Pembelajaran Calistung pada Anak Usia Dini: Kajian Fenomenologis terhadap Dampak Emosional dan Perkembangan Anak

Authors

  • Siti Nadhifah Universitas Negeri Malang
  • Eny Nur Aisyah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2809

Keywords:

Anak Usia Dini, Tekanan Akademik, Fenomenologis, Hak Anak

Abstract

Pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung pada anak usia dini masih banyak diterapkan meskipun tidak selaras dengan kesiapan perkembangan anak, sehingga menimbulkan berbagai tekanan emosional seperti stres, mudah marah, kelelahan, dan hilangnya minat belajar. Penelitian ini bertujuan mengkaji fenomena tersebut melalui pendekatan fenomenologis deskriptif dengan merefleksikan pengalaman empiris pendidik serta teori perkembangan anak. Data diperoleh melalui observasi partisipatif, catatan reflektif, dan diskusi informal bersama orang tua dan rekan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan akademik pada usia dini memicu respons psikologis negatif dan menghambat perkembangan sosial-emosional anak, sekaligus menurunkan motivasi belajar jangka panjang. Temuan ini menegaskan pentingnya pembelajaran ramah anak yang sesuai tahapan perkembangan serta perlunya orang tua dan guru memprioritaskan pendekatan bermain yang menghargai hak anak untuk belajar secara alami dan menyenangkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wulansuci, G., & Kurniati, E. (2020). Pembelajaran Calistung dan Risiko Stres Akademik pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 44–50.

Wulansuci, G., & Kurniati, E. (2019). Pembelajaran calistung (membaca, menulis, berhitung) dengan resiko terjadinya stress akademik pada anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 38-44.

Wulansuci, I., & Kurniati, E. (2020). Stres belajar pada anak usia dini akibat tekanan akademik. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 33–41.

Puspitasari, D. (2020). Tekanan Belajar dan Dampaknya pada Motivasi Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Pendidikan Anak, 5(2), 12–19.

Puspitasari, D. (2020). Dampak tekanan akademik terhadap motivasi intrinsik anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 112–120.

Sulastri, R. (2021). Dampak Pembelajaran Akademik Dini terhadap Motivasi Belajar Anak SD. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 287–295.

Sulastri, A. (2021). Pengaruh tekanan akademik sejak dini terhadap motivasi belajar jangka panjang anak. Jurnal Psikologi Perkembangan Anak, 5(1), 45–53.

Julianingsih, D., & Isnaini, I. D. (2022). Sosialisasi Belajar Calistung Pada Anak Usia Dini Bersama Orang Tua Hebat. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-16.

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.

Masitoh,dkk, Strategi Pembelajaran TK, Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Piaget, J. (1983). The Child’s Conception of the World. London: Routledge.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Siti Nadhifah, & Eny Nur Aisyah. (2025). Pembelajaran Calistung pada Anak Usia Dini: Kajian Fenomenologis terhadap Dampak Emosional dan Perkembangan Anak. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(4), 1745–1750. https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2809

Issue

Section

Articles