Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai Etika Siswa
(Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Kota Jambi)
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i1.152Abstract
Strategi mengajar memegang peran penting dalam keberhasilan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan guru Akidah Akhlak dalam menanamkan etika siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif, yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini adalah guru akidah akhlak, sedangkan kepala sekolah dan siswa dijadikan sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan dalam dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan ini menunjukkan betapa pentingnya bagi guru untuk mengajar kelas Aqidah Aqidah kepada siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Kota Jambi untuk menanamkan etika, mengingat dampak lingkungan modern yang besar pada anak-anak. Teknik ceramah dan metode pembiasaan merupakan metode yang digunakan guru untuk mengajarkan akhlak aqidah. Metode untuk memahami pentingnya mendidik siswa tentang moralitas aqidah ditinjau, khususnya yang telah digunakan di Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Kota Jambi.
Downloads
References
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta
Hasyim, Afiffuloh Mohammad. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1 (1), 12-32.
http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/je/issue/view/320.
Arikunto, Suharismi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek EdisiRevisi V. Jakarta: Rineka Cipta
Djamaroh,B.S. 2005. Guru dan Anak Didik dan Interaktif Edukatif. Jakarta Rineka Cipta
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovataif:
Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangka. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyana, Rahmad.2009. Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Statria Offet
Naim, Ngainun. 2012. Character Building. Jogjakarta: Arruz Media Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Statria Offet Sanjaya, Wina. 2007. Stretegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter, Bandung: kencana preenada media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anessyia Rianty, Aulia Rizqi Shahbani, Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.