Pelaksanaan Layanan Khusus Ekstrakurikuler sebagai Upaya Pengembangan Potensi dan Karakter Siswa

Authors

  • Ilun Muallifah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Zakiyatul Fitriyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Laila Syafira Nisak UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Elsa Aurelia Oktaviani UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Dwi Okta Anggraini UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Bilqis Soraya Devy UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2821

Keywords:

Layanan Khusus, Ekstrakurikuler, Pengembangan, Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam pelaksanaan layanan khusus ekstrakurikuler sebagai strategi pengembangan potensi dan pembentukan karakter peserta didik di SDN Ketintang 1 Surabaya. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi, penelitian ini menyoroti bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta dukungan berbagai pihak membentuk pola layanan ekstrakurikuler yang efektif. Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa layanan ekstrakurikuler tidak hanya berfungsi sebagai kegiatan pengayaan, tetapi juga memberikan dampak signifikan berupa peningkatan disiplin, tanggung jawab, kerja sama, kepercayaan diri, serta kemampuan siswa dalam mengenali dan mengembangkan minat serta bakat mereka. Kebaruan penelitian ini terletak pada pemetaan proses operasional layanan secara menyeluruh, mulai dari strategi pembinaan, mekanisme koordinasi, hingga bentuk evaluasi yang sebelumnya belum terdokumentasi pada konteks sekolah dasar ini. Hasil penelitian menegaskan bahwa dukungan guru, sekolah, dan orang tua menjadi faktor determinan keberhasilan layanan meskipun terdapat kendala fasilitas dan waktu. Secara praktis, penelitian ini memberikan implikasi bagi sekolah untuk memperkuat manajemen ekstrakurikuler dan membangun  kolaborasi berkelanjutan demi terciptanya lingkungan pendidikan yang adaptif dan berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, N., Suweni, T., & Halim, A. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisipin,5. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/292

Agissa, A. W., & Afgani, M. W. (2025). Student Management in Developing Students’ Potential through Extracurricular Activities. TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(6), 2012–2022. https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i6.705

Agustin, N. A. M., Wafiq, A., & Ratih, N. (2025). Manajemen Layanan Khusus Dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan 2(1), 462-471. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jimp/article/view/958 02(01).

Ansori, A. (2025). Implementasi Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan dalam Pembangunan Minat dan Bakat Peserta Didik di MAN 1 Ogan Komering Ulu Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Mubtadiin, 11(1) https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin11(01).

Asiah, S., Nafiah, N., Muliawati, I. S., & Ramadhani, M. S. A. (2024). Relevansi Semboyan Ki Hajar Dewantara Sebagai Pedoman Guru. NUSRA : Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 656–662. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2273

Asmadi, A., & Arlina, A. (2025). Peran ekstrakurikuler PAI dalam pengembangan keterampilan sosial dan kemandirian siswa MAS. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 10(1), 7–17. https://doi.org/10.29210/025484jpgi0005

Asti Widiastuti, Elsa Aulia Fadhilah, Hikmatul Ghina, & Agus Mulyana. (2023). Pengembangan Potensi, Bakat, dan Minat Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(1), 129–138. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i1.455

Berasa, R. H., Sihombing, R., Tobing, L. L., & Tambunan, A. M. (2024). Implementasi Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah di SMA Swasta HKBP 1 Tarutung. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(3), 3232–3248. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1289 3.

Damayanti, D., Rahmaniatul, A., Fauziah, R. R., & Prasetyo, T. (2024). Peran guru dalam Pembentukan karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia. Karimah Tauhid, 3(9), 9896–9904. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14561

Edenia, B., & Pamulaan, A. B. (2025a). Strategi Pengelolaan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Dan Karakter Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25626

Edenia, B., & Pamulaan, A. B. (2025b). Strategi Pengelolaan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Dan Karakter Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25626

Eli Masnawati, Didit Darmawan, & Masfufah Masfufah. (2023a). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 305–318. https://doi.org/10.59603/ppiman.v1i4.347

Eli Masnawati, Didit Darmawan, & Masfufah Masfufah. (2023b). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 305–318. https://doi.org/10.59603/ppiman.v1i4.347

Fitriyani, W., & Heryadi, Y. (2024). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas IV SDN 02 Sangkanwangi. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi7(2). https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd

Hendro Juwono & Mar Syahid. (2023). Peran Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Siswa-Siswi Mts Puspa Bangsa Kecamatan Cluring. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 206–215. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i3.1344

Inda Yuliana Ngabito, Melizubaida Mahmud, Ardiansyah, Roy Hasiru, & Imam Prawiranegara Gani. (2025). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas VII SMPN 12 Gorontalo. JUPSI Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia, 3(1), 12–22. https://doi.org/10.62238/jupsi.v3i1.188

Intan Oktaviani Agustina, Juliantika Juliantika, Selly Ade Saputri, & Syahla Rizkia Putri N. (2023a). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 86–96. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2001

Intan Oktaviani Agustina, Juliantika Juliantika, Selly Ade Saputri, & Syahla Rizkia Putri N. (2023b). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 86–96. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2001

Intan Oktaviani Agustina, Juliantika Juliantika, Selly Ade Saputri, & Syahla Rizkia Putri N. (2023c). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 86–96. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2001

Kamil, M. M., Mubarok, A., Dayat, D., Ihsan, F., & Nurfitria, N. (2025). Pembentukan Karakter pada Siswa Kelas Rendah Melalui Implementasi Bimbingan dan Konseling di MI Nurul Hasanah Cisalak. Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa, 1(9), 1794–1799. https://doi.org/10.59837/jpnmb.v1i9.334

Kusnaedi, M. Z., Dhielfitri, G. M., Nurfajriyah, Y., & Amelia, D. (2025). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Minat Bakat dan Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Education Journal of Bhayangkara, 5(2), https://doi.org/10.31599/04btzp59.

Mustika, S., & Padang, U. (2023). Peran Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 481–492. https://doi.org/10.69896/modeling.v10i3.1934

Mutammimah, D., & Muhlis, A. (2025). Problematika Ekstrakurikuler Perspektif Fahmi Muhammad Muqbil di Era Digital. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 6(1), 198–210. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v6i1.1335

Rahmanto, A. (2018). Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD, 2(1), 214-219. https://seminar.uad.ac.id

Rasyid, R., Fajri, Muh. N., Wihda, K., Ihwan, Muh. Z. M., & Agus, Muh. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355

Saefulloh, A. (2023). Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa Di Sekolah MAN Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), (15)2, 241-250, http://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS

Viona Rahmawati. (2025). Peran Ekstrakulikuler dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIII dI SMP Negeri 20 Surakarta. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 81–91. https://doi.org/10.58192/sidu.v4i1.3026

Yunianto, T., Surohman, A., & Hasanah, N. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.32233

Downloads

Published

2025-11-29

How to Cite

Ilun Muallifah, Zakiyatul Fitriyah, Laila Syafira Nisak, Elsa Aurelia Oktaviani, Dwi Okta Anggraini, & Bilqis Soraya Devy. (2025). Pelaksanaan Layanan Khusus Ekstrakurikuler sebagai Upaya Pengembangan Potensi dan Karakter Siswa . QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(4), 1622–1634. https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2821

Issue

Section

Articles