Desain Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Immersive Learning Di Era Society 5.0

Authors

  • M.Qusyairi Abror Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya
  • Komarudin Sassi Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2797

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, immersive learning, Inovasi Pendidikan, Society 5.0

Abstract

Penelitian ini mengkaji desain arah baru pengembangan pendidikan Islam berbasis immersive learning di era Society 5.0. Tujuan utama penelitian berupaya menemukan model pembelajaran yang dapat mengintegrasikan nilai-nilai spiritual Islam dengan kemajuan teknologi digital agar lebih adaptif terhadap kebutuhan generasi alpha. Metode yang digunakan melalui studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif-analitis terhadap literatur terkait pendidikan Islam, immersive learning, dan generasi alpha era Society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa immersive learning berpotensi meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan menghadirkan pengalaman interaktif, kontekstual, dan bernuansa spiritual. Selain itu, peran guru mengalami pergeseran yaitu tidak hanya sekadar transformasi ilmu tetapi juga sebagai fasilitator, pembimbing, penguasaan IT sekaligus uswah bagi peserta didik. Kendala utama terletak pada infrastruktur, kompetensi digital guru, serta kesenjangan akses antar lembaga pendidikan. Dengan perencanaan strategis, dukungan kebijakan, dan pengembangan kapasitas pendidik, pendidikan Islam berbasis immersive learning dapat menjadi model inovatif sekaligus progresif di era Society 5.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfyn, M. A., Rohbiah, & Cahyadi, A. (2025). Mobile Learning, Virtual Learning Metaverse Dan Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Pai. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i1.18309

Dewi, P. K., & Mastoah, I. (2025). YANG BERKARAKTER DI ERA GENERASI Z. Jurnal Annaba, 11(1).

Dimyati, M. (2025). Metaverse dalam pendidikan agama islam: eksplorasi media virtual untuk penguatan nilai-nilai spiritual. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 310–318.

Effendi, Z. (2017). PEMIKIRAN PENDIDIKAN MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. Jurnal WARAQAT, II(2), 121.

Gulo, R. P., Mbelanggedo, N., & Rangga, O. (2025). Pendidikan Agama Kristen dan Realitas Virtual: Membangun Pengalaman Pembelajaran Iman yang Imersif di Dunia Digital. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 95–107. https://doi.org/10.69748/jrm.v3i1.232

Hakim, A. R., & Syawaludin, C. (2025). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. … of Educational Research and …, 1(April), 140–147. https://journal.nabaedukasi.com/index.php/jercs/article/view/22%0Ahttps://journal.nabaedukasi.com/index.php/jercs/article/download/22/19

Hartati, Y. (2025). Penggunaan Teknologi Augmented Reality Dalam Pendidikan Agama Islam: Analisis Literatur Tentang Potensi Dan Tantangannya. Variable Research Journal, 02(01), 1.

Hendratno, A., Nuraida, D., & Burhanudin. (2023). Pemikiran pendidikan islam menurut yed Muhammad Naquib al-Attas. Jurnal Studi Islam Multidisiplin, 1(1), 14–37.

Herliawati, R., Julianti, R., & Rachman, I. F. (2024). Strategi pendidikan berkelanjutan di tengah gelombang disrupsi. Sains Student Research, 2(3), 267–276.

Khalidy, D. Al, Faqih, A. F., Haswin, A., Bachri, S., Sumarmi, S., Utaya, S., & Putra, A. K. (2024). Inovasi Media Pembelajaran: Pelatihan Pengembangan Virtual Reality untuk Meningkatkan Immersive Learning. Abdimas Universal, 6(2), 432–441. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v6i2.520

Mansori, Natal Kristiono, Ujud Supriaji, Raka Ismaya, & Nunung Suryana Jamin. (2024). Transformasi Pembelajaran Era Metaverse: Mengintegrasikan Teknologi Pembelajaran Imersif Dalam Pendidikan Modern. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 1–10.

Oktavia, N. (2022). Turki: Menuju Sistem Pendidikan Modern Dalam Sebuah Masyarakat Demokrasi. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(1), 56–64. https://doi.org/10.62825/revorma.v2i1.22

Rachmawati, S. A. (2025). Mendobrak Hambatan: Tantangan dan Strategi Mahasiswa Jurusan Non-Inggris dalam Menguasai Bahasa Inggris. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 9(1), 27–38. https://doi.org/10.32616/pgr.v9.1.498.27-38

Rohmah, A. N. B., Romadhona, E. P., Putri, L. A., Arifin, Z., & Kartikasari, V. (2022). Pembelajaran Pendidikan Islam Melalui Virtual Reality (VR). Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2), 373–385. https://ejournal.stairu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/450

Sairi, M., & Fikri, A. A. (2024). Santri Tradisional Dalam Menghadapi Era. 1(1), 55–74.

Saputra, H. (2024). Penguatan Kemampuan Peserta Didik dalam Menghadapi Era Society 5.0 Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 287–302.

Sariani, M. O., & Mz, W. U. (2025). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality ( AR ) dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa pada Pembelajaran Sejarah Islam di UPT SDN 30 Koto Baru Rawang. 1(3), 499–505.

Sembiring, I. M., Ilham, Sukmawati, E., & Arifudin, O. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

SITI MA RIFATUL MUNAWAROH, ASTUTI DARMIYANTI, & NIDA’UL MUNAFIAH. (2023). Peran Guru Dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Di RA Al-Hidayah. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a6547

Studi, J., & Edukatif, T. (2025). Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Augmented Reality ( AR ) dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SDN 13 Pelangai Kecil. 1(3), 528–534.

Sulfasyah, S., & Arifin, J. (2017). Komersialisasi Pendidikan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.499

Umiyati. (2021). Konsep Pendidikan Islam Azyumardi Azra. 4(1), 6.

Yahya. (2025). Model Pembelajaran Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa di SD Negeri 040577 Kutagerat. Jurnal Komprehenshif, 3(1), 344–348.

Yulistian, A. (2023). Peran Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Antusiasme Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 15(1), 101–110. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/viewFile/2828/

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

M.Qusyairi Abror, & Komarudin Sassi. (2025). Desain Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Immersive Learning Di Era Society 5.0. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(4), 1690–1698. https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2797

Issue

Section

Articles