Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Siswa di SMAN 9 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi

Authors

  • Evi Safitri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Usman Fahmy UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v2i1.151

Abstract

Guru merupakan sosok penting bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa di SMAN 9 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang diartikan sebagai jenis penelitian yang mempelajari fenomena-fenomena di lingkungan alamnya. Setelah dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi dekadensi moral siswa di SMAN 9 Tanjung Timur. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI di SMAN 9 Tanjung Timur adalah sebagai teladan, pembimbing dan motivator. Faktor penyebab terjadinya dekadensi moral peserta didik adalah faktor internal (dari dalam diri, kurangnya kemampuan beradaptasi dan lemahnya pemahaman ilmu agama) dan faktor eksternal (lingkungan dan teknologi). Selanjutnya upaya yang dilakukan oleh guru PAI adalah dengan upaya: a) Preventif berupa kerjasama antara guru, orang tua, siswa dan masyarakat b) Represif berupa upaya preventif berupa sanksi bagi siswa yang melanggar c) Kuratif berupa upaya pembinaan peserta didik. Kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa, faktor lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Enung Fatimah, 2016. Psikologi Perkembangan, (Bandung: Pustaka Setia).

Hamzah, 2020. Kurikulum Dan Penbelajaran: Panduan Lengkap bagi Guru Profesional. (CV. Pilar nusantara)

Iman Taulabi dan Bustomi Mustofa, Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan Melalui Pendidikan Karakter, Vol. 30 No. 1, Januari-Juni 2019

Mochamad Iskarim, Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar(Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa), (Edukasia Islamika : Volume 1, Nomor 1, Desember 2016/1438)

Muhammad Yahya, 2023. Ilmu Pendidikan Dan Pendidikan Islam (Cv Mitra Edukasi Negeri)

Nuryantika Dkk, 2021. Strategi Penerapan Akhlak Islam “Sadar Sampah” Di Sekolah Islam Terpadu (Penerbit Adab)

Rahmat, 2017. Pendidikan Agama Islam Multidisipliner Telaah Teori dan Praktik Pengembangan PAI di Sekolah dan Perguruan Tinggi (Lkis)

Ramdani, 2020. Upaya Guru Akidah AkhIak daIam Mengatasi Dekadensi MoraI Siswa di MA Negeri 1Lebong, Program Studi Pendidikan Agama IsIam Jurusan Tarbiyah, Institut Agama IsIam Negeri ( IAIN) BengkuIu.

Sahriansyah, 2014. Ibadah dan Akhlak, (Banjarmasin: IAIN Antasari Pres)

Sardiman A.M, 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: RajaGrafindo Persada)

Sofa Muthohar. Antisipasi Degradasi Moral di Era Global, (Semarang: IAIN Walisongo, Vol. 7, No. 2, Oktober 2013)

Sofyan As Sauri, 2023, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangkal Berita Hoax (Guepedia)

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Safitri, E., & Fahmy, U. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Siswa di SMAN 9 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.61104/jq.v2i1.151

Issue

Section

Articles