Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Picture And Picture Pada Mata Pelajaran Fiqih
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i1.150Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode picture anda picture pada mata pelajaran Fiqih Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan metode pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Fiqih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi yaitu pada siklus I 66,66% dan pada siklus II 80,30%. Berdasarkan analisis data yang didapat, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa menggunakan metode Picture and Picture dalam mata pelajaran Fiqih dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Downloads
References
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Gaffar, A. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA. 3(April), 10–21.
Triwiyanto, T. (2013). Standar Nasional Pendidikan Sebagai Indikator Mutu Layanan Manajemen sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 161–171.
Aksiwi, R. D., & Sagoro, E. M. (2014). Implementasi Metode Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5161
Ariep Hidayat, Maemunah Sa’diyah, S. L. (2020). METODE PEMBELAJARAN AKTIF DAN KREATIF PADA MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DI KOTA BOGOR. 09(01), 71–86.
Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Taman Vokasi, 6(1), 98. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2866
Mardiyan, R. (2012). PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI MATERI JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 3 BUKITTINGGI DENGAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING). 5.
Rukminingsih,Gunawan Adnan, M. A. L. (2020). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PENELITIAN KUANTITATIF, PENELITIAN KUALITATIF, PENELITIAN TINDAKAN KELAS Penulis.
Rukminingsih,Gunawan Adnan, M. A. L. (2020). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PENELITIAN KUANTITATIF, PENELITIAN KUALITATIF, PENELITIAN TINDAKAN KELAS Penulis (1)
Rukminingsih,Gunawan Adnan, M. A. L. (2020). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PENELITIAN KUANTITATIF, PENELITIAN KUALITATIF, PENELITIAN TINDAKAN KELAS Penulis (2)
Awiria, H. F., & Muttaqien, N. (2012). Penelitian tindakan kelas. Part II, 1–10.
Harlin, I. (2018). Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Menggunakan Model Quantum Mata Pelajaran Tdo Smkn 2 Palembang.
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 103–112. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ulfa Nadilia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.