Strategi Coping Terhadap Remaja Yang Mengalami Kecemasan Akademik
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1478Keywords:
Kecemasan Akademik, Remaja, Strategi Coping, Kesehatan MentalAbstract
Kecemasan akademik merupakan salah satu tantangan psikologis yang umum dialami remaja dan berpotensi menurunkan kualitas kesehatan mental serta capaian akademik. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi strategi coping yang digunakan remaja untuk mengatasi kecemasan akademik, dengan meninjau literatur ilmiah dari berbagai sumber nasional dan internasional bereputasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis dua jenis strategi coping, yaitu problem-focused coping yang berorientasi pada pemecahan masalah dan emotion-focused coping yang berfokus pada pengaturan emosi. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan strategi problem-focused coping secara konsisten lebih efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan melalui manajemen waktu, penyusunan strategi belajar, dan dukungan sosial. Sementara itu, emotion-focused coping berperan menjaga kestabilan emosional dalam situasi yang sulit diubah. Integrasi kedua pendekatan ini, ditambah dukungan sosial, efikasi diri, serta pemanfaatan teknologi pembelajaran, terbukti memberikan hasil terbaik dalam mengurangi kecemasan akademik dan meningkatkan adaptasi remaja terhadap tekanan akademik
Downloads
References
Alfriyani, U., & Karneli, Y. (2022). Pengaruh coping stress terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di FKIP Uhamka. Counsenesia Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.36728/cijgc.v3i1.1471
Ambarwati, I. A. S., Jannati, S., & Khairina, N. (2024). Coping mechanism terhadap stress akademik pada mahasiswa. Flourishing Journal, 4(2), 47–58. https://doi.org/10.17977/um070v4i22024p47-58
Compas, B. E., Jaser, S. S., Bettis, A. H., Watson, K. H., Gruhn, M. A., Dunbar, J. P., ... & Thigpen, J. C. (2017). Coping, emotion regulation, and psychopathology in childhood and adolescence: A meta-analysis and narrative review. Psychological Bulletin, 143(9), 939–991. https://doi.org/10.1037/bul0000110
Dundas, I., Hagtvet, K. A., Hagtvet, B., & Mysen, H. (2023). Academic anxiety and self-efficacy among adolescents: A longitudinal study. Journal of Adolescence, 94, 28–39. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2022.12.005
González-Cabanach, R., Souto-Gestal, A., & Freire, C. (2019). Profiles of coping and academic stress in high school students. Educational Psychology, 39(6), 773–789. https://doi.org/10.1080/01443410.2019.1572219
Hakim, G. R. U., Tantiani, F. F., & Shanti, P. (2017). Efektivitas pelatihan manajemen stres pada mahasiswa. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 75–79. https://doi.org/10.17977/um023v6i22017p076
Lee, J., & Larson, R. (2016). Stress and coping among youth in South Korea: Effects on school performance and depression. International Journal of Behavioral Development, 40(6), 537–548. https://doi.org/10.1177/0165025415607084
Lee, S., Lee, J., & Kim, H. (2023). AI-assisted learning apps and academic anxiety reduction among adolescents. Computers & Education, 196, 104662. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104662
Liu, Q., Zhou, Z., & Li, X. (2023). Academic stress and adolescent well-being: A cross-cultural perspective. International Journal of Educational Development, 97, 102707. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2022.102707
Mahardhani, F. O., Ramadhani, A. N., Isnanti, T. N., Chasanah, & Praptomojati, A. (2020). Pelatihan strategi koping fokus emosi untuk menurunkan stres akademik pada mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 6(1), 60–75. https://doi.org/10.22146/gamajpp.55253
Mahendika, D., & Sijabat, S. G. (2023). Pengaruh dukungan sosial, strategi coping, resiliensi, dan harga diri terhadap kesejahteraan psikologis siswa SMA di Kota Sukabumi. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 1(02), 76–89. https://doi.org/10.58812/jpkws.v1i02.261
Maryam, S. (2017). Strategi coping: Teori dan sumberdayanya. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101–107. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.12
Maulidya, N., Piara, M., Hadjar, N., & Ansar, W. (2022). Upaya peningkatan coping stress terhadap stres akademik pada mahasiswa baru. E-Jurnal IAIN Sorong, 14(1), 146–163.
McCarthy, C. J., Lambert, R. G., & Fitchett, P. G. (2022). Academic stress, coping, and mental health in higher education: A review of the literature. Higher Education Research & Development, 41(3), 587–601. https://doi.org/10.1080/07294360.2020.1826002
Muhlisa, N., & Nur’Aeni. (2021). Hubungan antara strategi coping dengan resiliensi akademik pada mahasiswa fakultas kedokteran. Psimphoni, 1(2), 30–39.
Mulyana, A., Nurdin, F. S., & Nurfatwa, D. (2022). Prokrastinasi akademik, emotion focused coping, dan kecemasan pada mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(2), 68–78. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.815
Pascoe, M. C., Hetrick, S. E., & Parker, A. G. (2020). The impact of stress on students in secondary school and higher education. BMC Public Health, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12889-020-08822-8
Pratiwi, R., Rahmatulloh, A. R., Sari, D. S., & Nihayah, M. (2021). Peran stress akademik dan strategi coping pada psychological well being mahasiswa baru di masa pandemi. Jurnal Prosiding SemNas Psikologi, 230–242. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingSemNasPsikologi/article/view/2017
Putwain, D. W., & Symes, W. (2020). Academic anxiety: Examining the cognitive interference hypothesis. Learning and Instruction, 65, 101251. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2019.101251
Rodameria, A. A., & Ediati, A. (2018). Strategi koping terhadap stres dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa tingkat pertama. Jurnal EMPATI, 7(3), 52–57. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21743
Rodríguez-Meirinhos, A., Antolín-Suárez, L., Brenning, K., & Vansteenkiste, M. (2020). Academic stress, coping strategies, and their relationship with psychological well-being in adolescence. Journal of Adolescence, 80, 209–223. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2020.02.003
Shabrina, A. N., Kurniawan, A., Ulkarimah, S., Musyaffa, S. H., Hakim, I. A., & Budiman, N. (2025). Efektivitas strategi problem-focused coping dalam mengurangi kecemasan akademik pada mahasiswa baru program studi pendidikan bahasa Arab Universitas Pendidikan Indonesia, 9(1), 1021–1028.
Snyder, C. R., Lopez, S. J., & Pedrotti, J. T. (2020). Positive psychology interventions for reducing academic anxiety. Journal of Positive Psychology, 15(4), 412–425. https://doi.org/10.1080/17439760.2020.1725602
Sung, Y., Chao, R., & Tsai, C. (2021). Academic stress, peer relations, and adolescent well-being: A multi-country study. Journal of Youth and Adolescence, 50(12), 2384–2399. https://doi.org/10.1007/s10964-021-01480-5
Yildirim, I., Celik, E., & Kurt, G. (2022). Gender differences in academic stress and anxiety among high school students. Journal of Educational Research, 115(3), 210–221. https://doi.org/10.1080/00220671.2021.1928003
Zhang, W., Chen, L., & Yu, X. (2022). Flexible coping and academic anxiety: Evidence from a multi-school study. Frontiers in Psychology, 13, 874512. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.874512
Zimmer-Gembeck, M. J., & Skinner, E. A. (2016). The development of coping: Implications for psychopathology and resilience. Developmental Review, 41, 31–68. https://doi.org/10.1016/j.dr.2016.02.003
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kayla Asyifa Syahda, Dalilah Widad, Randi Saputra, Ati Kusmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.