Urgensi Stimulasi Perkembangan Kognitif Pada Masa Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.397Abstract
Perkembangan pada masa kanak-kanak seorang anak mulai membangun kemampuan kognitif dan social. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan urgensi stimulasi perkembangan kognitif pada masa kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan studi Pustaka, yang mana dalam memperoleh data penulis mengumpulkan dan menganalisis artikel, jurnal dan buku-buku yang terkait dengan topik. Tujuan utama dari pendekatan ini adalah untuk memperdalam pemahaman dan keterampilan interpretasi pembaca terkait perkembangan kanak-kanak, sambil memberikan penilaian kritis terhadap materi yang dibahas. Selain itu, tinjauan kritis juga mencakup identifikasi topik-topik penting dalam literatur yang ada. Hasil dari penelitian yaitu ada tiga macam perkembangan pada masa kanak, meliputi perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan perkembangan psikososial. Perkembangan fisik pada masa kanak-kanak diantaranya pengerasan tulang, perubahan bentuk tubuh dan gigi yang tanggal. Perubahan kognitif berupa perubahan dalam kemampuan anak untuk berpikir, mengeksplorasi, mencari informasi, dan memecahkan masalah. Perubahan psikososial pada masa kanak-kanak yaitu perubahan psikologis anak dalam berinteraksi dengan teman sebaya atau kelompok. Selain itu perkembangan psikososial pada masa kanak-kanak lebih berfokus pada keintiman, produktivitas, integritas, dan keputusasaan.
References
Al Munawaroh, Pebrienti Siregar, Rahmadani Rahmadani, & Linda Yarni. (2023). Perkembangan Usia Dini (Masa Kanak-Kanak Awal). Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(1), 291–303. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1277
Fahyuni, E. F. (2019). Psikologi Perkembanagn (M. Sholeh (ed.); 1st ed.). UMSIDA Press.
Nasution, F., Janani, A., Fadila, A. N., Asmidah, A., & Khairiyani, S. (2023). Perkembangan Psikososial Masa Kanak-Kanak. 3(3), 1176–1188.
Pasaribu, S. P., Manalu, R. R. B., Aldi, D., & Fazira, I. (2023). Perkembangan Psikososial Pada Masa Kanak-Kanak Awal. 24(02), 74–81.
Rohman, U. (2010). Perkembangan Fisik Dan Kognitif Pada Masa Kanak-Kanak. 11.
Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). In Didakta: Jurnal Kependidikan (Vol. 8, Issue 2).
Sholehudin, M. S. (2009). Psikologi Perkembangan Dalam Perspektif Pengantar (Maemonah (ed.)). STAIN Press.
Suhadaq, H. (2017). Hubungan Perilaku Bullying Dengan Kemampuan Perkembangan Psikososial Remaja Di Smp Pgri Kasihan Bantul Yogyakarta. Universitas Alma Ata Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wildan Nur Mardotillah, Ma’mun Hanif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.