Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Pada Siswa Menengah Kejuruan Melalui Proyek Based Learning di SMKN 2 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1877Keywords:
Kewirausahaan, Project Based Learning, Pendidikan VokasiAbstract
Kewirausahaan merupakan salah satu elemen penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui inovasi, penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan jiwa kewirausahaan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) di SMKN 2 Jombang. Pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen pada kegiatan pembelajaran kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL mampu meningkatkan kreativitas, keterampilan pemecahan masalah, kerja sama tim, manajemen risiko, dan mindset kewirausahaan siswa melalui pengalaman langsung dalam perencanaan, pembuatan, dan pemasaran produk yang relevan dengan dunia industri. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa PjBL dapat menjadi strategi pembelajaran efektif dalam menyiapkan lulusan SMK yang mandiri, inovatif, berdaya saing, dan berkontribusi pada pengurangan pengangguran serta penguatan perekonomian lokal.
Downloads
References
Agung, W. H. (2015). Karakteristik entrepreneur melalui multi diskriminan analisi (Studi pada etnis Tionghoa, Jawa dan Minang di Bekasi Utara). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Jakarta.
Agustiani, S., Ramdhan, B., & Suhendar. (2022). Analisis minat wirausaha dan kreativitas dalam pembelajaran menggunakan model project-based learning berorientasi bioentrepreneurship. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(4), 19–29.
Agustin, T. (2022). Peningkatan sikap kewirausahaan melalui project-based learning (PjBL) kegiatan ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(1), 244–258.
Alstra, D. (2023). Implementasi pendidikan kewirausahaan untuk menumbuhkan minat wirausaha pada siswa SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1).
Andriana, A. N., & Fourqoniah, F. (2020). Pengembangan jiwa entrepreneur dalam meningkatkan jumlah wirausaha muda. Plakat: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 2(1), 43–50.
Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415
Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. (1991). Motivating project-based learning: Sustaining the doing, supporting the learning. Educational Psychologist, 26(3–4), 369–398.
Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM project-based learning: An integrated science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Springer.
Dahlia, S. (2023). Evaluasi program pembelajaran kewirausahaan di SMK Pariwisata Paramitha Bekasi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(1). Universitas Kristen Indonesia.
Daryanto. (2011). Kewirausahaan. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Dewi, H. P., & Sairun, A. (2024). Membangun jiwa entrepreneur melalui pendidikan kewirausahaan pada pelajar Pondok Pesantren Modern Saifullah An Nahdliyah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 26–30.
Djojonegoro, W. (1998). Pengembangan sumber daya manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT Jayakarta.
Drucker, P. F. (1998). Innovation and entrepreneurship: Practice and principles. Jakarta: PT Jayakarta.
Fayolle, A., & Gailly, B. (2015). The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial attitudes and intention: Hysteresis and persistence. Journal of Small Business Management, 53(1), 75–93. https://doi.org/10.1111/jsbm.12065
Gibb, A. (2002). In pursuit of a new ‘enterprise’ and ‘entrepreneurship’ paradigm for learning: Creative destruction, new values, new ways of doing things and new combinations of knowledge. International Journal of Management Reviews, 4(3), 233–269.
Ilahiyyah, I., Iriani, S. S., & Izzuddin, M. G. (2022). Implementasi project-based learning untuk meningkatkan entrepreneurial mindset dan entrepreneurial skills pada siswa SMK Nurul Islam. Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 11(2), 197–211.
Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. FT Press.
Kuratko, D. F., Morris, M. H., & Schindehutte, M. (2021). Understanding the dynamics of entrepreneurship through frameworks. Small Business Economics, 56(2), 609–627. https://doi.org/10.1007/s11187-019-00299-2
Kusumawarti, C. (2023). Project-based learning (PjBL) pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Liñán, F., & Fayolle, A. (2015). A systematic literature review on entrepreneurial intentions: Citation, thematic analyses, and research agenda. International Entrepreneurship and Management Journal, 11(4), 907–933.
Margahana, H. (2020). Urgensi pendidikan entrepreneurship dalam membentuk karakter entrepreneur mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 17(2), 176–183.
Markham, T. (2011). Project-based learning: A bridge just far enough. Teacher Librarian, 39(2), 38–42.
Martin, B. C., McNally, J. J., & Kay, M. J. (2013). Examining the formation of human capital in entrepreneurship: A meta-analysis of entrepreneurship education outcomes. Journal of Business Venturing, 28(2), 211–224. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2012.03.002
Neck, H. M., & Corbett, A. C. (2018). The scholarship of teaching and learning entrepreneurship. Entrepreneurship Education and Pedagogy, 1(1), 8–41. https://doi.org/10.1177/2515127417737286
Shane, S., & Venkataraman, S. (2000). The promise of entrepreneurship as a field of research. Academy of Management Review, 25(1), 217–226. https://doi.org/10.5465/amr.2000.2791611
Thomas, J. W. (2020). A review of research on project-based learning. The Autodesk Foundation.
Zhao, H., & Seibert, S. E. (2021). The Big Five personality dimensions and entrepreneurial status: A meta-analytical review. Journal of Applied Psychology, 86(2), 258–271.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sahra Ayu Nur Janna, Naily El Muna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.