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2001
Kamil, M. M., Mubarok, A., Dayat, D., Ihsan, F., & Nurfitria, N. (2025). Pembentukan Karakter pada Siswa Kelas Rendah Melalui Implementasi Bimbingan dan Konseling di MI Nurul Hasanah Cisalak. Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa, 1(9), 1794–1799. https://doi.org/10.59837/jpnmb.v1i9.334
Kusnaedi, M. Z., Dhielfitri, G. M., Nurfajriyah, Y., & Amelia, D. (2025). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Minat Bakat dan Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Education Journal of Bhayangkara, 5(2), https://doi.org/10.31599/04btzp59.
Mustika, S., & Padang, U. (2023). Peran Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 481–492. https://doi.org/10.69896/modeling.v10i3.1934
Mutammimah, D., & Muhlis, A. (2025). Problematika Ekstrakurikuler Perspektif Fahmi Muhammad Muqbil di Era Digital. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 6(1), 198–210. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v6i1.1335
Rahmanto, A. (2018). Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD, 2(1), 214-219. https://seminar.uad.ac.id
Rasyid, R., Fajri, Muh. N., Wihda, K., Ihwan, Muh. Z. M., & Agus, Muh. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355
Saefulloh, A. (2023). Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa Di Sekolah MAN Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), (15)2, 241-250, http://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS
Viona Rahmawati. (2025). Peran Ekstrakulikuler dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIII dI SMP Negeri 20 Surakarta. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 81–91. https://doi.org/10.58192/sidu.v4i1.3026
Yunianto, T., Surohman, A., & Hasanah, N. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.32233
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ilun Muallifah, Zakiyatul Fitriyah, Laila Syafira Nisak, Elsa Aurelia Oktaviani, Dwi Okta Anggraini, Bilqis Soraya Devy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








This work is licensed under a