Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional Siswa melalui Budaya Religius di MTsN 15 Jombang

Authors

  • Zakiyatul Fakhiroh Universitas Hasyim Asy’ari, Jombang, Jawa Timur
  • Lukman Hakim Universitas Hasyim Asy’ari, Jombang, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1417

Abstract

Manajemen kesiswaan merupakan elemen penting dalam membentuk kecerdasan emosional peserta didik melalui pengelolaan terencana, implementasi sistematis, dan evaluasi berkelanjutan yang berlandaskan nilai-nilai religius. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen kesiswaan dalam membentuk kecerdasan emosional siswa melalui budaya religius di MTsN 15 Jombang, serta mengidentifikasi faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program manajemen kesiswaan dirancang dengan melibatkan seluruh komponen sekolah, terintegrasi dalam kegiatan religius seperti pembiasaan 5S, shalat berjamaah, istighosah, tahlil, dan tadarus Al-Qur’an yang mendukung pembentukan disiplin, empati, dan pengendalian diri siswa. Evaluasi dilakukan secara berkala melalui observasi dan rapat evaluasi, sementara kendala utama yang ditemukan adalah rendahnya kesadaran spiritual dan kedisiplinan sebagian siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albi, N. A. (2022). Budaya Religius Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa di UPT SMP Negeri 5 Medan. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 1(2), 97. https://doi.org/10.61253/cendekiawan.v1i2.58

Azizurrahman, A., Sabri, M., Munir, M. (2023). Pengaruh Budaya Religius Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di MAN 2 Lombok Timur. Jurnal manajemen dan budaya STAI Darul Kamal NW Kembang kerang, 3(1), 43-58. https://journal.staidk.ac.id/index.php/manajemenbudaya

Dewi, S. R., Yusri, F. (2023). Kecerdasan Emosi Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2 (1), 67. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.109

Fina Aulika Lestari, dkk, (2021). Literature Review:Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(3), 393. https://doi.org/10.56832/edu.v1i3.150

Gunawan, M. M., Kholik, A., Abdurakhman, O. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Peserta Dididk. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 1(5), 489. https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/issue/view/556

Hm, E. M. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 15. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1168

Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Khasanah, D., Prasetyo, D. D. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 158. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.484

Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara Kecerdasan Intrapersonal dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 300. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8709

Mamik., Anwar, M. C. (2015). Metode Kualitatif. Zifatama Publisher.

Maula, N., Syukur, H. A. (2023). Strategi Budaya Religius Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 97. https://doi.org/10.59106/abs.v3i2.145

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin Usman, B. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Raharjo, M. (2017). Studi Kasus dalam penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Sahlan, A. (2009). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi). Malang: UIN Malik Press.

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Sukarna. (2011). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.

Yuliana, Suryana, S., Saprialman. (2024). Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 364-369. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1058

Zahrudin, M., Ismail, S., Ruswandi, U., Arifin, B. S. (2021). Implementasi budaya religius dalam upaya meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 98-109. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i2.293

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Fakhiroh, Z., & Hakim, L. (2025). Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional Siswa melalui Budaya Religius di MTsN 15 Jombang. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1111–1123. https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1417

Issue

Section

Articles