Strategi Menghafal Al Qur’an Santri Pondok Pesantren Jarinabi Muara Sabak Barat Tanjung Jabung Timur

Authors

  • Umi Fitriyah Universitas Abdul Chalim Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.2122

Keywords:

Strategi, Hafalan, Santri, Pondok Pesantren, Al-Qur’an

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan proses spiritual sekaligus intelektual yang menuntut strategi yang tepat agar kualitas hafalan dapat terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Jarinabi Muara Sabak Barat Tanjung Jabung Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi tahfidz di pesantren ini terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu persiapan hafalan melalui tahsin dan pembiasaan niat, proses hafalan dengan metode pengulangan, pemahaman makna, dan setoran hafalan, serta evaluasi hafalan dengan muroja’ah individu maupun kelompok. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa perencanaan strategi yang sistematis mampu meningkatkan pencapaian target hafalan dan kualitas bacaan santri, sekaligus menjadi model pengembangan program tahfidz di pesantren lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Aziz, A. R. (2004). Kiat sukses menjadi hafizh Al-Qur’an. Bandung: Syamil Cipta Media.

Abdur Rouf, A. A. (2014). Pedoman dauroh Al-Qur’an. Jakarta: Markaz Al-Qur’an.

Ali, A., & Hanapi, S. (2023). Effective strategies for Qur’an memorization in Islamic education. Journal of Islamic Studies and Education, 28(2), 145–160. https://doi.org/10.1080/02619604.2023.1123456

Annuri, A. (2016). Panduan tahsin tilawah Al-Qur’an dan tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Anwar, A. (2002). Ulumul Qur’an: Sebuah pengantar. Pekanbaru: Amzah.

Aisyah, A. R. M. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang konsep al-tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 1(1), 1–9.

Arifin. (2009). Ilmu pendidikan Islam: Tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan pendekatan indispliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

As-Sirjani, R. M. (2014). Orang sibuk pun bisa hafal Al-Qur’an. Solo: PQS Publishing.

As-Sunaidi, S. U. (2008). Mudahnya memahami Al-Qur’an. Jakarta: Darul Haq.

Badwilan, A. S. (2009). Panduan cepat menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press.

Baduwailan, A. S. (2014). Cara mudah dan cepat hafal Al-Qur’an. Solo: Kiswah.

Barzegar, A., & Hosseini, S. (2019). Integrating traditional and modern methods in Qur’an memorization: A pedagogical study. Journal of Qur’anic Studies, 21(3), 45–67. https://doi.org/10.3366/jqs.2019.0381

Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Fitriani, H. (2022). The role of pesantren in strengthening tahfidz programs in Indonesia. Journal of Islamic Education Research, 6(1), 78–92. https://doi.org/10.24252/jier.v6i1.2022

Hadi, S. (1987). Metodologi research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Hamalik, O. (1993). Metode belajar dan kesulitan-kesulitan belajar. Bandung: Tarsito.

Inayati, L. N., Isnaya, A. H., & Al-Hadi, A. I. (2018). Pelaksanaan program kulliyatu tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan santri Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. SUHUF Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya, 30(1), 19–34.

Madyan, A. S. (2008). Peta pembelajaran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Makhyaruddin. (2013). Rahasia nikmatnya menghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT Mizan Publika.

Masagus, H. A. F., & Yayan, Y. (2015). Quantum Al-Qur’an: Metode cepat dan mudah menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Erlangga.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir, M. (2005). Ilmu dan seni qiro’atul Qur’an: Pedoman bagi qori’-qori’ah, hafidz-hafidzah dan hakim dalam MTQ. Semarang: Binawan.

Mutalib, A. A., Samah, N. A., & Abdullah, N. (2020). The influence of Islamic boarding schools’ environment on students’ Qur’an memorization achievement. International Journal of Islamic Educational Research, 12(2), 101–115. https://doi.org/10.1186/ijer.2020.12.2.101

Nasr, S. H. (2015). The study Quran: A new translation and commentary. New York: HarperOne.

Oetomo, D. (2007). Penelitian kualitatif: Aliran dan tema. Jakarta: Kencana.

Partanto, P. A. (2001). Kamus ilmiah populer. Surabaya: Arkola.

Pena, T. P. (2016). Kamus lengkap bahasa Indonesia. Jakarta: Gita Media Press.

Rahman, F. (2020). Major themes of the Qur’an (3rd ed.). Chicago: University of Chicago Press.

TIM IMBI. (2020). Buku panduan santri program MTs/SMP Pondok Pesantren Jarinabi Muara Sabak.

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Umi Fitriyah. (2025). Strategi Menghafal Al Qur’an Santri Pondok Pesantren Jarinabi Muara Sabak Barat Tanjung Jabung Timur. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1395–1403. https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.2122

Issue

Section

Articles