Internalisasi Nilai-Nilai Religius Dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa Melalui Program Adiwiyata di MTS Al Hikam Jatirejo Jombang

Authors

  • Nikmatul Faiza Universitas Hasyim Asy’ari Jombang
  • Siti Rofi’ah Universitas Hasyim Asy’ari Jombang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1432

Keywords:

Nilai Religius, Kepedulian Sosial, Program Adiwiyata, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik melalui integrasi nilai religius dan kepedulian sosial. Namun, sebagian besar penelitian sebelumnya hanya menyoroti hubungan pendidikan agama dengan perilaku sosial secara umum, tanpa mengkaji peran program lingkungan dalam menanamkan nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai religius melalui Program Adiwiyata dan menganalisis pengaruhnya terhadap pembentukan kepedulian sosial siswa di MTs Al Hikam Jatirejo Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi selama tiga bulan untuk memperoleh data yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seperti kerja bakti, pengelolaan sampah, daur ulang, dan aktivitas sosial berbasis ajaran Islam mampu menumbuhkan karakter religius dan kesadaran sosial siswa secara signifikan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model pendidikan karakter berbasis nilai religius dan lingkungan di madrasah, yang dapat diterapkan secara berkelanjutan untuk mencetak generasi berintegritas, peduli, dan berakhlak mulia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadhlurrahman dkk, “Internalisasi Nilai Religius Pada Peserta Didik: Kajian Atas Pemikiran Al-Ghazali dan Relevasinya Dalam Pendidikan Islam”, Jurnal of Research and Thought of Islamic Education, 2020

Hestiningtyas, Wardani Widya “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis

Karakter Melalui Kegiatan Orientasi Anggota Baru UKK Pramuka Tahun 2020”, Jurnal Pengabdian Masyarakat,No 2 , 2020

Husein, Arianti, Ulan dkk, Internalisasi Nilai Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Sikap Religius di SMPN 3 Malang. Jurnal Pedidikan Islam, 2022

Imam, Hoirul , Aida Arini, Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Membentuk Kepedulian Sosial Siswa MTs. Buq‟atul Mubarokah Pakalogan Sampang Jawa Timur, Jurnal Pendidikan Islam Al Ilmi, November 2019

Zailiah Siti,“Internalisasi Nilai-Nilai Religius Bagi Peserta Didik”, Jurnal Faidatuna, Vol.4 No. 2 Mei 2023

Zainudin, Agus, “Penanaman Nilai Religius Dalam Membentuk Akhlak Karimah Bagi Peserta Didik di MI Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember”, Jurnal Auladuna, 2020

Astuti, Frismi, Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah Dan Tingkat Partisipasi Warga Sekolah di SMP Kabupaten Wonosobo Tahun 2015, Edu Geography Vol. 3 No.8, 2015

Balaka, Muh Yani, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Widina Bakti Persada, 2022

Darmawan dkk,” Penanaman Sikap Peduli Sosial Pada Generasi Muda Melalui Organisasi Karang Taruna Desa Rantau Panjang”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, No 10, 2023

Dasir, Muh, Tesis: “Implementasi Nilai-Nilai Religius Dalam Materi Pendidikan AgamaIslam dan Budi Pekerti Tingkat SMA/SMK Kurikulum, Yogyakarta, 2013

Nugroho, Bayu Prasetyo, Pelaksanaan Program Adiwiyata di SD Negeri Bayangkara Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, No. 1 Agustus 2019

Suprihatin, Titin dkk, Perbedaan Kepedulian Sosial Remaja di SMA X, Journal Of Islamic And Contemporary Pshychology

Afrihesti, uzima, Aziza, ‘Tingkat Peduli Sosial dan Sikap Peduli Sosial Siswa Berdasarkan Faktor Lingkungan”, Jurnal Pelangi, Jakarta, 1

Perwitasari, Indri, dkk, “Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Sosial dan Toleransi Peserta Didik di Sekolah Inklusi”, Jurnal Of Edukasi Borneo, No.1, 2020

Widyaningsih, Titik Sunarti, dkk,”Internalisasi dan Aktualisasi Nilai- Nilai Karakter Pada Siswa SMP Dalam Perspektif Fenomenologis”, Jurnal Pembangunan Pendidikan, No.2, 2014.

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Nikmatul Faiza, & Siti Rofi’ah. (2025). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa Melalui Program Adiwiyata di MTS Al Hikam Jatirejo Jombang. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1124–1132. https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1432

Issue

Section

Articles