Implementasi Media ULAFANA Sebagai Media Pembelajaran IPS di Kelas 5 SDN Kelayan Dalam 5
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1363Keywords:
Media Pembelajaran, Permainan Edukatif, Motivasi Belajar, ULAFANAAbstract
Penggunaan media pembelajaran yang inovatif berperan penting dalam meningkatkan efektivitas penyampaian materi dan keterlibatan peserta didik, khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Realitas di lapangan menunjukkan keterbatasan variasi media dan dominasi metode konvensional yang berdampak pada rendahnya motivasi serta pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan media ULAFANA (Ular Tangga Flora dan Fauna) sebagai solusi kreatif untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus yang melibatkan guru wali kelas dan siswa kelas 5 SDN Kelayan Dalam 5. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ULAFANA mampu meningkatkan antusiasme, partisipasi, dan pemahaman siswa terhadap materi keberagaman flora dan fauna di Indonesia. Media ini juga memberikan pengalaman belajar kontekstual yang menyenangkan serta menjadi alternatif efektif bagi keterbatasan media pembelajaran konvensional. Disarankan agar guru memanfaatkan media inovatif serupa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah dasar.
Downloads
References
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450
Anggraeni, N. O., Abidin, Y., & Wahyuningsih, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(1), 22. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v8i1.3976
Arafat, Y. (2022). Penerapan Media Ular Tangga Sebagai Alternatif Belajar Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Ariani, N. Dwi., & Suciptaningsih, O. A. (2023). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 5(6), Hlm:11.
Dewi, T. L., Kurnia, D., & Panjaitan, R. L. (2017). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Pips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2091–2100.
Djamarah, S. B. &, & Zain, A. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Ferdiyansyah, A., Suhartono, S., & Nihayati, N. (2022). Development of Interactive Teaching Materials Based on Android Application for Elementary School Students. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(1), 13. https://doi.org/10.17977/um009v31i12022p013
Furoidah, A. (2020). Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, 2(2), 63–77. https://doi.org/10.36835/alfusha.v2i2.358
Hasan, A., & Putra, P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 02 Lengkenat. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.55273/karangan.v3i1.83
Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684
Kurniadi, G. (2021). Penggunaan Media Permainan Edukatif “Ular Tangga Matematika” Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vi Sd. Koordinat Jurnal MIPA, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i1.23
Marcela, R., Idris, M., & Aryaningrum, K. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Jote: Journal On Teacher Education, 4(1), 54–61.
Nursidiq, A. P., & Batubara, H. H. (2022). Pengalaman Guru Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Media Pembelajaran. In Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 11, Issue 5). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9017
Putri, N., Jhoni, I., Ardani, M., Marini, A., & Yunus, M. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252
Pelipa, E., Relita, D., & Wulandari. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Ular Tangga Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Nusantara Indah Sintang. 9(1), 1–16.
Sari, F. K., Farida, F., & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.24
Sari, M. K. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(01), 89–103. https://doi.org/10.25273/pe.v5i01.3029
Setiawati, E., Desri, Mrs., & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan Ular Tangga Dalam Mengingkatkan Kemampuan Moral Anak. Jurnal Petik, 5(1), 85–91. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.494
Wandini, R. R., Maghfhirah, S., & Hasibuan, A. T. (2021). Analisis Desain Pembelajaran Pkn Di Sd/Mi Kelas Tinggi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 12(1), 59. https://doi.org/10.31942/mgs.v12i1.4377
Zudhah Ferryka, P. (2017). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 29(100), 58–64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Najlaa Annisa Faadiyah, Najla Hana, Zaliha, Aldy Ferdiyansyah, Asniwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.