Peran Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakteristik Siswa di Madrasah Hidayatul Islamiyah Kuala Tungkal

Authors

  • Miftakhul Janani Universitas Abdul Chalim Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.2118

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Karakteristik, Madrasah

Abstract

Kurikulum merupakan instrumen strategis dalam mencapai tujuan pendidikan karena tidak hanya memuat rancangan isi pembelajaran, tetapi juga membentuk karakter peserta didik. Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dan moral ke dalam proses pembelajaran, sehingga menghasilkan siswa yang berakhlak, disiplin, dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran kurikulum PAI dalam membentuk karakteristik siswa di Madrasah Hidayatul Islamiyah Kuala Tungkal, mengkaji implementasi kurikulum agar sesuai dengan kriteria madrasah, serta menelaah standar penilaian yang digunakan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum PAI berperan signifikan dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler seperti shalat berjamaah, pengajian, serta pembiasaan adab terhadap guru. Implementasi kurikulum telah sesuai dengan tujuan madrasah dan standar penilaian diterapkan secara objektif tanpa diskriminasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhamuddin. (2019). Politik kebijakan pengembangan kurikulum di Indonesia sejak zaman kemerdekaan hingga reformasi (1947–2013). Jakarta: Prenadamedia Group.

Al-Attas, S. M. N. (2019). The concept of education in Islam: A framework for an Islamic philosophy of education. Kuala Lumpur: Ta’dib International.

Arthur, J., Kristjánsson, K., Harrison, T., & Davison, I. (2017). Educating for character: Ten years of research. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315147323

Banks, J. A. (2020). Diversity, citizenship, and global education. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429207695

Dahwadin, & Syifa, F. (2019). Motivasi dan pembelajaran pendidikan agama Islam. Wonosobo: CV. Mangku Bumi Media.

Dwi Nugroho, H., et al. (2021). Pengantar ilmu pendidikan. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Fauzan, et al. (2019). Analisis kurikulum pendidikan agama Islam di Indonesia dan Thailand: Studi kebijakan kurikulum 2013 dan kurikulum 2008 di tingkat SMA. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 187–204.

Fajar, M. (2022). Model kurikulum pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul-Hikmah Pamulang Jakarta.

Gunawan, H. (2017). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasinya. Bandung: Alfabeta.

Hamid, H., & Saebani, B. A. (2021). Pendidikan karakter perspektif Islam. Bandung: CV Mustika Setia.

Hartaty, B. (2022). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) dalam pembentukan karakter religius siswa di MTs Al Madani Lubuklinggau Curup.

Janah, F., et al. (2022). Kurikulum pendidikan Islam: Hakikat dan komponen pengembangan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 123–134.

Lexy, J. M. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lickona, T. (2020). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.

Lismina. (2017). Pengembangan kurikulum. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Muhammad, Z. (2020). Manajemen kurikulum terintegrasi: Kajian di pesantren dan madrasah. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Nurhasanah, B. (2018). Pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Saputra, M., et al. (2021). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Siti, R. (2019). Konsep membentuk karakter anak berbasis Al-Qur’an surat Al-Hujurat 11–13. Jurnal Qiro’ah, 15(1), 45–58.

Sri, W. (2019). Kurikulum dan pendidikan: Analisis peran kurikulum dalam mencapai tujuan pendidikan.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, T. (2020). Kurikulum dan pembelajaran. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.

Tatang, S. (2012). Ilmu pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Tarpan, S. (2019). Kurikulum pendidikan agama Islam dan pembentukan karakter.

Tyler, R. W. (2013). Basic principles of curriculum and instruction. University of Chicago Press. https://doi.org/10.7208/chicago/9780226820323.001.0001

Wahyuni, S., et al. (2022). Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.

Widianti. (2019). Implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius pada peserta didik SMP Muhammadiyah 3 Metro Lampung.

Witarsa, & Ruhyana, R. (2021). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasinya. Bandung: Yrama Widya.

Zenouri, M. (2018). The role of curriculum in quality education: A global perspective. International Journal of Educational Development, 62, 124–132. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2018.04.005

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Miftakhul Janani. (2025). Peran Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakteristik Siswa di Madrasah Hidayatul Islamiyah Kuala Tungkal. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1388–1394. https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.2118

Issue

Section

Articles