Konstruksi Pemikiran Azyumardi Azra Pada Pendidikan Islam Pesantren Dalam Memberikan Kontribusi Perkembangan Islam Moderat

Authors

  • Maulidatuzzahro' Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Saeful Anam Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.997

Abstract

Pesantren memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan pehamahaman agama umat islam. Azyumardi Azra salah satu intelektual muslim terkemuka yang menawarkan perspektif historis dan reformis terhadap system Pendidikan pesantren yang berintegrasi nilai-nilai tradisional dan semangat modernitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontruksi pemikiran Azyumardi Azra mengenai Pendidikan islam dalam konteks pesantren serta kontribusinya terhadap perkembangan islam moderat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kepustakaan karya-karya Azyumardi Azra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa pemikiran Azyumardi Azra dapat mendorong transformasi pesantren menjadi lembaga yang adaptif, toleran, dan berorientasi pada nilai-nilai islam wasathiyah. kontruksi pemikiran Azyumardi Azra mengenai Pendidikan pesantren memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan islam moderat di Indonesia. Pesantren dalam pandangan Azymardi Azra, bukan hanya sebagai institusi tradisional yang memilihara warisan keislaman klasik, melainkan merupakan Lembaga dinamis yang memiliki potensi besar dalam mencetak generasi muslim yang inkluisif, toleran, dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

References

Azra, A. (1999). PENDIDIKAN ISLAM: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. logos wacana ilmu.

Azra, A. (2000). Pendidikan islam, tradisi dan modernisasi menuju melinium baru. logos wacana ilmu.

Azra, A. (2001). Paradigma Baru Pendidikan Nasional.

azyumardi azra. (1998). Esai-esai Intelektual Islam & Pendidikan Islam. logos wacana ilmu.

Bashori, B. (2017). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 269–296. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1881

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetens;Konsep,Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Putra, A., Homsatun, A., Jamhari, J., Setiani, M., & Nurhidayah, N. (2021). Pemikiran Islam Wasathiyah Azyumardi Azra sebagai Jalan Moderasi Beragama. Jurnal Riset Agama, 1(3), 212–222. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15224

Suhail, A. K., Lintang, D., Pahrudin, A., & Oktaviano, W. (1907). AZYUMARDI AZRA DAN MODERASI BERAGAMA DI INDONESIA Dosen , Fakultas Dirasat Islamiyah , UIN Syarif Hidayatullah Jakarta , Indonesia Abstrak Islam Azyumardi Azra dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Era Globalisasi dan Modernisasi yang ditulis o. 19(2), 737–754.

Syamsul Kurniawan, E. M. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Ar-Ruzz Media.

Triono, A., Maghfiroh, A., Salimah, M., & Huda, R. (2022). Transformasi Pendidikan Pesantren di Era Globalisasi: Adaptasi Kurikulum yang Berwawasan Global. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 72. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v7i1.10405

usman muhammad idris. (2013). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam.

Zainul Mustofa Al Amin, A. (2022). Model Transformasi Pendidikan Pesantren (Studi Kasus Di Pp. Darul Dakwah Mojokerto). PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 6(2), 37–58. https://doi.org/10.32616/pgr.v6.2.421.37-58

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Maulidatuzzahro’, & Saeful Anam. (2025). Konstruksi Pemikiran Azyumardi Azra Pada Pendidikan Islam Pesantren Dalam Memberikan Kontribusi Perkembangan Islam Moderat. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 179–187. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.997

Issue

Section

Articles