Peningkatan Literasi Keagamaan dan Keterampilan Ibadah: Implementasi Ngaji Istighosah Jum’at Pahing Dalam Pembelajaran PAI di SMK YPM Tuban

Authors

  • Fima Nursalnia Salma Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Dwi Indah Vidia Fatma Wati Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Sun Ainut Thoriqotun Nihayah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Ana Achoita Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2733

Keywords:

Literasi Keagamaan, Pendidikan Vokasi, Kearifan Lokal, Ngaji Istighosah, Pembelajaran Kontekstual.

Abstract

Penelitian ini mengangkat urgensi penguatan literasi keagamaan di lingkungan pendidikan vokasi, sebagai respons atas fenomena disorientasi nilai dan rendahnya kemampuan aplikatif ajaran agama di kalangan siswa SMK. Meskipun studi sebelumnya telah mengidentifikasi kesenjangan antara pengetahuan teoritis dan praktik keagamaan, serta pentingnya pendekatan emosional dan psikomotorik, evaluasi kritis menunjukkan bahwa penelitian terdahulu masih terbatas dalam menawarkan model operasional yang kontekstual dan berbasis kearifan lokal. Berdasarkan celah tersebut, rumusan masalah difokuskan pada bagaimana implementasi dan efektivitas Ngaji Istighosah Jum'at Pahing dalam meningkatkan literasi agama dan keterampilan ibadah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus di SMK YPM Tuban, dengan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penting mengungkap novelty berupa model pembelajaran holistik yang mengintegrasikan kearifan lokal Jawa dengan pendekatan eksperiensial, yang terbukti meningkatkan pemahaman konseptual 80% siswa dan mengembangkan keterampilan ibadah praktis. Sebagai rekomendasi, penelitian selanjutnya perlu mengembangkan instrumen standar pengukuran literasi keagamaan dan mengeksplorasi faktor determinan keberhasilan implementasi model ini di berbagai konteks kultural yang lebih beragam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, Ihda Alam Niswatun, and Mohammad Ahyan Yusuf Syaâ. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 6(2):293–303.

Anwar, Chaerun. 2024. “Pendidikan Dan Kebudayaan: Analisis Integratif Dan Komprehensif.” Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat 1–4.

Astoro, Alvito Budi, Edi Suresman, and Achmad Faqihuddin. 2024. “Strategi Membangun Literasi Keagamaan Melalui Pendidikan Agama Islam.” Intizar 30(2):140–51.

Fatriyah, Danang Uswatun, and Khusnul Khotimah. 2023. “Implementasi Nilai Pendidikan Fikih Untuk Membentuk Karakter Santri.” JoEMS (Journal of Education and Management Studies) 6(6):48–57.

Harahap, Ananda Aditya Sari, Yasmin Salsabila, and Nabila Fitria. 2023. “Pengaruh Perkembangan Kemampuan Pada Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Terhadap Hasil Belajar.” Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains 3(1).

Khoiriyah, Binti Fatimatul, and Apriliany Putri. 2025. “Peran Keterampilan Menjelaskan Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa.” Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan 2(4):799–807.

Kholidah, Diana, and Mukani Mukani. 2024. “Metode Literasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Balongjeruk Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri.”

Mahande, Ir Ridwan Daud. 2023. Pengantar Pendidikan Kejuruan. Indonesia Emas Group.

Majdi, Muhamad, and Faizal Amir. 2025. EMPIRICAL TEACHING DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Penerbit Widina.

Mortalisa, Tara Putri, Fajri Ismail, and Muhammad Win Afgani. 2025. “Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Based Learning.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 11(9. D):251–60.

Nuha, Ulin, and Syarif Maulidin. 2024. “Penguatan Kompetensi Keagamaan Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo Melalui Program Pesantren Kilat.” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan 4(3):124–35.

Nurjadid, Eka Fitria, Ruslan Ruslan, and Nasaruddin Nasaruddin. 2025. “Analisis Implementasi Ideologi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 5(2):1054–65.

Ritonga, Amir Saypuddin, and Abdul Fattah Nasution. 2023. “Implementasi Program Tahfiz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4(2):188–200.

Rosba, Evrialiani, Dina Ramadhanti, Buchari Nurdin, Joneva Verius, Yeni Hastuti, Darwanti Darwanti, Oliza Yenti, Muthia Aulia Irma, Adisman Adisman, and Ahmad Ridha Al-Ansari. 2025. Pengembangan Kurikulum Vokasi. Star Digital Publishing.

Ruslin, S. Pd, and M. M. Mastura Minabari. 2023. Dinamika Pendidikan Menengah Kejuruan Di Indonesia (Refleksi Empiris). Penerbit CV. SARNU UNTUNG.

Saputra, Wawan, Dia Auliani, Eliza Ramadhani, Siti Nur Atifah Hamzah, Winda Junianti, Yunita Vebrianti Amanda, Rahmianti Said, M. Ikram Idris, R. R. Dhewi Putri Ayu Sumirah, and Rifqah Magfirah An’Nur. 2025. “Optimalisasi Pemahaman Keagamaan Melalui Penyaluran Al-Qur’an Bagi Masyarakat Desa Tonasa: Upaya Peningkatan Literasi Dan Keterampilan Keagamaan.” Pangulu Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):15–21.

Supriadi, Udin, and Muhamad Parhan. 2025. “Implementasi Program Literasi Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 13(1):187–206.

Yahya, Ir H. Muh, and Ir Ridwan Daud Mahande. 2023. Belajar Dan Pembelajaran Kejuruan. Indonesia Emas Group.

Yusuf, Muhammad, Andi Marauleng, Islamiah Syam, Siti Masita, and Marsuanti Marzuki. 2024. “Efektivitas Ragam Metode Dalam Pembelajaran PAI.” Al-Abshor: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(3):233–46.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Salma, F. N., Fatma Wati, D. I. V., Thoriqotun Nihayah, S. A., & Achoita, A. (2025). Peningkatan Literasi Keagamaan dan Keterampilan Ibadah: Implementasi Ngaji Istighosah Jum’at Pahing Dalam Pembelajaran PAI di SMK YPM Tuban. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(4), 1723–1734. https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2733

Issue

Section

Articles