Efektivitas Kurikulum Berbasis Al-Qur’an dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Studi pada Platform Alkindi Online Preschool dengan Konsep Ibuku Guruku

Authors

  • Septia Ayunda Wardana Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Mahmud Yunus Mustofa Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.61104/dz.v3i2.1295

Keywords:

Pendidikan Anak Usia Dini, Kurikulum Berbasis Al-Qur’an, Ibuku Guruku

Abstract

Transformasi pembelajaran anak usia dini menuntut model yang mampu mengintegrasikan penguatan nilai spiritual, pembentukan karakter, dan pencapaian perkembangan kognitif secara seimbang. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas kurikulum berbasis Al-Qur’an pada Alkindi Online Preschool melalui konsep Ibuku Guruku dalam menanamkan nilai keislaman dan membentuk karakter anak. Penelitian menggunakan pendekatan etnografi digital dengan observasi partisipatif, wawancara terarah, dan penelusuran konten pada platform, kemudian dianalisis melalui analisis konten atas modul, video, interaksi orang tua–pendidik, serta portofolio daring anak. Hasil menunjukkan kurikulum efektif meningkatkan regulasi diri, keterampilan literasi dan numerasi awal, kemampuan sosial-emosional, serta kesadaran spiritual melalui integrasi kegiatan hands-on dan fun learning yang ditautkan dengan tadabbur ayat dan praktik keseharian. Keterlibatan ibu sebagai madrasatul ula, dukungan teknologi, dan umpan balik berbasis portofolio memperkuat personalisasi pembelajaran dan konsistensi pembiasaan akhlak. Temuan ini mengindikasikan bahwa kurikulum berbasis Al-Qur’an yang dipadukan dengan teknologi dan keterlibatan keluarga layak dijadikan model praktik baik bagi lembaga PAUD dan pemangku kepentingan pendidikan Islam di era digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlani, N. (2023). Etnografi digital: Pengertian dan tahapan. Materi antropologi kelas XI kurikulum merdeka.

Alkindikids. (2024). [Instagram reel]. Instagram. https://www.instagram.com/reel/C6NLnCoSurR/

Alkindikids. (2025). Alkindikids. https://alkindikids.com/

Alkindikids. (2025). Pendaftaran Alkindi Online Preschool. https://alkindikids.orderonline.id/page/pendaftaran-alkindi-online

Alkindi Official. (2021, November 12). Alkindi Online Preschool [Video]. YouTube. https://youtu.be/6uVqrwjVueg?si=15ZtKhgI_eKa8MkX

Alkindi Official. (2024, April 15). Jadi guru untuk anak sendiri? Review Alkindi Online Preschool [Video]. YouTube. https://youtu.be/wKY2E92faTc?si=vDsM987qNMETzY4u

Alkindi Official. (2024, April 20). Preview modul Alkindi Online Preschool tema 3 & 4 [Video]. YouTube. https://youtu.be/kyGww4KTiPk?feature=shared

Alkindi Official. (2024, April 8). Review modul Alkindi Online Preschool tema 1 & 2 [Video]. YouTube. https://youtu.be/rSAWEGWCl-w?feature=shared

Alkindi Online Preschool. (2025). [Instagram profile]. Instagram. https://www.instagram.com/alkindionlinepreschool/

Alkindi Online Preschool. (2025). Pendaftaran Alkindi Online Preschool. https://alkindikids.orderonline.id/page/pendaftaran-alkindi-online-preschool?preview=true&v=1700711390261

Alkindi Online Preschool ciptakan generasi yang mencintai Allah. (2024, January). Analisa Daily. https://analisadaily.com/berita/baca/2023/01/04/1037667/alkindi-online-preschool-ciptakan-generasi-yang-mencintai-allah/

Aman, M. (n.d.). Kurikulum pendidikan berbasis Al-Qur’an.

Arianto, B., et al. (2024). Pengantar metoda penelitian etnografi digital. Balikpapan: Borneo Novelty Publishing.

