Perumusan Masalah Ilmiah Variabel dan Fokus Dalam Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.19Abstract
Perumusan masalah variabel dan fokus dalam penelitian kerap terjadi kekeliruan bagi penulis karya ilmiah. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah ingin melihat teknis penulisan dan pemahaman terkait merumuskan masalah secara ilmiah, variabel dan fokus penelitian dalam penelitian pendidikan anak usia dini. Pendekatan dalam kajian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, teknik pengmpumpulan data yang dilakukan menggunakan dokumentasi dari berbagai buku dan artikel ilmiah yang relevan dengan tema yang diangkat, dengan analisis data yang dilakukan yakni merduksi data yang banyak, menyajikan data dan meverifikasi atau mengambil kesimpulan dari data yang ditemukan. Hasil dalam kajian ini dapat diuraikan bahwa masalah adalah deskripsi mengenai kesenjangan antara teori dan praktek, antara aturan dan pelaksanaan, atau antara harapan dan kenyataan, masalah timbul karena adanya tantangan, kesangsian terhadap fenomena, ambiguitas, hambatan atau kesenjangan/gap, variabel yaitu konsep yang mempunyai variasi nilai, variabel penelitian dapat dibagi menjadi dua bentuk, yaitu variabel kuantitatif dan kualitatif, karakteristik penelitian kualitatif dan kuantitatif dapat dengan mudah diidentifikasi yakni secara kuantitatif, elemen numerik atau angka ditonjolkan, secara kualitatif menekankan elemen deskripsi atau narasi teks, fokus penelitian merupakan suatu rangkaian bentuk susunan permasalahan yang dijelaskan sebagai pusat atau pokok pembahasan di dalam suatu topik penelitian, adanya fokus penelitian ini memiliki harapan agar penelitian memiliki fokus yang tepat, sehingga mampu mengumpulkan data dan melakukan analisis data sesuai dengan tujuan penelitian
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.