Menstruktur Problem Kebijakan Pendidikan Islam

(Sebuah Pemahaman Problem-Problem Kebijakan Pendidikan Islam)

Authors

  • Hasan Syahrizal UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Minnah El Widdah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Su’aidi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v1i2.134

Abstract

Kebijakan pendidikan islam sangat mempengaruhi pada keberlangsungan lembaga pendidikan islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan problem kebijakan pendidikan islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, yakni penelitian yang dilakukan dengan tanpa lokasi penelitian, dimana seluruh data diambil melalui kajian terdahulu berupa buku dan artikel ilmiah yang relevan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa pendidikan islam berada pada posisi yang sangat strategis. Pendidikan islam adalah pendidikan yang dipahami dan dikembangkan dari ajaran dan nilai-nilai fundamental yang terkandung dalam sumber dasarnya Al-Quran dan As-Sunnah. Peralihan kekuasaan turut berdampak pada wajah pendidikan nasional yang terlihat dari kurikulum yang turut berganti sejak pra kemerdekaan hingga masa reformasi. Para pakar hendaknya turut serta dalam proses pengambilan kebijakan pendidikan, mengingat pendidikan islam sangat bergantung pada kebijakan pendidikan nasional. Pendidikan islam diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang akan mampu memainkan peran penting di semua sektor kehidupan bangsa, baik dalam sektor agama, sosial, ekonomi, politik, ilmu pengetahuan dan teknologi. Problem pendidikan islam adalah pemerintah daerah beranggapan bahwa madrasah tidak menjadi bagian tugasnya karena belum diotonomikan, sedangkan pemerintah pusat mengira kebutuhan madrasah telah dicukupi oleh pemerintah daerah, sehingga nasib madrasah semakin kurang diperhatikan terutama oleh pemerintah daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade, S., & Sofyan, S. (2023). Isu dan Masalah Dalam Analisis Evaluasi Dan Pengembangan Kebijakan Pendidikan Agama Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 87.

Anisyah, R., & Qolbi, K. (2023). Problem dan Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Journal On Education, 5(2), 4179–4190.

Auu, R. R., & Pradika. (2020). Kebijakan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 47.

Desi, S. (2023). Problematika Pendidikan Islam Di Era Globalisasi Dan Alternatif Solusinya. DIROSAT: Journal Of Education, Social Sciences & Humanities, 1(2), 58.

M.Iman, P. (2023). Politik dan Kebijakan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Menuju Pendidikan Agama Islam Yang Ideal di Indonesia. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 21(2), 165–184.

Mahfida, U. U. (2023). The Problem Of Commercialization In Islamic Education. JIOS: Journal Of Islamic And Oeeidental Studies, 1(1), 56.

Meilinda, S. P., & Qolbi, K. (2023). Isu-Isu Kebijakan Pendidikan Ilam. Journal On Education, 5(2), 4582–4588.

Mugiarto, Iim, W., & Handayani, S. (2022). Implikasi Kebijakan Otonomi Daerah Terhadap Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 4(1), 45.

N, A. M., & Rizka, A. (2020). KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. ANDRAGOGI, 2(2), 280–298.

Nadhif, M. M. (2022). Kebijakan Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16511–16524.

Rasyidi, Sukarno, & Widdah, M. El. (2021). Politik Dan Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Literasiologi, 6(2), 58.

Sedya, S., & Rosnaeni. (2021). Isu-Isu Kontemporer Dalam Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Bellu Kabupaten Bone. Jurnal Basicedu, 5(6), 5188–5194.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Syahrizal, H., El Widdah, M., & Su’aidi. (2024). Menstruktur Problem Kebijakan Pendidikan Islam : (Sebuah Pemahaman Problem-Problem Kebijakan Pendidikan Islam). QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(1), 73–83. https://doi.org/10.61104/jq.v1i2.134

Issue

Section

Articles