Isu-Isu Global Komitmen Guru Profesional Dalam Menjalankan Tugas di Taman Kanak-Kanak Al-Falah Jakarta Timur

Authors

  • Dian Kurniati UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Lili Yun Sari UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mukhtar Latif UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Kasful Anwar Us UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/jd.v2i1.142

Abstract

Komitmen dan profesionalitas seorang guru pada lembaga pendidikan anak usia dini merupakan sesuatu yang sangat istimewa dan mulia, hal ini dikarenakan profesi guru anak usia dini tidak sebanding dengan konfensasi yang guru terima. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan isu-isu global komitmen guru profesional dalam menjalankan tugas. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian penulis lakukan analisis dengan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Langkah terakhir yang penulis lakukan yaitu melakukan triangulasi data untuk mencari keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Taman Kanak-Kanak Al-Falah Jakarta Timur komitmen profesional guru dapat dilihat melalui masa kerja guru yang bekerja di sekolah, sehingga semakin lama guru bekerja maka semakin baik komitmen profesinya. Guru di Taman Kanak-Kanak Al-Falah Jakarta Timur ini diketahui telah bekerja sebagai guru yang memiliki masa kerja antara lima sampai delapan tahun dan tanpa ada yang berkeinginan untuk berpindah ke profesi lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara umum komitmen profesional guru Taman Kanak-Kanak pada Taman Kanak-Kanak Al-Falah Jakarta Timur dapat dikatakan baik. Selain itu, secara lebih rinci maka pada penelitian ini terdapat tiga tema yang berhasil diungkap terkait komitmen profesional guru Taman Kanak-Kanak, yaitu komitmen profesional afektif, komitmen profesional berkelanjutan dan komitmen profesional normatif.

References

Anita. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Visual. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 9–15.

E. Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Fenny, F., Amirul, M., & Yennizar. (2023). Implementasi Bermain Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 60–71.

Fitriana. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Lingkungan Keluarga Terhadap Penggunaan Gadget Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 82–91.

Hasan, S., & Nurhafizah. (2023). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 47–54.

Hilda, R. S. E. K. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 91–98.

https://id.wikipedia.org/wiki/Komitmen_organisasi

Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Jason A. Colquitt, Jeffery A. Lepine, & Michael J. Wesson, Organizational Behavior: Improving Performance And Commitment In The Workplace, Texas A&M University.—Fourth edition, 2013.

Komariah, Tuti, I., & Jamilah. (2023). Permainan Pohon Angka Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–13.

Kusnul, S., Fadlilah, & Jamilah. (2023). Implementasi play dough Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 67–81.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Askara, 2011.

Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru Terj. Tjetjep Rohedi Rohidi, Jakarta: UI Press, 2011.

Mustaghfiroh, dkk., “Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru Bidang Studi Jurnal Dinamika”, Jurnal Manajemen Pendidikan (JDMP), Volume 5, Nomor 1, 2020.

Marziana, & Harun. (2023). Metode S P J & T Literasi Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–8.

Mawaddah, W., Risnita, & M.Syahran, J. (2023). Pendekatan Dan Tahapan Penelitian Dalam Kajian Pendidikan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 72–81.

Megawati, Zawaqi, A. J., & A.A.Musyafa. (2023). Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 36–46.

Nurhafizah, & Hasan, S. (2023a). Dampak Peran Orangtua dan Pembelajaran Daring Pada Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 55–66.

Nurhafizah, & Hasan, S. (2023b). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33–46.

Nurhasanah, M.Syahran, J., & Zukhairina. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 101.

Nurillah, H. (2023). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27–32.

Nurul, A., Amirul, M., & Zukhairina. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 16–26.

Nuzul, D., Sukarno, & Zawaqi, A. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14–22.

Nurdin, Syafruddin dan Usman, Basyiruddin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Press, 2003.

Patricia A. Adler & Peter Adler, “Teknik-Teknik Observasi”. dalam Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln, Handbook of Qualitatif Research. Penerjemah: Dariyatno, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasonal Pendidikan

Piet A. Sahertian, Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset, 1994.

Qalka, S., & Hairul, F. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 94–100.

Ricky W. Griffin, Manajemen. Jakarta: Erlangga, 2004.

Rayzah, M., Jamil, Z. A., & Jamilah. (2023). Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 82–93.

Serlinda dan Zakaria. "Komitmen Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional sebagai Pendidik." Manajer Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2019: 64-68 doi:10.33369/mapen.v13i1.7284.

Shelley E Taylor Dkk, Psikologi Sosial : alih bahasa Tri Wibowo, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2009.

Sondang P. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi. Aksara, 2001.

Sri Banun Muslim, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Mataram: Alfabeta, 2013.

Stephen P. Robbins, Manajemen, Edisi Kesepuluh Jilid 2, Jakarta: Erlangga, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D, Bandung: Alfabeta, 2013.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

UU No. 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Umi Anugerah Izzati, dkk., “Komitmen Profesional pada Guru Taman Kanak-Kanak”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), (2022.

Wibowo, Prilaku Dalam Organisasi, Jakarta: Rajawali Perss, 2013.

Wirdatul Jannah, “Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas Di Sekolah Menengah Atas (Smsa) Kecamatan Rokan IV Koto Bahana”, Manajemen Pendidikan: Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 2 Nomor 1, Juni 2014.

Wan, F., Tuti, I., & Zukhairina. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Kurniati, D., Yun Sari, L., Latif, M., & Anwar Us, K. (2024). Isu-Isu Global Komitmen Guru Profesional Dalam Menjalankan Tugas di Taman Kanak-Kanak Al-Falah Jakarta Timur. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 88–101. https://doi.org/10.61104/jd.v2i1.142

Issue

Section

Articles