Perlakuan Pajak Digital di Era Digitalisasi: Studi Kasus Kebijakan Pajak E-Commerce di Indonesia

Authors

  • Muhammad Ainun Naza Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Azwar Fariz Aldaufa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2638

Keywords:

Pajak Digital, E-Commerce, Keadilan Fiskal, Hak Asasi Manusia

Abstract

Transformasi digital telah mengubah lanskap ekonomi global dan menimbulkan tantangan baru bagi sistem perpajakan nasional, termasuk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerangka hukum pajak digital dalam konteks e-commerce, mengevaluasi efektivitas kebijakan yang berlaku, serta menelaah implikasinya terhadap prinsip keadilan fiskal dan Hak Asasi Manusia (HAM). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode doktrinal melalui analisis bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi pajak digital Indonesia, seperti Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) dan PMK No. 48/PMK.03/2020, telah menjadi dasar hukum penting namun belum sepenuhnya mampu menjawab karakteristik ekonomi digital yang lintas batas dan berbasis teknologi. Ketidaksinkronan regulasi, lemahnya kepastian hukum, serta keterbatasan kapasitas institusional menjadi hambatan utama dalam implementasi. Selain itu, integrasi aspek HAM dalam kebijakan pajak digital terutama terkait keadilan ekonomi, perlindungan privasi data, dan partisipasi publik belum optimal. Kesimpulan perlunya reformasi hukum pajak digital berbasis hak asasi dan teknologi agar tercipta sistem perpajakan yang adaptif, berkeadilan, dan berkelanjutan di era ekonomi digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rosyid, M., Pangesti, I., Hasanah, N., & Mastutik, S. (2024). PENGARUH DIGITALISASI TERHADAP KEPATUHAN DAN PENERAPAN HUKUM PAJAK DI INDONESIA. Mendapo: Journal of Administrative Law, 5(3), 265–280. https://doi.org/10.22437/mendapo.v5i3.32242

Anggraeni, R. N. (2024). Sinergi International Journal of Accounting & Taxation Taxation and the Digital Economy: Opportunities and Challenges for Sustainable Economic Growth. 3(2).

Anisa Dwi Wahyuni, & Rizki Indrawan. (2025). Systematic Literature Review : Tantangan dan Peluang Penerapan Pajak Digital di Indonesia. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 3(2), 225–232. https://doi.org/10.59841/excellence.v3i2.2954

Ardin, G. (2021). TAXING DIGITAL ADVERTISING: A PROPOSAL TO INDONESIA.

Arimbhi, P., Rahmi, N., Wulandari, W., Ramdan, A., Rachmatulloh, I., Sosial, I. I., & Stiami, M. (2021). Peluang dan Tantangan Pajak Digital di Indonesia. In Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi (Vol. 4, Issue 2). http://ojs.stiami.ac.id

Cahyadini, A., Safiranita, T., Muttaqin, Z., Fauzi, R., & Ramli, A. M. (2024). Digital Tax Regulation in Facing Society 5.0 Era to Realize Indonesian Tax Sovereignty. Padjadjaran Jurnal Ilmu Hukum, 11(1), 145–163. https://doi.org/10.22304/pjih.v11n1.a7

Gede Budha Hary Baskara, C. (n.d.). Analisis Yuridis Normatif terhadap Implementasi Pajak E-Commerce di Indonesia: Perspektif Kepastian Hukum dan Efektivitas Penegakan. https://doi.org/10.62383/terang.v1i3.578

Hidayat, A. A., Anwari, A. N., Sugiarti, L. D., Zulvia, R. A., Najmudin, N., Hukum, M. I., Gunung, S., & Bandung, D. (2025). PEMAJAKAN EKONOMI DIGITAL DI INDONESIA: TANTANGAN KONSEPTUAL DAN YURIDIS DALAM PENERAPAN SIGNIFICANT ECONOMIC PRESENCE. In Journal of Science and Social Research (Issue 3). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Judijanto, L., Ningsih, N. H. I., Ndiak, R., & Fitriani, F. (2024). MSME Actors’ perception on the implementation of digital tax in Indonesia. Oikonomia : Journal of Management Economics and Accounting, 2(1), 56–66. https://doi.org/10.61942/oikonomia.v2i1.277

Julio Putra, O. (n.d.). Is Value Added Tax an Appropriate Solution for Taxing the Digital Economy? (Indonesian Context).

Musgrave, R. (n.d.). PUBLIC FINANCE IN THEORY AND PRACTICE.

Ramadayanti, E., Ramli, T. S., & Muttaqin, Z. (2022). MENELAAH ASPEK YURIDIS PAJAK E-COMMERCE SEBAGAI LANGKAH EFEKTIF OPTIMALISASI PENERIMAAN NEGARA. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i1.50

Sihaloho, U. O. (n.d.). CHALLENGES AND STRATEGIC APPROACHES IN DIGITAL VAT COLLECTION: EVIDENCE FROM INDONESIAN E-COMMERCE SECTOR. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index

Tax Challenges Arising from Digitalisation – Report on Pillar One Blueprint. (2020). OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/beba0634-en

Tifani, N. L., & Fuadah, L. L. (2025). Balance: Jurnal Akuntansi dan Manajemen Determinasi Kepatuhan Pajak dalam E-commerce;Studi Literatur Sistematik. In Balance: Jurnal Akuntansi dan Manajemen (Vol. 4, Issue 1).

Wijayanti, D. (2020). adminbpi,+8_Dwi+Marlina. Optimum, 10.

yusuf, B., Indriawati, A., & Artikel, I. (2024). Tax Disputes in the Digital Era: Challenges and Opportunities Toward Legal Certaintyid 3 *Corresponding author: Burhanudin Yusuf. In DEDIKASI HUKUM Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 4, Issue 2).

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Muhammad Ainun Naza, & Azwar Fariz Aldaufa. (2025). Perlakuan Pajak Digital di Era Digitalisasi: Studi Kasus Kebijakan Pajak E-Commerce di Indonesia. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(4), 1665–1673. https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2638

Issue

Section

Articles