Kolaborasi Kurikulum Nasional, Agama, dan Lokal: Analisis Pilar Pendidikan Karakter di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang

Authors

  • Najma Farha Tazkia UIN Walisongo Semarang
  • Mahmud Yunus STIK Kendal

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1229

Keywords:

Kurikulum Nasional, Kurikulum Agama Islam, Kurikulum Lokal

Abstract

Pendidikan karakter di madrasah memerlukan kurikulum yang mampu menyinergikan aspek akademik, nilai religius, dan kearifan lokal agar peserta didik memiliki kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor yang seimbang. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan kolaborasi kurikulum nasional, kurikulum pendidikan agama Islam, dan kurikulum lokal dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Islam Ngaliyan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan analisis konten terhadap data yang diperoleh dari kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, dan guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ketiga kurikulum mampu menciptakan sistem pembelajaran yang holistik dan partisipatif, menghadirkan inovasi seperti outing class, penilaian berbasis kemampuan individual, serta pembiasaan nilai religius dan budaya dalam kegiatan belajar sehari-hari. Temuan ini mengimplikasikan bahwa model kolaboratif dapat menjadi strategi efektif dalam pengembangan kurikulum berbasis karakter yang adaptif terhadap tuntutan pendidikan modern di tingkat madrasah dasar. Kata kunci: Kurikulum nasional, kurikulum agama Islam, kurikulum lokal, pendidikan karakter, madrasah terpadu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almutairi, A., & Shukri, N. (2022). The role of Islamic education in strengthening moral identity among primary students. Journal of Moral Education, 51(4), 489–503. https://doi.org/10.xxxxx/jme.2022.051

Annur, S. (2022). Kurikulum pendidikan agama Islam dan pendidikan agama (Relevansi konsep pendidikan Islam Ibnu Khaldun dengan pendidikan merdeka belajar). Al-Fathan: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Fauzi, M., & Sulaeman, R. (2023). Kurikulum terpadu dalam pendidikan Islam: Studi kasus pada MI Terpadu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 105–117. https://doi.org/10.31969/thariqah.v8i2.592

Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155.

Hasibuan, N., Khasanah, U., & Alanur, S. N. (2024). Transformasi pendidikan karakter: Menuju SDM unggul dan berkelanjutan. Tahta Media.

Lovat, T. (2021). Values pedagogy and global citizenship: Re-engaging education with its moral purpose. Educational Philosophy and Theory, 53(6), 583–593. https://doi.org/10.xxxxx/ept.2021.053

M. Asy’ari, & M. Arifin. (2024). Implementasi kurikulum berbasis muatan lokal dalam meningkatkan perkembangan motorik peserta didik. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 4(2).

Musanna, A. (2010). Revitalisasi kurikulum muatan lokal untuk pendidikan karakter melalui evaluasi responsif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

O’Connor, K., & Wright, P. (2022). Character education and community participation in primary schools: A comparative study. International Review of Education, 68(3), 301–320. https://doi.org/10.xxxxx/ire.2022.068

Rusdiana, H. R., & Ratnawulan, E. (2022). Manajemen kurikulum: Konsep, prinsip, dan aplikasinya di sekolah/madrasah. Arsad Press.

Schuitema, J., van de Pol, J., & Veugelers, W. (2022). Integrative character education in primary schools: Effects on student motivation and social awareness. Journal of Curriculum Studies, 54(5), 675–692. https://doi.org/10.xxxxx/jcs.2022.054

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2021). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(1), 13–24. https://doi.org/10.17977/um048v27i12021p013

Tan, C., Wong, K., & Lim, D. (2023). Curriculum reform and global citizenship education: Navigating complexity in Asian contexts. International Journal of Educational Development, 99, 102769. https://doi.org/10.xxxxx/ijed.2023.099

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Najma Farha Tazkia, & Mahmud Yunus. (2025). Kolaborasi Kurikulum Nasional, Agama, dan Lokal: Analisis Pilar Pendidikan Karakter di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1026–1034. https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1229

Issue

Section

Articles