Program Al-Qur’an Ten Minute Untuk Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Siswa Di Smk Ma’arif 5 Gombong
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2605Keywords:
Literasi Al-Qur’an, Program Al-Qur’an Ten Minute, perkembangan kognitifAbstract
Fenomena melemahnya literasi Al-Qur’an pada remaja akibat gempuran budaya digital menjadi perhatian penting dalam konteks pendidikan Islam. Program Al-Qur’an Ten Minute di SMK Ma’arif 5 Gombong hadir sebagai ikhtiar terstruktur untuk menumbuhkan kebiasaan membaca Al-Qur’an secara konsisten. Penelitian ini bertujuan menggambarkan praktik program, menganalisis tahap perkembangan kognitif siswa berdasarkan teori Jean Piaget, serta menelaah proses asimilasi dan akomodasi yang terjadi dalam pembelajaran. Pendekatan kualitatif digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru pengampu, dan peserta didik. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada tahap operasional formal, dengan kemampuan berpikir abstrak, sistematis, dan logis, sedangkan sebagian lainnya masih memerlukan bantuan visual sesuai karakteristik tahap operasional konkret. Program Al-Qur’an Ten Minute terbukti membantu siswa meningkatkan kelancaran membaca, memperkuat kebiasaan interaksi dengan Al-Qur’an, serta membangun kepercayaan diri dalam membaca dan menghafal. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembiasaan singkat namun intensif dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan literasi Al-Qur’an di sekolah menengah
Downloads
References
Anggraeni, N. D., Alviana, W. K. D., Wahyuni, D. F., Ainurrosyidah, L. D. K., Mahardika, I. K., Sutarto, S., & Wicaksono, I. (2024). Analisis perkembangan peserta didik menurut teori Jean Piaget dan pengimplementasianya pada pembelajaran IPA SMP. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(3), 1503–1519. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1252
Ayu, D., Nizar, & Ratna, S. (2023). Evaluasi program pendidikan. Jurnal Studi Islam Indonesia, 1(1), 157–166.
Bado, B. (2021). Model pendekatan kualitatif: Telaah dalam metode penelitian ilmiah. Pengantar Metode Kualitatif.
Hanif, M. (2011). Studi media dan budaya populer dalam perspektif modernisme dan postmodernisme. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(2), 235–251.
Hanif, M. (2025). Islamic education design for Generation Z. Asian Journal of Natural Sciences, 4(2), 77–92. https://doi.org/10.55927/ajns.v4i2.31
Hanif, M., Azzahra Karimah, F., Suharto, A. W. B., & Adib, S. (2024). Ki Ratmiko Siswo Carito’s shadow puppet art in forming Islamic cultural identity in Banyumas, Central Java: Holistic-integrative fiqh perspective. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 32(1), 1–28. https://doi.org/10.21580/ws.32.1.20656
Hanif, M., Dewi, R. K., Dharin, A., & Pohl, F. (2023). Learning Al-Qur’an using Asy-Syifaa method at Islamic pre-elementary school. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 8(1), 210–223. https://doi.org/10.25217/ji.v8i1.2529
Hanif, M., & Masngud, A. (2025). Tantangan dan peluang dalam implementasi pendidikan berbasis teknologi di SMP Islam Andalusia Kebasen. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 5(1), 315–325.
Hanif, M., Suherlan, & Azzaakiyyah, H. K. (2024). The role of civic education in enhancing community welfare through social participation. Technopreneurship and Educational Development Review (TENDER), 1(3), 125–132.
Hidayat, F., Yahya, M. S., Rizma, R. S., Hanif, M., & Siswadi. (2025). Pendampingan penerbitan buku bagi mahasiswa UIN SAIZU untuk meningkatkan budaya literasi akademik. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 109–116. https://doi.org/10.61231/jp2m.v3i2.359
Hidayatulloh, S. U., Munir, & Hasyim, H. (2021). Implementasi literasi Al-Qur’an dalam pembinaan karakter religiusitas peserta didik pada SMA/SMK di Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 30.
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Masykur, & Solekhah, S. (2021). Tafsir Qur’an Surah Al-‘Alaq ayat 1 sampai 5. Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 73–74.
Mujayyanah, F., Prasetiya, B., & Khosiah, N. (2021). Konsep pendidikan akhlak Luqmanul Hakim. Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 52–61.
Mukaromah, N., & Hanif, M. (2024). Metode Ummi meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 681–698. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v4i2.6820
Purwati, S. (2018). Program literasi membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai untuk meningkatkan hasil belajar membaca dan menghafal surah pendek. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 4(1), 173–187.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rizqiyah, F., El Syam, R. S., & Farida, N. (2024). Pengaruh metode hafalan terhadap kecerdasan kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(4), 249–261.
Rony, Z. (2022). Implementasi metode outdoor learning dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran (JPPP), 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
Sa’diyah, T. (2022). Penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter pribadi yang islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3).
Salim Said Daulay, dkk. (2023). Pengenalan Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(Mi), 472–480.
Sari, P. K., & Mahariah. (2023). Literasi Al-Qur’an di sekolah: Program akselerasi peningkatan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an. Ta’lim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 3(2), 587–603.
Sartina, D., Rusdi, A., & Nurlaila. (2020). Analisis implementasi kegiatan pemberantasan buta aksara Al-Qur’an di Indonesia. Muaddib: Islamic Education Journal, 3(2), 99–110. https://doi.org/10.19109/muaddib.v3i2.7843
Septina, A., Muyasaroh, D., & Wulandari, D. (2023). Al-Qur’an dan urgensinya dalam kehidupan manusia. Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 4(3), 127–135. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.211
Singgarani, W. A., Arifin, Z., & Faturrohman, N. (2021). Implementasi metode Wafa pada pembelajaran tahsin Al-Qur’an di SMAIT Harapan Umat Karawang. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 46–54.
Sulung Aji Pangestu, & Hanif, M. (2024). Manajemen program Juz Amma untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SD Negeri 1 Serayukaranganyar Purbalingga. Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(3), 864–874. https://doi.org/10.47467/jdi.v6i3.3325
Suparjo, S., Hanif, M., & Senja, D. I. (2021). Developing Islamic science-based integrated teaching materials for Islamic religious education in Islamic high schools. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(4). https://doi.org/10.47750/pegegog.11.04.27
Suparyo, S., & Hanif, M. (2025). Educational transformation through visionary leadership: A study at State Madrasah Tsanawiyah 5 Cilacap. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 4(3), 405–424. https://doi.org/10.55927/ajae.v4i3.14807
Syafei, A., Natsir, N. F., & Jaenudin, M. (2020). Pengaruh khatam Al-Qur’an dan bimbingan guru terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Nurul Ihsan Cibinong Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 2(2), 130–149. https://doi.org/10.47467/jdi.v2i2.116
Wiharti, R. T., & Hanif, M. (2025). Pembiasaan ibadah dan dampaknya terhadap karakter disiplin siswa: Studi kasus di SMP Negeri 1 Banyumas. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 10(1), 59–68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mualifah Mualifah, Muh. Hanif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








This work is licensed under a