Nilai-Nilai Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Di Dalam Al-Qur’an
Telaah Surah Luqman Ayat 12-19
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1493Keywords:
Kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, Surah LuqmanAbstract
Fenomena degradasi moral pada generasi muda menunjukkan bahwa pendidikan karakter tidak cukup dibangun melalui penguatan aspek kognitif semata, tetapi membutuhkan internalisasi nilai-nilai spiritual dan pengelolaan emosi yang berakar pada ajaran Al-Qur’an. Dalam menghadapi krisis akhlak dan tantangan sosial yang semakin kompleks, nilai-nilai Qur’ani dalam Surah Luqman ayat 12–19 memberikan pedoman mendasar bagi pembentukan manusia berkarakter Islami melalui keseimbangan kecerdasan spiritual dan emosional. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan kandungan nilai-nilai tersebut serta menganalisis kontribusinya terhadap pendidikan karakter Islami kontemporer. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan melalui analisis teks Al-Qur’an, tafsir klasik dan modern, serta literatur ilmiah relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa ayat-ayat ini memuat nilai syukur, tauhid, penghormatan kepada orang tua, pengendalian diri, kesabaran, kesantunan, dan kerendahan hati yang saling terintegrasi membentuk kerangka moral Islami yang komprehensif. Penelitian ini berimplikasi pada urgensi integrasi kecerdasan spiritual dan emosional berbasis nilai Qur’ani sebagai model strategis pengembangan pendidikan karakter yang adaptif terhadap kebutuhan moral dan sosial era modern
Downloads
References
Abdullah, I., & Mulyadi, A. (2020). Konsep kecerdasan spiritual dalam pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmad, N. (2007). Tafsir ayat-ayat pendidikan. Bandung: Marja.
Ahmad, S. (2019). Akhlak mulia dalam perspektif kecerdasan spiritual. Jurnal Studi Islam, 6(1), 55–70.
Ahmad, H. (2021). Analisis kecerdasan spiritual dalam Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 145–160.
Fauzi, A. (2021). Kecerdasan emosional dalam perspektif Al-Qur'an. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Goleman, D. (1995). Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ. New York: Bantam Books.
Hidayat, R. (2020). Empati dalam perspektif Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 30–45.
Ibnu Katsir. (n.d.). Tafsir Ibnu Katsir, Juz 21.
Lestari, S. (2021). Kecerdasan emosional dan etika sosial dalam Islam. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Mukhtar. (2009). Bimbingan skripsi, tesis, artikel ilmiah; Panduan berbasis penelitian kualitatif lapangan dan perpustakaan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Mulyadi. (2019). Bimbingan dan konseling di sekolah: Teori dan praktik. Jakarta: Kencana.
Nazir, M. (1985). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rahman, A. (2020). Manajemen bimbingan dan konseling: Konsep dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ridwan, M. (2019). Tauhid sebagai landasan kecerdasan spiritual. Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 132–145.
Ridwan, M. (2022). Penerapan kecerdasan emosional dalam kehidupan sehari-hari. Surabaya: Pustaka Cendekia.
Rohmah, S. (2021). Pendidikan berbakti kepada orang tua dalam Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 50–65.
Santoso, B. (2020). Psikologi emosi dan spiritualitas. Bandung: Alfabeta.
Samsu. (2017). Metode penelitian: Teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. Jambi: Pusaka Jambi.
Shihab, M. Q. (n.d.). Tafsir Al-Misbah, Vol. 10.
Sudiartini, N. W. A. (2021). Kecerdasan emosional dan spiritual dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45–60.
Wijaya, H. (2020). Motivasi dan ketahanan mental dalam pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 55–70.
Wulandari, R. (2021). Kepribadian Islami dan kontrol emosi dalam Al-Qur'an. Jurnal Studi Islam, 4(2), 88–102.
Zahra, F. (2020). Implementasi amar ma’ruf nahi munkar dalam pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 3(1), 20–35.
Zahra, F. (2019). Komunikasi efektif dalam perspektif Al-Qur'an. Jurnal Ilmu Komunikasi Islam, 4(1), 25–40.
Zohar, D. (2000). Spiritual intelligence: The ultimate intelligence. New York: Bloomsbury.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rima Iqlima Mahardika, Iva Inayatul Ilahiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.