Internalisasi Nilai-Nilai Religius Dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa Melalui Program Adiwiyata di MTS Al Hikam Jatirejo Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1432Keywords:
Nilai Religius, Kepedulian Sosial, Program Adiwiyata, Pendidikan KarakterAbstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik melalui integrasi nilai religius dan kepedulian sosial. Namun, sebagian besar penelitian sebelumnya hanya menyoroti hubungan pendidikan agama dengan perilaku sosial secara umum, tanpa mengkaji peran program lingkungan dalam menanamkan nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai religius melalui Program Adiwiyata dan menganalisis pengaruhnya terhadap pembentukan kepedulian sosial siswa di MTs Al Hikam Jatirejo Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi selama tiga bulan untuk memperoleh data yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seperti kerja bakti, pengelolaan sampah, daur ulang, dan aktivitas sosial berbasis ajaran Islam mampu menumbuhkan karakter religius dan kesadaran sosial siswa secara signifikan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model pendidikan karakter berbasis nilai religius dan lingkungan di madrasah, yang dapat diterapkan secara berkelanjutan untuk mencetak generasi berintegritas, peduli, dan berakhlak mulia
Downloads
References
Fadhlurrahman dkk, “Internalisasi Nilai Religius Pada Peserta Didik: Kajian Atas Pemikiran Al-Ghazali dan Relevasinya Dalam Pendidikan Islam”, Jurnal of Research and Thought of Islamic Education, 2020
Hestiningtyas, Wardani Widya “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis
Karakter Melalui Kegiatan Orientasi Anggota Baru UKK Pramuka Tahun 2020”, Jurnal Pengabdian Masyarakat,No 2 , 2020
Husein, Arianti, Ulan dkk, Internalisasi Nilai Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Sikap Religius di SMPN 3 Malang. Jurnal Pedidikan Islam, 2022
Imam, Hoirul , Aida Arini, Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Membentuk Kepedulian Sosial Siswa MTs. Buq‟atul Mubarokah Pakalogan Sampang Jawa Timur, Jurnal Pendidikan Islam Al Ilmi, November 2019
Zailiah Siti,“Internalisasi Nilai-Nilai Religius Bagi Peserta Didik”, Jurnal Faidatuna, Vol.4 No. 2 Mei 2023
Zainudin, Agus, “Penanaman Nilai Religius Dalam Membentuk Akhlak Karimah Bagi Peserta Didik di MI Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember”, Jurnal Auladuna, 2020
Astuti, Frismi, Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah Dan Tingkat Partisipasi Warga Sekolah di SMP Kabupaten Wonosobo Tahun 2015, Edu Geography Vol. 3 No.8, 2015
Balaka, Muh Yani, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Widina Bakti Persada, 2022
Darmawan dkk,” Penanaman Sikap Peduli Sosial Pada Generasi Muda Melalui Organisasi Karang Taruna Desa Rantau Panjang”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, No 10, 2023
Dasir, Muh, Tesis: “Implementasi Nilai-Nilai Religius Dalam Materi Pendidikan AgamaIslam dan Budi Pekerti Tingkat SMA/SMK Kurikulum, Yogyakarta, 2013
Nugroho, Bayu Prasetyo, Pelaksanaan Program Adiwiyata di SD Negeri Bayangkara Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, No. 1 Agustus 2019
Suprihatin, Titin dkk, Perbedaan Kepedulian Sosial Remaja di SMA X, Journal Of Islamic And Contemporary Pshychology
Afrihesti, uzima, Aziza, ‘Tingkat Peduli Sosial dan Sikap Peduli Sosial Siswa Berdasarkan Faktor Lingkungan”, Jurnal Pelangi, Jakarta, 1
Perwitasari, Indri, dkk, “Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Sosial dan Toleransi Peserta Didik di Sekolah Inklusi”, Jurnal Of Edukasi Borneo, No.1, 2020
Widyaningsih, Titik Sunarti, dkk,”Internalisasi dan Aktualisasi Nilai- Nilai Karakter Pada Siswa SMP Dalam Perspektif Fenomenologis”, Jurnal Pembangunan Pendidikan, No.2, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nikmatul Faiza, Siti Rofi’ah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.