Berkowitz, M. W., Bier, M. C., & McCauley, B. (2021). Integrating moral and religious education for children’s social-emotional development. Journal of Moral Education, 50(3), 355–374. https://doi.org/10.1080/03057240.2020.1856153

Caessar, A. E., & Purwanto. (2021). Kajian literatur: Etnografi digital sebagai cara baru dalam pencarian data dalam proses perencanaan arsitektur. Jurnal Arsitektur Nusantara, 6(1), 44–52.

Denham, S. A., Bassett, H. H., & Wyatt, T. (2021). Emotional development in early childhood: Pathways to emotional competence and well-being. Child Development Perspectives, 15(2), 90–97. https://doi.org/10.1111/cdep.12401

Gardner, H. (2020). Multiple intelligences: New horizons in theory and practice (3rd ed.). New York: Basic Books.

Hidayah, U. (2021). Makna ibu sebagai madrasah pertama dalam pendidikan keluarga perspektif studi gender. Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender, 16(2), 151–164.

Khomariah, N. (2015). Kurikulum berbasis Al-Qur'an (KBQ) pada anak usia dini. Jurnal Al-Afkar, 3(1), 45–60.

Koestanti, M., Taupik, K., Opik, & Dadan, R. (2024). Peran ibu sebagai madrasatul ula terhadap perkembangan karakter anak. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 78–92.

Kolb, D. A. (2021). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2nd ed.). Pearson Education.

Mayer, R. E. (2022). Multimedia learning for meaningful knowledge transfer. Educational Psychologist, 57(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/00461520.2021.2001155

Melhuish, E., Sylva, K., Sammons, P., Siraj-Blatchford, I., & Taggart, B. (2022). Early childhood education and family engagement: Global insights and future directions. Early Childhood Research Quarterly, 58, 45–60. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.11.005

Neumann, M. M., & Merchant, G. (2020). Digital literacy and early childhood education: Integrating technology, learning, and family engagement. Early Years, 40(3), 1–17. https://doi.org/10.1080/09575146.2020.1716947

Nurdin, S. (2022, December 25). Inovasi emak-emak ciptakan Alkindi Online Preschool untuk pendidikan anak di Indonesia. Viva.co.id. https://www.viva.co.id/edukasi/1558946-inovasi-emak-emak-ciptakan-alkindi-online-preschool-untuk-pendidikan-anak-di-indonesia

Nurhayati, & Syahrizal. (2015). Urgensi dan peran ibu sebagai madrasah al-ula dalam pendidikan anak. Itqan, 6(2), 140–152.

Oktavia, R., & Rahmadani, F. G. (2023). Peran perempuan dalam pendidikan Islam: Studi peran ibu sebagai madrasatul ula dalam pendidikan anak. Jurnal Kajian Agama dan Dakwah, 1(1), 12–25. https://doi.org/10.4236/tashdiq.v12i3.11633

Parker, D. C., Boon, J. L., & Forth, C. (2022). Faith-integrated learning in early childhood: Promoting spiritual and emotional development. Early Child Development and Care, 192(3), 357–374. https://doi.org/10.1080/03004430.2021.1916955

Rinawati. (n.d.). Peran ibu dalam pendidikan karakter anak usia dini menurut pandangan Islam.

Sheridan, S. M., Smith, T. E., & Moorman, L. (2020). Parent-mediated learning: Engaging families in early childhood education. Early Education and Development, 31(6), 833–851. https://doi.org/10.1080/10409289.2020.1796652

UNESCO. (2023). Global education monitoring report: Early childhood education and family engagement. Paris: UNESCO Publishing. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000386784

Yulistri, Ismail, S., & Abu, M. (2021). Konsep ibu sebagai pendidik pertama dalam keluarga: Analisis terhadap buku Ummul Mukminin karya Syekh Abdul Hamid Mahmud Thahmaz. Jurnal PAI Raden Fatah, 3(3), 89–102.

Downloads

Published

2025-09-01

How to Cite

Septia Ayunda Wardana, & Mahmud Yunus Mustofa. (2025). Efektivitas Kurikulum Berbasis Al-Qur’an dalam Pendidikan Anak Usia Dini : Studi pada Platform Alkindi Online Preschool dengan Konsep Ibuku Guruku. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 66–80. https://doi.org/10.61104/dz.v3i2.1295

Issue

Section

Articles